Fitriani, Saida (2015) Analisis Peramalan Volume Penjualan Dan Strategi Manajerial Pupuk Npk Kebomas (Studi Di Pt. Petrokimia Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dewasa Ini Yang Menjadi Primadona Pupuk Anorganik Adalah Pupuk Npk Majemuk Karena Mengandung Unsur Hara Yang Lengkap Dengan Sekali Pemupukan Baik Di Bidang Pertanian Maupun Perkebunan. Petani Mulai Banyak Beralih Menggunakan Pupuk Npk Majemuk, Melihat Data Dari Asosiasi Produsen Pupuk Indonesia Yang Menunjukkan Bahwa Kebutuhan Pupuk Npk Non Subsidi Yang Memiliki Sasaran Perkebunan Besar, Dan Industri Meningkat Sebesar 10.00% Sejumlah 1.373.349 Ton Dibandingkan Tahun 2013 Dan Perkiraan Peningkatan Kebutuhan Pupuk Npk Nasional Tahun 2015 Adalah 1.510.683 Ton. Pt. Petrokimia Gresik Merupakan Produsen Pupuk Npk Phonska (Subsidi) Dan Npk Kebomas (Non Subsidi) Dan Bertanggung Jawab Untuk Memenuhi 50% Kebutuhan Pupuk Npk Subsidi Nasional Di Indonesia. Sehingga Pt. Petrokimia Gresik Mengutamakan Produksi Dan Pemenuhan Pupuk Subsidi Terlebih Dahulu Dan Selanjutnya Untuk Penjualan Pupuk Npk Kebomas (Non Subsidi). Bila Serapan Pupuk Npk Phonska (Subsidi) Tinggi, Maka Produksi Pupuk Npk Kebomas (Non Subsidi) Akan Rendah Karena Perusahaan Mengutamakan Produksi Npk Phonska (Subsidi) Terlebih Dahulu Dengan Menggunakan Seluruh Total Kapasitas Produksi Pabrik Baik Pabrik Subsidi Maupun Pabrik Non Subsidi, Dan Sebaliknya. Untuk Saat Ini, Kapasitas Produksi Tidak Dapat Dilakukan Perubahan Dan Peningkatan Dikarenakan Perkembangan Pabrik Npk Terakhir Di Tahun 2011 Dan Belum Dilakukan Upaya Perkembangan Pabrik. Stok Pupuk Npk Kebomas (Non Subsidi) Yang Sering Kosong Dan Tidak Sesuai Dengan Target Penjualan, Mengakibatkan Target Penjualan Tidak Dapat Terpenuhi. Hal Ini Bukan Berarti Permintaan Pupuk Npk Kebomas Rendah, Namun Kapasitas Produksi Yang Terbatas Untuk Memenuhi Permintaan Konsumen. Selain Itu, Penetapan Target Penjualan Yang Tidak Sesuai Dengan Perkembangan Penjualan Pupuk Npk Kebomas (Non Subsidi). Terdapat Pola Penjualan Antara Pupuk Npk Subsidi Dan Non Subsidi, Yaitu Apabila Trend Penjualan Pupuk Npk Subsidi Naik, Maka Trend Penjualan Pupuk Npk Kebomas Akan Turun. Pada Permasalahan Tersebut, Dibutuhkan Perencanaan Penjualan. Perencanaan Penjualan Dalam Hal Ini Dapat Dilakukan Dengan Peramalan Penjualan Untuk Beberapa Tahun Kedepan Yang Belum Dilakukan Oleh Pt. Petrokimia Gresik. Peramalan Penjualan Dilakukan Untuk Memprediksi Volume Penjualan Memprediksi Volume Penjualan Yang Lebih Akurat Sehingga Dapat Mengetahui Gambaran Permintaan Di Tahun Mendatang Untuk Membuat Target Penjualan (Rencana Kegiatan Anggaran Perusahaan) Yang Lebih Baik Dan Realistis, Serta Dibutuhkan Strategi Dengan Membuat Model Bisnis Pupuk Npk Kebomas. Tujuan Penelitian Ini Adalah Sebagai Berikut: 1) Untuk Menganalisis Trend Penjualan Pupuk Npk Kebomas Tahun 2010-2014, 2) Untuk Menganalisis Pengaruh Musiman Pupuk Npk Kebomas, 3) Untuk Meramalkan Volume Penjualan Pupuk Npk Kebomas Pt. Petrokimia Gresik, 4) Untuk Membuat Model Bisnis Pupuk Npk Kebomas. Serta Untuk Strategi Dalam Menanggapi Hasil Peramalan, Dilakukan Dengan Membuat Model Bisnis Kanvas Dengan Menganalisis Kesembilan Elemennya. Penelitian Ini Dilakukan Di Pt. Petrokimia Gresik Secara Purposive Dengan Pertimbangan Sebagai Produsen Npk Phonska (Subsidi) Dan Npk Kebomas (Non Subsidi) Dengan Volume Penjualan Yang Tinggi Dan Aktivitas Bisnis Yang Luas. Metode Analisis Peramalan Yang Digunakan Adalah Sebagai Berikut: 1) Analisis Trend Menggunakan Ordinary Least Square, 2) Analisis Musiman Menggunakan Simple Average Method, Dan 3) Metode Box Jenkins (Arima/Sarima). Hasil Penelitian Adalah Sebagai Berikut: 1) Hasil Analisis Trend Volume Penjualan Pupuk Npk Kebomas Menunjukkan Bahwa Trend Volume Penjualan Mengalami Peningkatan Yaitu Sebesar 265 Ton/Periode Atau 265 Ton Dalam Satu Bulan, 2) Hasil Analisis Variasi Musiman Menunjukkan Volume Penjualan Pupuk Npk Kebomas Dipengaruhi Secara Musiman. Nilai Indeks Musiman Tertinggi Terdapat Pada Bulan April Yaitu Sebesar 1,6 Dan Nilai Terendah Pada Bulan Februari Yaitu Sebesar 0.5, 3) Peramalan Volume Penjualan Pupuk Npk Kebomas Yang Paling Signifikan Menggunakan Sarima (1,1,3)(1,1,2)12. Berdasarkan Hasil Peramalan Volume Penjualan Pupuk Npk Kebomas, Volume Penjualan Tertinggi Pada November 2015 Dan November 2016 Sebesar 88.246 Ton Dan 128.241 Ton. Sedangkan Pada Volume Penjualan Pupuk Npk Kebomas Yang Terendah Pada Setiap Tahunnya, Terjadi Pada Bulan Februari 2015 Dan Januari 2016 Berturut-Turut 56.568 Ton Serta 85.057 Ton, 4) Pada Bisnis Model Kanvas Keseluruhan Elemen Perlu Perbaikan,Customer Segment Dengan Membuat Program Kerja Dan Kunjungan Konsumen Untuk Menjalin Hubungan Baik, Value Proposition Dengan Mempertahankan Kualitas Dan Membuat Perencanaan Harga Yang Lebih Kompetitif Serta Riset Produk, Channels Dengan Membuat Program Kerja Kunjungan Perkebunan Pelanggan Terkait Kepuasan Pelanggan Dan Perumusan Strategi Pemasaran, Customer Relationship Dengan Mempertahankan Dan Meningkatkan Komunikasi Via Telepon Menggunakan Konsep Personal Assistance, Key Activities Dengan Meningkatkan Koordinasi Antar Departemen Pos Komando, Membenahi Infrastruktur Distribusi, Dan Tertib Administrasi Dalam Transaksi, Key Resource Dengan Memanajemen Bahan Baku Serta Infrastruktur Untuk Menjaga Kualitas Produk Dengan Departemen Pengadaan Serta Mengelola Sendiri Produksi Bahan Baku Pupuk Npk Kebomas, Key Partners, Perlu Dilakukan Penambahan Jumlah Partner (Trader/Distributor) Dan Perluasan Pasar, Cost Structure, Dengan Mengelola Sendiri Bahan Baku Atau Meminimalisir Biaya Pengadaan Bahan Baku, Dan Pada Elemen Revenue Stream, Diperuntukkan Sebagai Investasi Dan Perbaikan Infrastruktur Produksi; Distribusi; Dan Aktivitas Penjualan.
English Abstract
Nowadays That Are Excellent Inorganic Fertilizer Npk Compound Fertilizer Because It Contains All The Nutrients Needed By All Good Fertilization In Agriculture And Plantations. Farmers Began Much Switched To Using Compound Npk Fertilizer, Look At The Data From The Association Of Indonesian Fertilizer Producers Shows That The Needs Of Non-Subsidies Npk Fertilizer That Has A Large Plantation Targets, And Industry Increased By 10% Amount Of 1.373.349 Tons Compared To The Year 2013 And The Estimated Increase In The Needs Of Npk Nationwide In 2015 Was 1.510.683 Tons. Pt. Petrokimia Gresik Is A Manufacturer Of Npk Phonska (Subsidies) And Npk Kebomas (Non-Subsidies) And Is Responsible For 50% Meet The Needs Of National Npk Fertilizer Subsidies In Indonesia. So Pt. Petrokimia Gresik Priority To Production And Fulfillment Of Fertilizer Subsidies Prior And Subsequent To The Sale Of Npk Kebomas (Non-Subsidies). When The Uptake Of Npk Phonska (Subsidies) High, Then The Production Of Npk Fertilizer Kebomas (Non-Subsidies) Will Be Low Because The Company Prioritizes The Production Of Npk Phonska (Subsidies) In Advance By Using The Total Production Capacity Of The Plant Either Plant Or Factory Subsidies And Non-Subsidies, And Vice Versa. For Now Production Capacity Can Not Be Changed And Improved Due To Recent Developments Npk Plant In 2011 And Has Not Made Efforts To The Development Of The Plant. Stock Npk Kebomas Fertilizer (Non-Subsidies) Are Often Empty And Not In Accordance With The Sales Targets, Leading To Sales Targets Can Not Be Met. This Does Not Mean Low Npk Kebomas Fertilizer Demand, But Limited Production Capacity To Meet Consumer Demand. In Addition, The Determination Of The Sales Target That Is Not In Accordance With The Development Of Npk Kebomas Fertilizer Sales (Non-Subsidies). There Is A Pattern Of Sales Between Npk Fertilizer Subsidies And Non-Subsidies, When The Trend Of Rising Sales Of Npk Fertilizer Subsidy, The Trend Kebomas Npk Fertilizer Sales Will Drop. In These Problems, It Takes Planning Sales. Sales Planning In This Regard Can Be Done By Forecasting Sales For The Next Few Years That Has Not Been Done By Pt. Petrokimia Gresik Sales Forecasting Carried Out To Predict Sales Volume Predicts Sales Volume More Accurately So That It Can Find A Picture Of Demand In The Coming Years To Make Sales Targets (Corporate Budget Work Plan) Better And Realistic, As Well As The Strategies Needed To Create A Business Model Npk Kebomas. The Purpose Of This Study Are As Follows: 1) To Analyze The Trend Of Npk Kebomas Fertilizer Sales 2010-2014, 2) To Analyze The Effect Of Npk Kebomas Fertilizer Seasonal, 3) To Predict Sales Volume Of Npk Kebomas Fertilizer Pt. Petrokimia Gresik, 4) To Create A Business Model Of Npk Kebomas Fertilizer. As Well As To The Strategy In Response To The Results Of Forecasting, Done By Making The Business Model Canvas By Analyzing The Ninth Element. This Research Was Conducted At Pt. Petrokimia Gresik Purposively With Consideration As A Manufacturer Of Npk Phonska (Subsidies) And Npk Kebomas (Non-Subsidies) Fertilizer With A High Sales Volume And Extensive Business Activities. Forecasting Analysis Method Used Is As Follows: 1) Analysis Of The Trend Of Using Ordinary Least Square, 2) Analysis Of Seasonal Use Simple Average Method, And 3) Method Of Box Jenkins (Arima / Sarima). The Results Of The Study Are As Follows: 1) The Results Of The Trend Analysis Of Npk Kebomas Fertilizer Sales Volumes Shows That The Trend In Sales Volume Increase In The Amount Of 265 Tons / Period Or 265 Tons In A Month, 2) Results Of The Analysis Showed Seasonal Variation In Sales Volume Of Npk Kebomas Seasonally Affected. Seasonal Index Value Is Highest In April In The Amount Of 1.6 And The Lowest Value In February That Is Equal To 0.5, 3) Forecasting Sales Volume Of Npk Kebomas Ferrtilizer Most Significant Use Sarima (1,1,3) (1,1,2) 12. Based On The Results Of Forecasting Sales Volume Of Npk Kebomas Forecasting Results In November 2015 And November 2016 Amounted To 88.246 Tonnes And 128.241 Tonnes. While The Sales Volume Of Npk Kebomas The Lowest In A Year, Occurred In February 2015 And January 2016 Respectively 56.568 Tonnes And 85.057 Tonnes, 4) In The Business Model Canvas There Are All Elements Needed To Improved, There Is Customer Segments By Making The Work Program And Visits Customers To Establish A Good Relationship, The Value Proposition To Maintain Quality And Make Planning More Competitive Prices And Research Products, Channels By Making Work Program Related Customer Plantation Visit Customer Satisfaction And Formulation Of Marketing Strategies, Customer Relationship To Maintain And Improve Communication Via Telephone Using The Concept Of Personal Assistance, Key Activities To Improve The Coordination Between The Department Of Command Post, Fix The Distribution Infrastructure, And The Orderly Administration Of The Transaction, The Key Resource With Managing Raw Materials And Infrastructure To Maintain The Quality Of The Product With The Department Of Procurement And Manage Its Own Production Of Npk Kebomas Fertilizer Raw Materials. Key Partners Necessary To Add The Number Of Partners (Traders / Distributors) And The Expansion Of The Market, Cost Structure To Manage Their Own Raw Materials And To Minimize The Cost Of Procurement Of Raw Materials, And The Elements Of Revenue Streams Intended As Investment And Production Infrastructure Improvements; Distribution; And Sales Activities
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2015/200/051503188 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 18 May 2015 07:23 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130184 |
Preview |
Text
COVER_FULL_SAIDA_FITRIANI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI_SAIDA_FITRIANI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I_-_BAB_IV_SAIDA_FITRIANI.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V_SAIDA_FITRIANI.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |