Grace, RiaPrecillya (2016) Analisis Saluran Distribusi Dan Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Keripik Kentang Pedas (Studi Kasus Pada Salah Satu Industri Rumah Tangga Di Kabupaten Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan jaman membawa perubahan hampir pada seluruh golongan masyarakat sebagai pelaku ekonomi, baik sebagai konsumen maupun sebagai pelaku bisnis atau produsen. Berbagai produk pangan yang beredar di pasaran dengan berbagai jumlah fitur pembeda menunjukkan adanya persaingan di kalangan produsen dan perubahan pola konsumsi masyarakat. Salah satu jenis produk pangan yang digemari oleh berbagai kalangan dan mudah ditemui di pasar adalah produk makanan ringan seperti keripik. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya produk keripik yang dapat ditemukan hingga puluhan jenis dengan fitur atau atribut yang sengaja dibuat sedemikian rupa oleh masing-masing produsen. Salah satunya adalah keripik dengan rasa pedas dengan berbagai merek. Persaingan usaha keripik pedas dengan berbagai inovasi menjadikan setiap perusahaan harus mampu merumuskan strategi pemasaran yang tepat dalam rangka menghasilkan produk yang menarik dan mampu memenuhi harapan konsumen, tidak terkecuali pada salah satu produsen keripik kentang pedas di Kabupaten Gresik. Dalam rangka mencapai tujuan pemasaran yaitu agar konsumen melakukan pembelian, perusahaan harus terus berupaya untuk menyempurnakan produknya agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mempelajari aspek-aspek bauran pemasaran yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian keripik kentang pedas. Tujuannya adalah untuk memenuhi harapan konsumen, sehingga nantinya konsumen membeli produk keripik kentang tersebut, dengan demikian perusahaan mampu meningkatkan volume penjualan. Selain mempelajari perilaku pembelian konsumen, perusahaan juga harus bisa menetapkan berbagai kebijakan di dalam aktivitas operasionalnya, baik untuk meningkatkan jangkauan pasar maupun untuk meningkatkan volume penjualan. Salah satu upaya untuk meningkatkan jangkauan pasar atau segmentasi geografis adalah dengan membentuk saluran distribusi yang melibatkan beberapa lembaga pemasaran. Keberadaan lembaga pemasaran ini mempermudah proses penjualan, perluasan pangsa pasar produk ke wilayah lain serta meningkatkan jumlah produk yang terjual. Berbagai upaya tersebut akan berdampak pada aktivitas operasional perusahaan. Jumlah dana yang dikeluarkan untuk memproduksi dan memasarkan produk pada akhirnya akan berpengaruh pada kondisi arus kas perusahaan. Oleh karena itu, dari semua kebijakan yang dirumuskan oleh perusahaan harus disesuaikan dengan kondisi keuangan agar pihak perusahaan dapat menentukan aktivitas operasional, investasi maupun pendanaan yang akan dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis efisiensi saluran distribusi berdasarkan nilai margin dari masing-masing lembaga dalam saluran distribusi produk keripik kentang pedas, serta (2) menganalisis aspek-aspek bauran pemasaran yang mempengaruhi keputusan pembelian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis margin pemasaran bertujuan untuk vii menjawab tujuan penelitian pertama dan analisis regresi linear berganda untuk menjawab tujuan yang kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat tiga pola saluran distribusi keripik kentang pedas di Kabupaten Gresik, dengan saluran distribusi yang paling efisien adalah saluran distribusi pola pertama. Pada kondisi tersebut seharusnya perusahaan dapat memperbesar volume penjualan pada pola pertama, tetapi pada kondisi riil jumlah produk yang dipasarkan pada masing-masing lembaga adalah sama. Berdasarkan hasil uji linear berganda diperoleh nilai R2 sebesar 0,988, hal tersebut menunjukkan bahwa 98,8% keputusan pembelian keripik kentang pedas dipengaruhi oleh variabel independen (distribusi, harga, produk, dan promosi) dengan variabel yang memiliki pengaruh paling kuat adalah variabel distribusi dan lokasi, serta yang paling lemah adalah produk. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan dapat meningkatkan kinerja variabel produk, terutama pada aspek kekhasan produk dan penyertaan label halal. Kedua aspek tersebut merupakan item yang memiliki skor terendah dalam penelitian ini.
English Abstract
The effect of changing time almost affect every people’s group as economic doer, even consumer or business doer or producers. The variety of food products in market with some differences features showing that there’re competition between producers and consumption pattern of society. One of many kind of food products which is the most preffered by society and easier to find in market is chips as snack. This situation prove that there are many kind of chips product with different attributes which made by different producers. The example is chips with spicy flavor in various brands. Competition between producers in spicy chips business with various inovation make every companies should make the greatest marketing strategy to produce the best product which attract the attenction of consumers, including one of producer of spicy potato chips in Gresik District. To achieving goals of marketing, the company should continously to enhance their products, so the producer can fulfill of consumer’s need. One of the efforts to acheiving goals of marketing is observe which factors that affect consumers’ buying decision of spicy potato chips. The goal is for fulfill consumers’ need, so that the consumers will buy spicy potato chips and the company is able to increase selling volume. Beside observing consumer’s buying behavior, the company should establish some policies in their operational activity for increasing marketing scope and selling volume. One of the efforts to increasing marketing scope or geographic segmentation is to establish the marketing channles which involve some marketing institutions. This marketing institution make selling process more easier, expansion of market scope in some areas and increasing of selling product. This way will give some impact in operational activity. Amount of the company’s fund that used for production process and selling process at least will affect in cashflow of company’s condition. So, from some policies that made by company should be adapted with condition of company’s cashflow, so that company can decide their operational activity, investation, even funding to be performed. The purposes of this research are (1) to analyze efficiency level of marketing channels that involve in spicy potato chips marketing activity, (2) to analyze which factors that influence of buying decision. Data analysis done marketing margin analysis to acknowledge of first purpose and multiple liniear regression to acknowledge of second purpose. The result of research is, there are 3 pattern of spicy potato chips’ marketing channels in Gresik District which the most efficient channel is the first marketing channel. Based on R2 result of multiple linier test showed that 98,8% of spicy potato chips’ buying decision is affected by variable distribution, pricem product, and promotion with the strongest influence of variable is distribution variable and the weakest is product variable.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2016/386/ 051607301 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 15:19 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 15:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131381 |
Actions (login required)
View Item |