Analisis Usaha Dan Strategi Pengembangan Agroindustri Dodol Apel Di Ud. Ramayana Agro Mandiri, Bumiaji, Kota Batu

Susanti, Susi (2015) Analisis Usaha Dan Strategi Pengembangan Agroindustri Dodol Apel Di Ud. Ramayana Agro Mandiri, Bumiaji, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UD. Ramayanan Agro Mandiri merupakan salah satu agroindustri yang menjadi pelopor pengolahan dodol apel di Kota Batu. Dalam perkembangannya, agroindustri dodol apel UD. Ramayana Agro Mandiri menghadapi beberapa masalah atau kendala seperti fluktuasi harga bahan baku di pasar, kurangnya tenaga kerja dalam proses produksi dodol apel, promosi yang masih kurang efektif serta persaingan produk sejenis karena saat ini telah bermunculan agroindustri yang mengolah apel menjadi dodol apel. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kelangsungan usaha agroindustri dodol apel yang dijalankan oleh UD. Ramayana Agro Mandiri sebagai salah satu pelaku usaha agroindustri dodol apel di Kota Batu. Pentingnya penelitian ini adalah untuk memberikan informasi apakah usaha agroindustri dodol apel UD. Ramayana Agro Mandiri dalam menghadapi masalahnya masih layak untuk dikembangkan, selain itu juga memberikan alternatif strategi sebagai upaya dalam pengembangan usaha. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis keuntungan yang diterima oleh agroindustri dodol apel di UD. Ramayana Agro Mandiri, (2) menganalisis kelayakan usaha pada agroindustri dodol apel di UD. Ramayana Agro Mandiri, (3) merumuskan alternatif strategi yang tepat dalam upaya pengembangan usaha agroindustri dodol apel di UD. Ramayana Agro Mandiri. Penelitian ini dilakukan secara purposive dengan pertimbangan bahwa UD. Ramayana Agro Mandiri merupakan salah satu agroindustri dodol apel di Kota Batu yang memiliki kapasitas produksi tinggi serta lokasi agroindustri yang dekat dengan sentra petani apel di Kota Batu. Teknik penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan wawancara kepada key informan yang terdiri dari produsen atau pelaku usaha agroindustri dodol apel UD. Ramayana Agro Mandiri, manajer keuangan serta manajer produksi. Pemilihan responden ini dilakukan dengan alasan bahwa responden tersebut lebih mengerti mengenai kondisi usaha serta memiliki wewenang mengenai data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari metode kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis usaha agroindustri dodol apel UD. Ramayana Agro Mandiri yang terdiri dari analisis biaya, analisis penerimanaan, analisis keuntungan, analisis break event point, serta analisis R/C rasio. Sedangkan metode kualitatif digunakan untuk menganalisis strategi pengembangan untuk agroindustri dodol apel UD. Ramayana Agro Mandiri yang terdiri dari analisis faktor internal dan eksternal, analisis matrik IFAS dan EFAS, analisis matrik IE, analisis matrik grand strategy, dan analisis matrik SWOT. Berdasarkan hasil penelitian, usaha agroindustri dodol apel di UD. Ramayana Agro Mandiri dalam satu kali proses produksi dengan kapasitas bahan baku 100 kg buah apel dan menghasilkan 400 pcs kemasan, membutuhkan total biaya sebesar Rp 1.168.480,59 serta penerimaan sebesar Rp 2.000.000,00 dengan demikian ii agroindustri ini dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp 831.519, 41 dalam satu kali proses produksi. Keuntungan sebesar ini diperoleh dari harga jual per kemasan dodol apel yang lebih tinggi dari harga pesaing karena target pasar yang dimiliki UD. Ramayana Agro Mandiri merupakan masyarakat kalangan menengah ke atas dengan mengutamakan kualitas dari dodol apel yang diproduksi. Usaha agroindustri dodol apel di UD. Ramayana Agro Mandiri juga layak untuk dikembangkan karena memiliki nilai R/C rasio sebesar 1,71 (R/C > 1), nilai R/C rasio yang cukup tinggi ini dihasilkan dari perbadingan total penerimaan yang lebih besar dari total biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi dodol apel. Selain itu, jumlah minimum produk yang harus diproduksi serta penerimaan minimum yang harus diterima perusahaan telah melewati titik impas yaitu sebesar 400 pcs dan Rp 2.000.000,00 (BEP unit sebesar 234 pcs dan BEP harga senilai Rp 1.168.480,59). Hasil analisis faktor internal dan eksternal agroindustri dodol apel UD. Ramayana Agro Mandiri, diketahui bahwa kekuatan yang dimiliki agroindustri UD. Ramayana Agro Mandiri meliputi ketersediaan bahan baku, lokasi produksi, kualitas produk, manajemen keuangan, area pemasaran, keuntungan produksi, dan teknologi produksi. Kelemahan yang dimiliki agroindustri dodol apel UD. Ramayana Agro Mandiri meliputi promosi belum efektif, kurangnya tenaga kerja, dan belum ada pembagian tugas kerja karyawan. Peluang yang dimiliki agroindustri dodol apel UD. Ramayana Agro Mandiri meliputi perkembangan teknologi, dukungan pemerintah, permintaan produk, permodalan, penyerapan tenaga kerja, dan hubungan dengan pemasok. Ancaman yang dimiliki agroindustri dodol apel UD. Ramayana Agro Mandiri meliputi fluktuasi bahan baku, inflasi, dan pesaing. Hasil analisis matrik IFAS menunjukkan bahwa agroindustri dodol apel di UD. Ramayana Agro Mandiri memiliki kekuatan yang lebih besar daripada kelemahan sehingga diharapkan agroindustri ini mampu mengatasi kelemahan yang ada dengan menggunakan kekuatan yang dimilikinya. Sedangkan hasil matrik EFAS menunjukkan agroindustri dodol apel di UD. Ramayana Agro Mandiri memiliki peluang yang lebih besar daripada ancaman sehingga perusahaan harus mampu memanfaatkan peluang yang ada untuk menghadapi ancaman. Hasil analisis matrik IE menunjukkan bahwa posisi agroindustri dodol apel UD. Ramayana Agro Mandiri berada pada sel V yaitu daerah growth and stability yang artinya perusahaan ini memiliki peluang untuk terus tumbuh dan berkembang. Pada daerah ini strategi yang dapat diterapkan adalah menggunakan strategi integrasi horisontal dan strategi stabilitas. Sedangkan berdasarkan hasil matrik grand strategy agroindustri dodol apel UD. Ramayana Agro Mandiri terletak pada kuadran I yaitu pada posisi strategi agresif dimana perusahaan pada posisi ini perusahaan berada pada posisi memiliki kemapuan kompetitif yang kuat. Dari hasil analisis matrik SWOT menunjukkan bahwa alternatif strategi yang dapat ditawarkan adalah strategi SO, hal ini berdasarkan posisi agroindutri dari hasil analisis matrik grand strategy dimana agroindustri ini terletak pada kuadra I yang menggambarkan perusahaan pada posisi ini memiliki kekuatan dan peluang yang lebih besar daripada kelemahan dan ancaman. Dalam strategi SO antara lain memperluas area pemasaran, meningkatkan kapasitas produksi, menjaga kepercayaan pemasok bahan baku, dan meningkatkan kualitas produk. iii Saran yang dapat diberikan pada agroindustri dodol apel UD. Ramayana Agro Mandiri diantaranya bagi pihak produsen agroindustri dodol apel di UD. Ramayana Agro Mandiri dapat meningkatkan profit dengan menambah kapasitas produksi dan volume penjualan serta memberi varian produk untuk meningkatkan daya saing. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menganalisis lebih dari satu agroindustri dodol apel untuk mengetahui perbedaan sekaligus membandingkan tingkat keuntungan dan kelayakan usaha antar agroindustri dodol apel.

English Abstract

UD. Ramayanan Agro Mandiri is one of the agroindustry is a pioneer of apple dodol in Kota Batu. The expansion, agroindustry apple dodol at UD. Ramayana Agro Mandiri have some problems or obstacles such as fluctuations in market prices of raw materials, less of labor in production process, not effective promotion and competition with similar products because of the current agroindustry has sprung up to process apples into apple dodol. In this study intended to determine the extent of continuity of the agroindustry apple dodol at UD. Ramayana Agro Mandiri as one agroindustry of apple dodol in the City of Stone. The importance of this study is to provide information on whether the business agroindustry apple dodol at UD. Ramayana Agro Mandiri in dealing with the problem is still feasible to be developed, but it also provides an alternative strategy as the business development. The purpose of this research (1) analyzed of profit received by agroindustry apple dodol in UD. Ramayana Agro Mandiri, (2) analyzed of business feasibility in agroindustry apple dodol in UD. Ramayana Agro Mandiri, (3) formulate alternative strategy to business development agroindustry apple dodol in UD. Ramayana Agro Mandiri. The research was conducted at UD. Ramayana Agro Mandiri. The research is done deliberately with a consideration that UD. Ramayana Agro Mandiri is one of the pioneers of apple dodol in Batu City that has high production capacity as well as locations agroindustry close to apple sentra farmers in the city of stone. The determination of respondents technique in this research using purposive sampling where respondents consisting of 3 people that producer of UD. Ramayana Agro Mandiri, financial managers, and production manager. The selection of respondents with the reason that these respondents understand more about the condition of having businesses as well as the authority on the data needed in this research. The analysis method used in this study consists of quantitative and qualitative methods. Quantitative methods used to analyze the agroindustry apple dodol at UD. Ramayana Agro Mandiri which consist of cost analysis, revenue analysis, profit analysis, break event point analysis, as well as R / C ratio analysis. While qualitative methods are used to analyze strategies for the development of agroindustry apple dodol at UD. Ramayana Agro Mandiri, which consists of the analysis of internal and external factors, IFAS and EFAS matrix analysis, IE matrix analysis, grand strategy matrix analysis, and SWOT matrix analysis. Based on the results of research, UD. Ramayana Agro Mandiri in one production process with a capacity of 100 kg of raw material (apple) to produce 400 pcs packaging, a total cost is Rp 1.168.480,59 and acceptance is Rp 2.000.000, so this agroindutry can thus generate a gain of Rp 831.519,41 in a one production process. The net profit derived from the selling price per pack apples dodol higher than the price of competitors because the target market owned by UD. Ramayana Agro Mandiri is an upper middle class community with emphasis on quality of product. v UD. Ramayana Agro Mandiri also deserve to be developed because it has a value of R/C ratio is 1,71 (R/C > 1). The value of R / C ratio is high enough are produced from comparisons total revenue greater than the total cost incurred in producing apple dodol. The minimum of products that must be manufactured and minimum revenues to be received by the company has passed the breakeven point is to 400 pcs and Rp 2,000,000, 00 (BEP unit by 7 pcs and price BEP Rp 1,168,480.59). From the analysis of internal and external factors agroindustry apple dodol at UD. Ramayana Agro Mandiri, the strength of UD. Ramayana Agro Mandiri includes the availability of raw materials, production, quality of product, financial management, marketing area, the advantages of production, and production technology. Weaknesses of UD. Ramayana Agro Mandiri include the promotion has not been effective, the lack of labor, and there is no division of labor employees. Opportunities of UD. Ramayana Agro Mandiri covering developments in technology, support of government , product demand, capital, employment, and relationships with suppliers. Threats of UD. Ramayana Agro Mandiri include fluctuations in raw materials, inflation, and competitors. IFAS matrix analysis results showed that agroindustry apple dodol at UD. Ramayana Agro Mandiri has greater strength than weakness so expect the agroindustry is able to overcome the existing weaknesses by using the strengths. The results of EFAS matrix showed that agroindustry apple dodol at UD. Ramayana Agro Mandiri has a greater opportunity than threat so the company should be able to take advantage of the opportunities that exist to deal with the threat. IE matrix analysis results indicate that the position of the agroindustry dodol apple UD. Ramayana Agro Mandiri V is in cell growth and stability are areas which means that the company has the opportunity to continue to grow and develop. In the area of strategies that can be applied is using a strategy of horizontal integration and stability strategy. While based on the matrix grand strategy for agroindustry apple dodol at UD. Ramayana Agro Mandiri is located in quadrant I, which is on an aggressive strategy positions the company in a position where these companies are in a position to have a strong competitive. From the results of the SWOT matrix analysis shows that an alternative strategy that can be offered is SO strategy, it is based on the position agroindutri from the grand strategy matrix analysis which agroindustry lies in kuadra I which indicates the company in this position has the strength and the opportunities outweigh the weaknesses and threat. SO strategies include expanding the area of marketing, increasing production capacity, maintain the trust of raw material suppliers, and increasing quality of product. Advice can be given on agroindustry apple dodol UD. Ramayana Agro Mandiri them for the producer of agroindustriy apple dodol at UD. Ramayana Agro Mandiri can increase profits by increasing production capacity and sales volumes as well as provide product variants to improve competitiveness. For further research is expected to analyze more than one agroindustry dodol apples to know the difference at once compare the level of benefits and feasibility of an agroindustrial lunkhead apples.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/370/ 051505300
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 05 Aug 2015 09:58
Last Modified: 05 Aug 2015 09:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130371
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item