Analisis Pemasaran Telur Ayam Di Desa Bululawang Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur (Studi Kasus Pada Peternakan Ayam Petelur “UD Jaya Farm”)

Anggara, Harry (2014) Analisis Pemasaran Telur Ayam Di Desa Bululawang Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur (Studi Kasus Pada Peternakan Ayam Petelur “UD Jaya Farm”). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu tujuan dalam pembangunan sektor pertanian adalah terpenuhi kebutuhan pangan penduduk. Swasembada pangan harus dimantapkan dalam arti luas tidak hanya terbatas pada beras akan tetapi mencakup kebutuhan pangan rakyat secara total termasuk hasil ternak yang merupakan sumber karbohidrat, protein, dan lemak. Kondisi ini akan mendorong terciptanya sistem pangan yang berkelanjutan. Kebijakan pemerintah terhadap sub sektor peternakan untuk meningkatkan populasi dan produksi ternak baik berupa daging, susu maupun telur serta pendistribusinya tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan peternak dan pedagang yang terlibat di dalamnya. Keberhasilan usaha peternakan unggas salah satunya ditentukan oleh pemasaran. Banyak faktor yang berperan dalam pemasaran hasil peternakan khususnya telur ayam. Faktor-faktor tersebut diantaranya produksi dan konsumsi, fasilitas fisik diantaranya mengenai alat transportasi yang digunakan, pola saluran pemasaran, permodalan, penentuan harga dan margin. Pola konsumsi masyarakat diantaranya dipengaruhi oleh tingkat penghasilan, dan harga telur ayam. Produk yang dihasilkan dalam suatu usaha peternakan tentunya tidak hanya digunakan sendiri, apalagi jika dalam jumlah besar tetapi juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan permintaan konsumen (pasar), oleh karena itu dibutuhkan suatu lembaga pemasaran atau tataniaga yang merupakan pihak yang dapat membantu peternak memasarkan produk usahanya sampai ke tangan konsumen. Jarak antara lokasi peternakan ke tempat penjualan atau konsumen sangat berpengaruh. Semakin jauh jaraknya, harganya semakin mahal sesampainya di konsumen. Pernyataan tersebut disebabkan adanya biaya tambahan untuk transportasi. Untuk usaha peternakan harus dapat melihat yang paling banyak diperlukan oleh konsumen atau juga besarnya peluang mengusahakan salah satu usaha ternak ayam agar harga jual dapat dipertahankan dan menguntungkan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/93/051403468
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 01 Jul 2014 10:43
Last Modified: 09 Nov 2021 09:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130057
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item