Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Pada Iga Bakar Mas Giri Di Malang

Setyowati, Elisa Budi (2014) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Pada Iga Bakar Mas Giri Di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin banyaknya usaha yang menjual makanan olahan berbahan dasar iga mampu menimbulkan persaingan yang cukup ketat antar perusahaan, salah satunya yakni Iga Bakar Mas Giri yang mana diperlukan strategi penjualan yang baik agar produknya tetap terjaga kualitasnya dan mampu mempertahankan pelanggan untuk setia terhadap produk tersebut. Strategi yang digunakan yakni dengan cara evaluasi kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada konsumen sehingga konsumen mampu merasakan kepuasan dan ingin kembali serta mampu menceritakan produk yang ditawarkan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kepuasan konsumen dalam pembelian produk dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Iga Bakar Mas Giri di Malang. Pengambilan data dilakukan di rumah makan Iga Bakar Mas Giri yang terletak di Jl. Jakarta No. 16 Malang mulai Januari sampai dengan Februari 2014. Metode penelitian yang digunakan survey serta pengambilan data menggunakan kuisioner yang telah dibuat. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, dengan jumlah sampel 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapat melalui kuisioner yang diberikan kepada pelanggan Iga Bakar Mas Giri sebagai responden, dapat diketahui karakteristik responden meliputi jenis kelamin yang tertinggi yakni perempuan dengan persentase 51 %, usia yang tertinggi yakni 20 – 40 tahun dengan persentase 78 % , pendidikan terakhir yang tertinggi yakni perguruan tinggi dengan persentase 49 % dan pekerjaan yang tertinggi yakni pelajar/mahasiswa dengan persentase 51 %. Hasil analisis data statistik, pada uji validitas menunjukkan bahwa dari 15 item pertanyaan valid reliabel. Hasil analisis faktor terbentuk 3 faktor baru yaitu, “persepsi konsumen terhadap pelayanan”, “persepsi konsumen terhadap kepedulian produsen” dan “persepsi konsumen terhadap pemberian jaminan” dengan. Hasil dari pengujian analisis regresi berganda menunjukkan terdapat 3 hasil faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. “Persepsi konsumen terhadap pelayanan” memberikan pengaruh yang sangat signifikan, sedangkan untuk “persepsi konsumen terhadap kepedulian produsen” dan “persepsi konsumen terhadap pemberian jaminan” berpengaruh signifikan. Kesimpulan dari hasil penelitian diperoleh bahwa konsumen menilai setuju bahwa kepuasan konsumen dapat ditunjukkan dengan persepsi emotional factor yakni rekomendasi kepada orang lain, biaya dan kemudahan untuk dapat mengakses lokasi rumah makan, kualitas produk terhadap cita rasa dan kelezatan, kualitas pelayanan yang mampu melampaui harapan konsumen dan harga yang ditawarkan oleh rumah makan. Kualitas pelayanan yang terdiri dari “persepsi konsumen terhadap pelayanan”, “persepsi konsumen terhadap kepedulian produsen” dan “persepsi konsumen terhadap pemberian jaminan” berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada Iga Bakar Mas Giri di Malang. Saran yang perlu diberikan terkait pihak rumah makan yakni pelayanan dalam hal daya tanggap pembersihan meja makan yang telah ditinggalkan konsumen harus cekatan karena sangat mempengaruhi penilaian konsumen yang baru datang dan melihat terhadap kepuasan konsumen dan mempertahankan kualitas produk dan cita rasa yang juga dapat mempertahankan kepuasan konsumen.

English Abstract

Research was conducted at the “Iga Bakar Mas Giri” restaurant in Malang, located in the Jl. Jakarta No. 16 Malang. The purpose of this research was to determine consumer satisfaction in the purchase of products and determine the effect of service quality on their satisfaction at “Iga Bakar Mas Giri” restaurant. The study were supported by the survey and data collection using a quesionnaire that had been made. 100 consumers were obtained by accidental sampling method. Data were collected was started from January until February, 2014. Primary data were obtained survey method using structured quesionnaire, whereas secondary data gathered from the restaurant and the other related sources. Factor analysis and regression analysis were applied to analyse the data. The result showed that consumer satisfaction toward purchasing grilled ribs was represented by the perception of consumers in emotional factors in recommending to others, the cost and the ease of being able access to the location of restaurants, quality products to taste and delicacy, the exceed consumer’s expectations in regard to quality service and price offered by restaurant. “Consumer perception of service”, “consumer perception toward the care of producer” and “consumer perception in having warranties” can increased consumer satisfaction in buying grilled ribs at “Iga Bakar Mas Giri” restaurant in Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/97/051403544
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 01 Jul 2014 10:29
Last Modified: 09 Nov 2021 10:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130065
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf]
Preview
Text
BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item