Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Pupuk ZK Terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus di PT. Petrokimia Gresik - Jawa Timur).

Asrini, Fidya (2015) Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Pupuk ZK Terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus di PT. Petrokimia Gresik - Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan pupuk di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya tuntutan produktivitas hasil yang tinggi terutama dalam bidang pertanian, sehingga membuat penggunaan pupuk sebagai salah satu cara menyediakan tambahan unsur hara yang dibutuhkan bagi tanah maupun tanaman menjadi cara yang paling mudah, efektif dan efisien bagi petani hingga saat ini. Kebutuhan pupuk yang semakin meningkat tersebut tidak terkecuali pada pupuk ZK. Pupuk yang menyediakan unsur Kalium (K) tanpa pengaruh Klorida (Cl) ini memiliki kelebihan yakni dapat menghasilkan hasil panen yang berkualitas dan berkuantitas tinggi terutama dalam hal rasa dan ukuran, sehingga pupuk ini sangat aman digunakan pada berbagai komoditas pertanian seperti tembakau, kentang, jeruk dan beberapa jenis tanaman lainnya yang sensitif terhadap klorida. Perusahaan PT. Petrokimia Gresik merupakan satu-satunya perusahaan negara yang dapat memenuhi permintaan atau kebutuhan pupuk ZK di Indonesia. Dengan didirikannya pabrik pupuk ZK pada tahun 2005 yang berkapasitas sebesar 10.000 ton, maka perusahaan negara ini memiliki andil yang cukup besar terhadap tersedianya pupuk ZK di pasaran. Permasalahan utama yang mendorong dilakukannya penelitian ini adalah, realisasi angka volume penjualan pupuk ZK PT. Petrokimia Gresik pada tahun 2007 hingga 2014 masih rendah dan belum dapat memenuhi permintaan pasar, selain itu selama 8 tahun tersebut volume penjualan pupuk ZK perusahaan memiliki catatan penjualan yang fluktuatif dan beberapa tahun diantaranya tidak dapat memenuhi target RKAP yang telah ditentukan oleh perusahaan. Sementara, pada tahun 2016 mendatang terdapat rencana penambahan kapasitas produksi pabrik pupuk ZK, sehingga upaya penanganan kendala sangat diperlukan agar dapat meningkatkan volume penjualan dalam memenuhi permintaan atau kebutuhan pupuk ZK yang semakin meningkat. Kemudian dengan adanya berbagai penyebab dari terjadinya kendala tersebut, terdapat peluang dalam menangani kendala pada strategi pemasaran yang selama ini telah dilakukan oleh perusahaan. Oleh sebab itu, hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai efektivitas strategi pemasaran pupuk ZK di perusahaan PT. Petrokimia Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan strategi pemasaran pupuk ZK yang selama ini telah dilakukan oleh PT. Petrokimia Gresik, (2) Menganalisis pengaruh penerapan strategi pemasaran pupuk ZK terhadap peningkatan volume penjualan, dan (3) Menganalisis efektivitas strategi pemasaran pupuk ZK melalui volume penjualan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pemasaran dan efektivitas strategi pemasaran yang diperkuat dengan perhitungan efektivitas, serta analisis regresi linier berganda yang digunakan untuk mengetahui terdapatnya pengaruh antara strategi pemasaran dengan volume penjualan, hingga mendapatkan hasil sebagai berikut: 1. Penerapan strategi pemasaran pupuk ZK yang dilakukan oleh perusahaan PT. Petrokimia Gresik pada strategi pemasaran Price, Place, dan Promotion secara singkat adalah sebagai berikut: strategi harga yang digunakan adalah menetapkan harga jual pupuk ZK setiap bulan dengan melakukan penyesuaian terhadap faktor-faktor penentu harga seperti kondisi pasar, biaya bahan baku dan lain sebagainya. Selanjutnya strategi distribusi yang digunakan adalah melakukan pendistribusian pupuk dengan sangat fleksibel sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pelanggan yang tertuang dalam Term of Delivery. Dan strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan adalah melakukan promosi berupa penyuluhan, demonstrasi plot (demplot), pemberian leaflet, brosur dan lain sebagainya pada perusahaan perkebunan maupun petani, serta pemberian kaos, gantungan kunci dan lain sebagainya pada acara-acara tertentu. 2. Strategi pemasaran pupuk ZK yang telah dilakukan oleh perusahaan PT. Petrokimia Gresik selama 8 tahun mulai dari tahun 2007 hingga tahun 2014 terbukti memiliki pengaruh secara bersama-sama sebesar 99,7% terhadap meningkatnya volume penjualan pupuk ZK. Kemudian secara parsial, strategi pemasaran yang terbukti memiliki pengaruh terhadap meningkatnya volume penjualan pupuk ZK adalah strategi Price, strategi Place dan strategi Promotion. 3. Strategi pemasaran pupuk ZK yang selama ini telah dilakukan oleh perusahaan pada kenyataannya belum dapat dinyatakan efektif dalam memenuhi kebutuhan pupuk ZK Indonesia. Hanya saja selama 8 tahun diterapkan, strategi pemasaran ini baru dapat dikatakan efektif dalam hal meningkatkan volume penjualan pupuk ZK dalam mencapai target RKAP perusahaan, meskipun pada kenyataannya beberapa tahun diawal produksi realisasi volume penjualan pupuk ZK belum mampu mencapai target RKAP perusahaan. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah sebaiknya perusahaan melakukan berbagai upaya tambahan terutama dalam strategi pemasaran yang tentunya juga harus menyesuaikan dengan kondisi yang akan dihadapi dimasa mendatang agar dapat memenuhi permintaan atau kebutuhan pupuk ZK Indonesia, seperti (1) Mengupayakan stabilitas harga pupuk ZK, (2) Memperhatikan kualitas produk dengan lebih cermat, (3) Melakukan pengoptimalan metode distribusi dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang dimiliki perusahaan, (4) Melakukan kegiatan promosi yang lebih intens dan efektif sehingga dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/445/0515056543
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Oct 2015 09:11
Last Modified: 15 Oct 2015 09:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130454
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item