Analisis Kebutuhan Konsumen Terhadap Kualitas Produk “Fitrice” (Studi Kasus Di Pt Petrokimia Gresik, Jawa Timur)

Izzati, FarahVia (2015) Analisis Kebutuhan Konsumen Terhadap Kualitas Produk “Fitrice” (Studi Kasus Di Pt Petrokimia Gresik, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang mutlak untuk dipenuhi oleh manusia karena sebagai sumber energi dan gizi. Pangan dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan hidup yang didapat dari energi dan gizi yang dikandung dalam bahan pangan. Salah satu sumber bahan pangan di Indonesia adalah beras. Beras adalah bahan pangan fungsional yang mengandung satu atau lebih komponen pembentuk yang mempunyai fungsi fisiologis tertentu dan bermanfaat bagi kesehatan. Sebagai bahan pangan pokok di Indonesia, beras putih memiliki nilai Indeks Glikemik yang tinggi. Indeks glikemik adalah kemampuan bahan pangan meningkatkan kadar gula dalam darah. Indeks glikemik yang tinggi akan mempengaruhi peningkatan resiko Diabetes Melitus. Dimana menurut WHO, jumlah penderita diabetes mellitus mengalami peningkatan. Salah satu produk pengolahan hasil pertanian dalam bentuk beras pratanak dengan Indeks Glikemik yang rendah adalah produk “FitRice”. “FitRice” diproduksi oleh Departemen Riset Pemuliaan dan Pengolahan Hasil Pertanian PT Petrokimia Gresik yang masih perlu dikembangkan karena tergolong produk baru keluaran PT Petrokimia Gresik. pengembangan yang dilakukan adalah berdasarkan kebutuhan konsumen terhadap kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk “FitRice”, menganalisis kebutuhan konsumen terhadap kualitas produk “FitRice” dan untuk menganalisis kunci pertukaran (trade-off) kebutuhan konsumen dengan respon teknis untuk dilakukan perbaikan pada produk “FitRice”, ju ga menganalisis faktor penyebab yang mempengaruhi ketidaksesuaian kebutuhan konsumen dengan produk “FitRice”. Penentuan lokasi dilakukan secara purposive sampling yaitu di PT Petrokimia Gresik yang sedang melakukan pengembangan produk baru. Penelitian dilakukan pada Februari sampai April 2015. Sedangkan metode penentuan responden perusahaan adalah judgemental sampling dan penentuan responden konsumen adalah convenience. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan tabulasi data deskriptif untuk meringkas dan mempermudah pemahaman karakteristik dan kebutuhan konsumen terhadap beras dengan Indeks Glikemik yang rendah. Selain itu, untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI), untuk menganalisis kebutuhan konsumen terhadap kualitas produk dilakukan dengan metode Quality Function Deployment sampai tahapan pertama yaitu House of Quality, dan diagram sebab-akibat untuk menganalisis faktor penyebab kerusakan produk. Hasil dari analisis CSI menunjukkan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk sebesar 68,86%, hasil analisis House of Quality adalah beberapa karakteristik perlu mendapat perhatian untuk dipertahankan kualitasnya maupun dilakukan perbaikan dengan urutan proritas adalah ketahanan produk, kecepatan mendapat produk, harga, warna, manfaat, labeling mutu, tekstur, informasi gizi, aroma, berat bersih, jenis kemasan, nama produsen, dan prestise. Sedangkan ii respon teknis yang perlu mendapat perhatian dan perbaikan untuk dilakukan adalah dengan melihat nilai kontribusi terbesar sampai terendah. Nilai kontribusi perbaikan tertinggi sampai terendah adalah memperbaiki proses pratanak, proses distribusi, proses penggilingan, desain label dan kemasan, promosi, proses pengeringan, proses penyimpanan, kualitas bahan baku, pelayanan pelanggan, legalitas izin edar, kebijakan harga, proses pengemasan, dan proses cleaning. Hasil analisis dari diagram sebab-akibat bahwa ketidaksesuaian antara kebutuhan konsumen dengan kondisi produk adalah warna beras putih kecoklatan, aroma kurang sedap, dan tekstur sedang (kurang pulen) disebabkan oleh faktor bahan baku dan metode.

English Abstract

Food needs is one of the absolute basic requirement to fulfilled by humans as a source of energy and nutrition. Food is needed to maintain the viability of that obtained from the energy and nutrients contained in the food. One source of staple food in Indonesia is rice. Rice is a functional food substance containing one or more components to build that have certain physiological functions and health benefits. As a staple food in Indonesia, white rice has a high Glycemic Index value. The glycemic index is the ability of food increases blood sugar levels. High glycemic ind ex will affect the increased risk of diabetes mellitus. According to WHO, the number of people with diabetes mellitus have increased. One of the processing of agricultural products in the form of parboiling rice with a low Glycemic Index is the product "FitRice". "FitRice" produced by the Departemen Riset Pemuliaan dan Pengolahan Hasil Pertanian PT Petrokimia Gresik that still need to be developed for classified new products output PT Petrokimia Gresik. Development carried out is based on consumer need for the quality. This research aims to analyze the level of customer satisfaction from the "FitRice" product, analyzes consumer need for quality "FitRice" product and to analyze the key exchange (trade-off) the needs of consumers with technical responses to do repairs on the product "FitRice", also analyze the causes that affect mismatch consumer needs with "FitRice" product. The location determination is done by purposive sampling at PT Petrokimia Gresik which is developing new products. The research was conducted in February to April 2015. While the method of determination of respondent companies are judgmental sampling and determination of consumer respondents is convenience. Processing of the data in this research use descriptive data tabulation to summarize and facilitate the understanding of the characteristics and needs of consumers towards rice with a low Glycemic Index. In addition, to analyze the level of customer satisfaction using the Customer Satisfaction Index (CSI), to analyze consumer need for quality products made by the method of Quality Function Deployment to the first stage of which is the House of Quality, and cause-effect diagram to analyze the factors causing mismatch consumer needs with "FitRice" product. Results of the analysis of the CSI shows the level of customer satisfaction with the product at 68,86%, the results of the analysis the House of Quality are several characteristics need attention to maintain the quality and carried out repairs according to the order of priority is the durability of the product, the easy gets product, price, color, benefits, quality labeling, texture, nutritional information, aromas, net weight, the type of packaging , name of manufacturer, and prestige. While the technical responses that need attention and improvement to do is to look at the largest contribution to the lowest. Value contributions highest to lowest repair is to improve the process of parboiling, the distribution iv process, the grinding process, the design of labels and packaging, promotions, drying, storage process, raw material quality, customer service, the legality of a marketing authorization, pricing policy, the packaging process, and the cleaning process. The results analysis of cause-effect diagram that the mismatch between the needs of consumers with the condition of the product is a brownish white color of rice, less savory aroma, and texture medium (less fluffier) caused by factors of raw materials and methods.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/936/ 051600023
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 04 Feb 2016 09:55
Last Modified: 04 Feb 2016 09:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130987
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item