Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Volume Pembelian Produk Industri Rumah Tangga Agro Citra Abadi, Kota Wisata Batu, Provinsi Jawa Timur

Annisa, AnindaAyu (2015) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Volume Pembelian Produk Industri Rumah Tangga Agro Citra Abadi, Kota Wisata Batu, Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertanian merupakan salah satu sektor yang penting di Indonesia. Indonesia merupakan suatu negara agraris yang menghasilkan beraneka ragam sayuran dan buah-buahan. Salah satu jenis buah-buahan yang banyak ditanam di Indonesia adalah apel. Secara umum diketahui bahwa buah apel termasuk salah satu buah yang tidak dapat disimpan lama, pada musim panen jumlahnya berlimpah dan tidak seluruhnya habis terjual atau dikonsumsi dalam bentuk segar. Bagian utama yang bernilai cukup ekonomi dari tanaman apel adalah buahnya. Buah apel selain dikonsumsi segar dapat juga diolah menjadi berbagai macam minuman dan makanan, antara lain seperti keripik dan dodol apel. Keripik dan dodol apel adalah beberapa bentuk hasil olahan buah apel yang biasanya dibeli konsumen sebagai buah tangan. Industri rumah tangga yang memanfaatkan buah apel dan mengolahnya menjadi produk makanan adalah industri rumah tangga Agro Citra Abadi. Industri rumah tangga tersebut berlokasi di Kota Batu dan dikenal sebagai pengolah buah apel menjadi keripik dan dodol apel merek Citra. Walaupun industri rumah tangga ini baru beroperasi selama lima tahun, tapi pemilik industri rumah tangga ini selalu berusaha supaya keripik dan dodol apel tetap laku dipasaran. Tidak dipungkiri banyak pesaing yang menghasilkan produk sejenis. Hal ini dikarenakan Kota Batu terkenal akan pengembangan produk-produk dari buah apel, sehingga pengolahan hasil pertanian menjadi makanan untuk buah tangan tidak hanya dilakukan oleh industri rumah tangga ini saja. Sehingga dapat mempengaruhi volume pembelian konsumen dari produk industri rumah tangga Agro Citra Abadi. Oleh karena itu, penelitian ini membahas mengenai variabel bauran pemasaran yang diterapkan oleh industri rumah tangga Agro Citra Abadi, yang mana terdiri dari empat variabel yaitu produk, harga, promosi, dan tempat. Keempat variabel tersebut di analisis untuk diketahui pengaruhnya terhadap volume pembelian produk keripik dan dodol apel industri rumah tangga Agro Citra Abadi. Sehingga, kita dapat mengetahui variabel bauran pemasaran mana yang paling berpengaruh terhadap volume pembelian produk keripik dan dodol apel merek Citra. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap volume pembelian produk industri rumah tangga Agro Citra Abadi, dan (2) menganalisis variabel yang paling dominan dari variabel-variabel bauran pemasaran terhadap volume pembelian produk industri rumah tangga Agro Citra Abadi. Metode yang digunakan dalam menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume pembelian produk merek Citra adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa variabel-variabel yang memiliki pengaruh secara nyata dan signifikan adalah produk (X1) dan tempat (X4). Kedua variabel tersebut dikatakan signifikan karena nilai signifikansinya kurang dari alpha lima persen. Sedangkan, untuk variabel bauran pemasaran yang paling dominan berpengaruh terhadap volume pembelian produk merek Citra adalah produk (X1) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,703. Jadi, diantara variabel harga (X2), promosi (X3), dan tempat (X4) maka variabel produk yang sangat berpengaruh terhadap volume pembelian. Artinya, apabila indikator-indikator variabel produk semakin membaik maka dapat meningkatkan volume pembelian produk merek Citra. Dari hasil analisis yang diperoleh, maka beberapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan ataupun masukan kepada industri rumah tangga Agro Citra Abadi yaitu (1) untuk melakukan kegiatan promosi sebaiknya tidak hanya mengandalkan dari cerita masyarakat, tetapi dapat ditambah cara lain seperti penyebaran brosur, spanduk dan lain-lain. (2) Dalam memasarkan produknya, sebaiknya industri rumah tangga Agro Citra Abadi menambah lokasi penjualan. Karena banyak konsumen yang hanya mengetahui produk ini hanya dari tempat penjualan produk merek Citra saja, yaitu outlet penjualan oleh-oleh Brawijaya.

English Abstract

Agriculture is one sector which is important in Indonesia. Indonesia is an agricultural country that produces a wide range of vegetables and fruits. One type of fruit that is widely grown in Indonesia is apple. It is generally known that the apple is one of the fruits that can’t be stored longer, the harvest is plentiful in number and not entirely sold or consumed in fresh form. The main part of the economy that is worth enough apple is a fruit crop. Besides consumed fresh apples can also be processed into a variety of drinks and food, among others, such as chips and apple lunkhead. Chips and apple lunkhead is some form of processed apple that is usually bought by consumers as a souvenir.The home industry that utilize apples and process them into food products is Agro Citra Abadi home industry. This home industry located in Batu City and known as apple fruit processing into chips and apple lunkhead Citra brand. Although the home industry is new in operation for five years, but the owner of this home industry has always tried to keep chips and apple lunkhead still sold in the market. No doubt many competitors that produce similar products. Because the development of Batu City is famous for the products of the apple, so that the processing of agricultural products into food for souvenirs is not only done by this home industry. So as to affect the volume of consumer purchases of product in Agro Citra Abadi home industry. Therefore, this study discusses the marketing mix variables applied by Agro Citra Abadi home industry, which consists of four variables: product, price, promotion, and place. The four variables in the analysis to determine it’s effect on the volume purchasing of chips and apple lunkhead products of Agro Citra Abadi home industry. Thus, we can determine which marketing mix variables that most influence on the purchasing volume of chips and lunkhead Citra brand. The purpose in this research are (1) to analyze the effect of the marketing mix variables on the purchasing volume of product in Agro Citra Abadi home industry, and (2) to analyze the most dominant variables of the marketing mix variables on the purchasing volume of product in Agro Citra Abadi home industry. The method used to analyze the influence of the marketing mix on the purchasing volume of Citra brand is a multiple linear regression. Based on the result which is done, it can be seen the variables that have a real and significant effect is the product (X1) and place (X4). Both variables are said to be significant because of the significance value is less than alpha five persen. Whereas, for the marketing mix variables most dominant influence on the purchasing volume of Citra brand is product (X1) with a beta coefficient of 0.703. So, between the price variable (X2), promotion (X3), and place (X4), the variable products have great influence on the volume of purchases. That is, if the indicators improved product variables, it can increase on the purchasing volume of Citra brand.Based on the analysis result which has done, some suggestions that can be taken into consideration or input to Agro Citra Abadi home industry, namely (1) to carry out promotional activities should not only rely on the public story, but can be expanded in other ways such as the distribution of brochures, banners, and others. (2) In marketing their products, Agro Citra Abadi home industry should add sales locations. Because many consumers are only aware of this product only from the sale of products Citra brand, that is Brawijaya souvenir center

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/252/051503876
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jun 2015 13:47
Last Modified: 19 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130241
[thumbnail of ANINDA_AYU_ANNISA_115040101111043.pdf]
Preview
Text
ANINDA_AYU_ANNISA_115040101111043.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item