AdhityaniBS (2016) Penentuan Strategi Perusahaan Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Bakpao Di Ud. Chik Yen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hubungan Nusantara dan bangsa China telah terjadi ratusan tahun yang lalu. Hubungan ini terus terjalin dengan pasang surutnya keharmonisan dan pertentangan yang saling selang-seling. Hubungan suku-suku bangsa asli di Indonesia dengan bangsa dan peradaban Cina sebenarnya sudah berlangsung sejak lama sekali, bahkan dianggap sudah ada sejak zaman prasejarah. Kedatangan bangsa Cina ke wilayah Nusantara semula untuk berdagang. Mereka datang untuk mencari berbagai macam benda dan rempah-rempah daerah tropis, getah gaharu, sarang burung layang-layang (Walet), batu bezoar, emas, perak, gading gajah, cula badak, damar, kapur barus, dan kayu-kayu terbaik seperti kayu besi, jati, kulim, cendana. Dalam masa hubungan kedua bangsa tersebut, maka lahirlah hasil-hasil budaya, pengetahuan, pola pikir dan kepercayaan (agama) yang saling mempengaruhi dan menjadi bagian yang penting dan signifikan dari bangsa Indonesia saat ini. Salah satu makanan yang diadopsi bangsa Indonesia adalah bakpao. Perusahaan bakpao Chik Yen merupakan perusahaan waralaba yang bergerak di bidang penjualan makanan yaitu bakpao. Perusahaan bakpao Chik Yen berpusat di Surabaya dan mempunyai beberapa cabang dan juga beberapa stand. Perkembangan perusahaan tersebut saat ini cukup baik karena penjualan sebagian produk mengalami peningkatan, namun sebagian juga mengalami penurunan yang disebabkan semakin ketatnya persaingan penjualan bakpao. Sehingga perusahaan harus berusaha semaksimal mungkin agar dapat meningkatkan kembali penjualan produk yang dihasilkan dengan disertai peningkatan penghasilan juga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pendapatan UD. Chik Yen pada bulan Februari 2016, menganalisis faktor internal dan eksternal pada perusahaan UD. Chik Yen, dan menganalisis letak posisi perusahaan serta mengetahui strategi alternatif yang diperoleh perusahaan UD. Chik Yen. Data diperoleh menggunakan teknik kuisioner, wawancara, dan dokumentasi dengan konsumen, karyawan, serta pemilik perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah perhitungan biaya total (TC), penerimaan (TR), analisis pendapatan, analisis SWOT, analisis EFAS dan IFAS, serta matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan yang diterima oleh UD. Chik Yen pada bulan Februari 2016 adalah sebesar Rp. 74.143.359. Kemudian untuk analisis EFAS dan IFAS, evaluasi faktor internal dari indikator kekuatan diperoleh dari varian rasa yang memiliki skor yang paling tinggi dibandingkan dengan faktor kekuatan lainnya. Pada indikator kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan terletak pada minat masyarakat masih sedikit untuk mengkonsumsi bakpao. Sedangkan untuk evaluasi faktor eksternal peluang yang dimanfaatkan oleh perusahaan yaitu perusahaan memiliki outlet-outlet yang letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau. Namun disisi lain perusahaan memiliki ancaman dari luar yaitu adanya berbagai macam produk impor yang sejenis dijual di pasaran. Posisi perusahaan saat ini berada pada kuadran I. Dimana kuadran I ini iv menunjukkan strategi perusahaan saat ini adalah mendukung pertumbuhan perusahaan yang agresif. Serta pertumbuhan perusahaan yang sangat berperan dapat dilakukan secara cepat. Kemudian strategi alternatif yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan adalah dengan meningkatkan varian rasa bakpao yang lebih beragam, mengembangkan lokasi-lokasi penjualan yang strategis, melakukan promosi yang bertujuan untuk meningkatkan minat konsumen untuk membeli bakpao Chik Yen, mengembangkan pasar dengan menjual produk di lokasi-lokasi yang mudah dijangkau, melakukan inovasi-inovasi baru, meningkatkan kualitas produk maupun jasa, melakukan promosi dengan baik, dan mengembangkan usaha yang ada.
English Abstract
An open relationship between Indonesian Archipelago and China happened hundreds years ago. This relationship continues intertwined with the ebb and flow of harmony and discord. The relations of indigenous tribes in Indonesia with the Chinese civilization has actually been going on since a long time, even considered to have existed since prehistoric times. The arrival of the Chinese to the archipelago originally to trade. They came to look for various objects and tropical spices, gum aloes, nests of swallows (Swallow), bezoar stones, gold, silver, ivory, rhino horn, resin, camphor, and the best wood like iron wood, teak, Kulim, and yellow sandalwood. In the future relationship between the two nations, it formed culture products, knowledge, thought patterns and beliefs (the religion) of mutual influence and became an important and significant part of the Indonesian nation today. Bakpao Chik Yen company is a franchise company that is engaged in the food sales called Bakpao. Bakpao Chik Yen company based in Surabaya and has several branches and also several booths. The companys development is currently good enough because the sale some of the products was significantly increased, but some are also declined due to the increasing competition in the sale of Bakpao. In this case, the company should try as much as possible in order to re-improve the sale of products which are produced and accompanied increasing income as well. The purpose of this study was to analyze the revenue UD. Chik Yen in February 2016, to analyze internal and external factors on the company UD. Chik Yen, and analyze the companys position and to know the location of the alternative strategies acquired company UD. Chik Yen. Data obtained using the technique of questionnaires, interviews, and documentation with consumers, employees, and owners of the company. The analysis technique used is the calculation of the total cost (TC), reception (TR), revenue analysis, SWOT analysis, analysis of EFAS and IFAS, as well as the SWOT matrix. The results showed income to be received by UD. Chik Yen in February 2016 is Rp. 74,143,359. Then for the analysis of EFAS and IFAS, evaluation of internal factors of the power indicator is obtained from the flavors that have the highest score compared to other power factor. On the wekness indicators owned by the company was in the public interest is still low. As for the evaluation of external factors opportunities utilized by the company that the outlets are strategically located and easy to reach. On the other hand the company has an outside threat, namely the existence of a wide variety of similar imported products sold in the market. Companys current position is in quadrant I. Where the first quadrant shows the companys strategy now is to support the growth of an aggressive company. As well as the growth of the company that was instrumental can be done quickly. Then alternative strategies can be used by companies to increase the volume of sales are improving more diverse flavors dumplings, vi develop the sale of locations strategic promotion which aims to increase the interest of consumers to buy dumplings Chik Yen, develop the market by selling products in the locations which is easy to reach, doing new innovations, improving the quality of products and services, promoting well, and develop existing businesses.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2016/364/ 051607063 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 04 Aug 2016 09:38 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 09:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131357 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |