Aisyah, TiaraRatnaAgung (2016) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Agrowisata Petik Jeruk Di Desa Selorejo, Kecamatan dau Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Agrowisata petik jeruk Selorejo adalah salah satu wisata alam yang terdapat di Kabupaten Malang. Desa Selorejo menjadi sentra produksi jeruk mulai tahun 2005, dan berkembang menjadi agrowisata petik jeruk pada tahun 2010. Para pengunjung wisata dapat memetik sendiri buah jeruk di kebun sepuasnya dan berwisata menikmati pemandangan alam. Varietas jeruk yang ditanam yaitu Baby Java, Pacitan Baby Valensia, dan mulai dikembangkan jeruk Keprok Batu 55 pada tahun 2014. Persaingan dalam bidang agrowisata yang cukup tinggi membuat agrowisata petik jeruk berupaya untuk meningkatkan kepuasan pengunjungnya. Adanya pengunjung yang selalu menyampaikan keluhannya menandakan bahwa pengunjung merasa tidak puas. Beberapa keluhan yang diberikan adalah kurangnya fasilitas pendukung seperti toilet dan mushola, kurangnya peralatan penunjang seperti pisau dan kurangnya pemandu wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis kesenjangan (gap) antara harapan dan persepsi pengunjung terhadap kualitas pelayanan jasa yang diberikan berdasarkan lima dimensi yaitu berwujud (tangible), reliabilitas (reliable), ketanggapan (responsivness), jaminan dan kepastian (assurance), dan empati (empathy) di agrowisata petik jeruk di Desa Selorejo, (2) menganalisis prioritas variabel yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan (3) merumuskan usulan perbaikan kualitas pelayanan jasa yang dapat diberikan. Metode pengumpulan data yang dilakukan meliputi pengumpulan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara dan pengamatan langsung, sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan melihat pustaka yang didapatkan dari perusahaan. Data primer yang diperoleh meliputi data karakteristik responden, data kepuasan pengunjung, dan data kualitas pelayanan agrowisata petik jeruk Selorejo. Sedangkan data sekunder yang diperoleh adalah gambaran umum perusahaan. Metode analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis service quality dengan 15 variabel. Variabel dalam penelitian ini adalah 1) tempat pendaftaran, 2) fasilitas penunjang di kebun, 3) kebersihan kawasan wisata, 4) kegiatan wisata, 5) peralatan penunjang di kebun, 6) kesesuaian kegiatan wisata, 7) kesesuaian harga jeruk, 8) ketepatan waktu, 9) kesiapan karyawan, 10) kecepatan karyawan dalam merespon, 11) suasana agrowisata, 12) pengetahuan karyawan, 13) keamanan, 14) antusiasme karyawan, dan 15) perhatian karyawan. Berdasarkan hasil analisis gap 5, pengunjung agrowisata petik jeruk Selorejo merasa tidak puas terhadap pelayan yang diberikan. Kesenjangan (gap 5) terjadi pada seluruh dimensi yaitu berwujud (tangible), reliabilitas (reliable), ketanggapan (responsivness), jaminan dan kepastian (assurance), dan empati (empathy) dengan 15 variabel. Prioritas perbaikan yang perlu dilakukan oleh pengelola agrowisata petik jeruk Selorejo terdapat pada 5 variabel pada dimensi berwujud (tangible) yang semuanya disebabkan oleh gap 1, yaitu tempat pendaftaran, fasilitas penunjang di kebun, kebersihan kawasan wisata, kegiatan wisata, dan peralatan penunjang di kebun. Kesenjangan yang terjadi disebabkan gap 1, sehingga usulan perbaikan pada gap 1 adalah pengelola melakukan riset pasar dan sering berkomunikasi dengan pengunjung sehingga dapat diketahui kepuasan pengunjung tersebut. Usulan perbaikan pada variabel dapat dilakukan dengan memperbaiki dan menambah fasilitas-fasilitas penunjang, seperti tempat pendaftaran yang memadai, toilet dan mushola di area kebun, tempat sampah di kebun, jumlah pisau ditambahkan untuk masing-masing pengunjung, serta kegiatan wisata yang dibuat lebih menarik untuk pengunjung. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya adalah dengan menambahkan variabel instrumen penelitian seperti sarana komunikasi dan alat analisis lainnya seperti analisis Importance Performance Analysis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2016/439/051608324 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 10:33 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131439 |
![]() |
Text
Tiara_Ratna_Agung_A._(125040100111134).pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
NASKAH_PUBLIKASI_JURNAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (33kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (14kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (3kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (30kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (13kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (3kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |