Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Sayuran Pak Choy Organik ( Studi Kasus di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Malang)

Asdyanasari, Fika (2014) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Sayuran Pak Choy Organik ( Studi Kasus di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sayuran Pak Choy organik merupakan salah satu sayuran yang dibubidayakan oleh para petani sayuran organik. Sayuran Pak Choy organik memiliki banyak manfaat bagi yang mengkonsumsi sayuran tersebut yaitu mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan mata, membantu proses pembekuan darah, mencegah kanker, dan kesehatan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk menganalisis atribut-atribut produk yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pembelian sayuran Pak Choy organik, 2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran Pak Choy organik. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Malang. Penentuan lokasi berdasarkan teknik purposive sampling yakni di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Malang. Alasan pemilihan lokasi tersebut karena Kelurahan Pandanwangi merupakan tempat berdirinya Green House Sayur Sehat. Adapun atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian sayuran Pak Choy organik berdasarkan rumus Cochran Q tes antara lain Harga, Rasa, Jenis, Kesegaran, Keutuhan, Pengemasan, Warna, Label organik, Kebersihan, dan Kandungan vitamin. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran Pak Choy organik yakni faktor pertama atau faktor atribut produk, pendidikan, jumlah anggota keluarga terdiri dari atribut dan harga, pengemasan, pendidikan, dan jumlah anggota dengan nilai loading berturut-turut sebesar 0,656, 0,754, 0,861, 0,789. Faktor kedua atau faktor label organik dan ekonomi terdiri dari atribut label organik dan pendapatan keluarga yakni dengan nilai loading 0,714, dan 0,695. Pada hasil analisis di atas didapatkan bahwa faktor kemasan produk, kelas sosial, dan lingkungan budaya adalah faktor yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran Pak Choy organik dengan nilai eigen yang paling tinggi yakni sebesar 2,904 dan persentase varian sebesar 48,402%. Jadi sebagian besar masyarakat kelurahan Pandanwangi, kecamatan Blimbing, Malang sangat mempertimbangkan harga dan pengemasan dari sayuran Pak Choy Organik. Harga dari sayuran Pak Choy organik masih dianggap terjangkau daripada produk sayuran organik yang lain. Dengan harga yang dianggap terjangkau, maka konsumen lebih memilih untuk membeli sayuran Pak Choy organik di Green House Sayur Sehat. Dengan pengemasan yang digunakan oleh sayuran Pak Choy organik yang cukup menarik, sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli sayuran Pak Choy organik. Jumlah anggota keluarga tiap-tiap konsumen juga mempengaruhi pembelian sayuran Pak Choy organik. Konsumen yang jumlah anggota keluarga yang lebih dari 2, maka cenderung lebih suka membeli sayuran Pak Choy organik dengan jumlah yang besar. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Masa simpan dan bentuk produk yang kurang diperhatikan oleh konsumen sayuran Pak Choy organik, perlu diperhatian oleh produsen sayuran Pak Choy organik. Dikarenakan tidak menggunakan pestisida kimia, maka konsumen kurang memperhatikan masa simpan dan bentuk dari sayuran Pak Choy organik. Hal ini yang perlu diperhatikan oleh produsen sayuran Pak Choy organik, agar dapat meningkatkan pembelian sayuran Pak Choy organik. (2) Lebih meningkatkan kebersihan produk sayuran Pak Choy organik, karena kebersihan dalam sayuran Pak Choy organik merupakan salah satu atribut yang mempengaruhi tingkat pembelian sayuran Pak Choy organic, (3) Tetap mempertahankan kemasan produk sayuran Pak Choy organik, karena kemasan sayuran Pak Choy organik yang menarik konsumen menjadi tertarik untuk membeli sayuran Pak Choy organik

English Abstract

Pak Choy vegetable organic vegetables is one dibubidayakan by organic vegetable growers . Pak Choy vegetable organic has many benefits for those who consume vegetables that prevent osteoporosis , maintain eye health , help the blood clotting process , preventing cancer , and skin health . This study aims to : 1) to analyze product attributes which are considered by consumers in the purchase of organic vegetables Pak Choy , 2) To analyze the factors which influence consumers purchasing organic vegetables Pak Choy. This research was conducted in the Village Pandanwangi , Blimbing district , Malang . Determination of the location based on a purposive sampling technique that is in the Village Pandanwangi , Blimbing district , Malang . The reason is because the site selection Pandanwangi Village is home to the Green House Seed Health . As for the attributes that consumers consider the purchase of " Ken tea" formula based Cochran Q test , among others, Price , Taste , Type , Freshness , Wholeness , Packaging , Color , Label Organic , Health and Vitamins . Factors that influence consumer purchasing organic vegetables Pak Choy the first factor or factors product attributes , education , number of family members composed of attributes and price , packaging , education , and the number of members with successive loading value of 0.656 , 0.754 , 0.861 , 0.789 . The second factor or organic labels and economic factors consisted of the organic label and the attributes of the family income with a loading value 0.714 , and 0.695 . In the above analysis results showed that the factors of product packaging , social class , and cultural environment is the most dominant factor affecting consumers in the purchase of organic vegetables Pak Choy with the highest eigenvalues which is equal to 2,904 and the percentage of variance of 48.402 % . So most people Pandanwangi village , subdistrict Blimbing , Malang strongly considering the price and packaging of vegetables Organic Pak Choy . Pak Choy the price of organic vegetables are still considered affordable than other organic vegetable products . With a price considered affordable , the consumers prefer to buy organic vegetables Pak Choy in Green House Seed Health . With the packaging used by Pak Choy organic vegetables are quite interesting , thus making consumers interested in buying organic vegetables Pak Choy . The number of members of each family also affect consumer purchases of organic vegetables Pak Choy . Consumers are number of family members are more than 2 , then tend to prefer to buy organic vegetables Pak Choy with large amounts . Suggestions can be submitted in this study were (1) The shelf life and product forms that are less noticed by consumers Pak Choy organic vegetables, should be concerned by Mr. Choy organic vegetable producers. As there is no use of chemical pesticides, so consumers pay less attention to the shelf life and forms of organic vegetables Pak Choy. It is to be noted by Mr. Choy organic vegetable producers, in order to increase the purchase organic vegetables Pak Choy. (2) Further enhance hygiene Pak Choy vegetable organic products, because of hygiene in Pak Choy organic vegetables is one of the attributes that affect the level of Pak Choy purchase organic vegetables, (3) Still maintaining product packaging organic vegetables Pak Choy, Pak Choy vegetable packaging for organic which attract consumers become interested in buying organic vegetables Pak Choy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/98/051402494
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Apr 2014 14:43
Last Modified: 19 Oct 2021 04:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130066
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item