Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Luwak Merek Cangkir Luwak (Studi Kasus Pada Ud. Gemini Lestari, Kabupaten Situbondo

Anggrelita, Hana (2015) Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Luwak Merek Cangkir Luwak (Studi Kasus Pada Ud. Gemini Lestari, Kabupaten Situbondo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam Era Globalisasi Dan Perdagangan Bebas, Indonesia Harus Mempersiapkan Diri Menghadapi Terjadinya Perubahan-Perubahan Besar Pada Berbagai Aspek Kehidupan, Khususnya Aspek Ekonomi. Dengan Terbukanya Pasar Global, Maka Para Pengusaha Dituntut Untuk Melakukan Pembenahan Kinerjanya Dalam Rangka Memenuhi Kualitas Produk Atau Jasa Yang Dikehendaki Oleh Pasar (Konsumen). Dalam Usaha Memenangkan Persaingan Bisnis, Kualitas Produk Bukan Lagi Satu-Satunya Atribut Yang Sulit Ditiru Adalah Merek Yang Kuat Yaitu Citra Merek Yang Di Ingat Oleh Benak Konsumen. Pembentukan Citra Atau Image Yang Baik Di Benak Konsumen Dapat Menjadi Kekuatan Perusahaan Dalam Memperebutkan Dan Mempertahankan Konsumen Yang Ada. Melihat Kenyataan Dunia Bisnis Yang Terus Berkembang, Maka Tuntutan Akan Produk Semakin Beragam Dan Terus-Menerus Berkembang Sesuai Dengan Perubahan Zaman. Di Dalam Hidupnya Manusia Tidak Lepas Dari Berbagai Macam Kebutuhan, Mulai Dari Kebutuhan Dasar Sampai Pada Tingkat Kebutuhan Yang Lebih Tinggi. Salah Satu Kebutuhan Manusia Adalah Kebutuhan Untuk Mengkonsumsi Makanan / Minuman Yang Enak Dan Sehat Untuk Dikonsumsi, Untuk Itu Konsumen Sangat Selektif Dalam Memilih Dan Mempercayai Merk Makanan Yang Akan Dikonsumsinya. Ud. Gemini Lestari Sebagai Salah Satu Produsen Kopi Luwak Dengan Merk Cangkir Luwak Harus Memiliki Strategi Pemasaran Yang Baik, Yang Akan Mempengaruhi Brand Image Nya Agar Konsumen Tertarik Untuk Mengkonsumsinya. Penelitian Ini Dilaksanakan Di Wilayah Situbondo, Dalam Penelitian Ini Mengambil Kepuasan Konsumen Dalam Membeli Kopi Luwak Merek Cangkir Luwak Yang Ada Pada Ud.Gemini Lestari. Tujuan Penelitian Untuk Menganalisis Variabel Brand Image Yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kopi Luwak Merk Cangkir Luwak Dan Untuk Menganalisis Variabel Brand Image Yang Lebih Dominan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Konsumen. Dalam Penelitian Ini Metode Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Deskriptif Dan Analisis Kuantitatif. Analisis Deskriptif Yaitu Berkaitan Dengan Karakteristik Responden Yang Berjumlah 35 Orang. Sedangkan Analisis Kuantitatif Yang Digunakan Antara Lain Uji Validitas Uji Reliabilitas, Serta Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil Penelitian Antara Lain Untuk Analisis Regresi Linier Berganda Didapatkan Hasil Bahwa Variabel Brand Image Menunjukkan Bahwa Tiga Variabel Brand Image Yaitu Citra Pembuat, Citra Pemakai, Dan Citra Produk Semuanya Mempunyai Pengaruh Yang Signifikan Terhadap Kepuasan Konsumen Terhadap Kopi Luwak Merek Cangkir Luwak Pada Ud. Gemini Lestari Di Situbondo. Dari Ketiga Variabel Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini, Variabel Yang Lebih Dominan Berpengaruh Positif Yaitu Citra Produk (X3). Pada Variabel Ini Menjelaskan Bahwa Bagaimana Dalam Suatu Produk Memiliki Nilai Yang Masuk Kedalam Ingatan Konsumen Yang Sangat Berperan Penting.

English Abstract

The Era Of Globalization And Free Trade, Indonesia Must Prepare For The Occurrence Of Major Changes In Various Aspects Of Life, Especially The Economic Aspects. With The Opening Of Global Markets, Then The Employer Is Required To Make A Real Performance In Order To Meet The Quality Of Products Or Services Desired By The Market (Consumers). In An Effort To Win Business Competition, The Quality Of The Product Is No Longer The Only Attribute That Is Difficult To Imitate Is A Strong Brand That Brand Image In The Minds Of Consumers Remember. The Formation Of A Good Image Or Image In The Minds Of Consumers Can Be A Power Company In Gaining And Retaining Existing Customers. Looking At The Fact That The Business World Continues To Grow, So Will Demand Increasingly Diverse Products And Constantly Evolving According To The Changing Times. In The Human Life Can Not Be Separated From A Variety Of Needs, Ranging From Basic Needs To The Needs Of A Higher Level. One Human Needs Is The Need To Consume Food / Drink Tasty And Healthy To Eat, To The Consumer Is Very Selective In Choosing And Trusting Brand Food To Be Consumed. Ud. Gemini Lestari As One Of Civet Coffee Manufacturers With Brands Cangkir Luwak Should Have A Good Marketing Strategy, Which Will Affect Its Image Brand That Consumers Are Interested To Consume. The Research Was Conducted In The Area Of Situbondo, In This Study Of Consumer Satisfaction Cangkir Luwak Civet Coffee Brands That Exist On Sustainable Ud.Gemini. The Purpose Of Research To Analyze To Analyze The Variables Brand Image Effects Costumer Satisaction And To Analyze The Variable That Brand Image Is More Dominant Effect On Customer Satisfaction. In This Research, Data Analysis Method Used Is Descriptive Analysis And Quantitative Analysis. Descriptive Analysis Is Related To The Characteristics Of Respondents Who Totaled 35 People. Quantitative Analyzes Used Include Validity Test Reliability Test, And Multiple Linear Regression Analysis. Results Of Research Among Other As For The Multiple Linear Regression Analysis Showed That The Variables Of Brand Image Shows That The Three Variables, Namely The Image Of The Manufacturers Brand Image, User Image, And The Image Of Products All Have A Significant Influence On Consumer Satisfaction On Brand Cangkirluwak Civet Coffee At Ud. Gemini Lestari In Situbondo. Of The Three Variables Used In This Study, The Variables Are More Dominant Positive Effect Thatimage Product (X3). In Thisvariable Explains That How The Product Has Value Into The Memory Is A Very Important Role.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/204/051503334
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 May 2015 14:11
Last Modified: 19 Oct 2021 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130188
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tabel_1.pdf]
Preview
Text
Tabel_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item