Analisis Sistem Pemasaran Ikan Hias Mas Koki (Carassius Auratus) Dengan Metode Scp (Structure, Conduct, Performance) Di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Nugroho, Gifari Iman (2018) Analisis Sistem Pemasaran Ikan Hias Mas Koki (Carassius Auratus) Dengan Metode Scp (Structure, Conduct, Performance) Di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara langsung, mendapat gambaran secara jelas dan Iengkap tentang Analisis Sistem Pemasaran Wan Hias Mas Koki (Carassius auratus) Den -an Metode SCP di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Sedangkan tujuan dari usulan skripsi ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana struktur pasar ikan hias mas koki, perilaku pasar ikan hias mas koki, dan bagaimana penampilan pasar ikan hias mas koki di Kabupaten Tulungagung. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan Skripsi ini adalah dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, kuisoner dan dokumentasi yang sating berhubungan dan mendukung dalam melengkapi data yang diperlukan. Pengambilan data mulai dari sistem dan kinerja pemasaran sampai dengan kepuasan dan loyalitas konsumen ikan hias mas koki. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan metode pendekatan SCP (Structure-Conduct-Performance). Dari hasil penelitian ini saran dapat diberikan adaiah lembaga pemasaran meliputi pembudidaya, pedagang pengepul dan pedagang ecerar Aki larapkan dapat memperbaiki struktur, perilaku dan penampilan pasar ikan koki an berada di Kabupaten Tulungagung, dengan cara meningkatkan kemampuan pengetahuan pemasaran, orientasi kewirausahaan serta ampuan dalam pemasaran untuk rn•ningkatkan jumlah penjualan, pelanggan, dan keuntungan. Hambatan dalam masuk maupun keluar dari pasar dapat ditangani dengan cara: 1) bagi pelaku usaha baru untuk meningkatkan engetahuannya tentang kualitas dan informasi seputar ikan Mas Koki, agar tidak alah bersaing dengan pelaku usaha Mas Koki lainnya, 2) bagi pelaku usaha lama agar tidak terialu bergantung kepada usaha ikan Mas Koki dan memiliki mata pencaharian yang dapat mengimbangi semua pemasukan dan pengeluaran den usaha ikan Mas Koki, sehingga tidak ada sikap keengganan untuk keluar dari usaha ikan Mas Koki jika diperiukan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu menyempurnakan dan melakukan penelitian dengan responden yang lebih banyak. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan, Sistem pemasaran ikan Mas Koki (Carassius auratus) di Kabupaten Tulungagung pada struktur pasar berdasarkan jumlah penjual dan pembeli terrnasuk pasar yang tidak kompetitif, pangsa pasar yang terbentuk yaitu oligopoli ketat, derajat konsentrasi pembeli dari suatu wilayah pasar menurut perhitungan Indeks Hirscman Herindal (11-11-1) bersifat oligopoli, posisi tawar pedagang dilihat Bari nilai CR4 bersifat oligopoli sangat ketat, terdapat deferensiasi produk, terdapat hambatan keluar masuk dan informasi pasar merata. Pada perilaku pasar penentuan harga dilakukan dengan cara tawar menawar, terdapat promosi, dan terdapat taktik dan kolusi (kesepakatanikeria sama) antara pembudidaya, pedagang pengepul dan pedagang eceran. Pada penampilan pasar dilihat dari margin pemasaran untuk semua jenis ikan meliputi ikan Mas Koki jenis Oranda, dan Demekin yang memiliki nilai margin paling efisien adalah pada pedagang pengepul, nilai farmer share saluran pertama tidak diperoleh, saluran kedua nilai farmer share tertinggi pada ikan Mas Koki jenis Oranda dan terendah pada jenis Demekin, saluran ketiga nilai farmer share tertinggi pada ikan Mas Koki jenis Oranda dan terendah pada jenis Demekin. Dilihat dad efisiensi pemasaran lembaga pemasaran yang paling tepat biayanya adalah pedagang pengecer dan lembaga pemasaran yang paling tidak tepat biayanya adalah pedagang pengepul

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/596/051806381
Uncontrolled Keywords: Sistem Pemasaran, Ikan Hias
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 Nov 2018 07:12
Last Modified: 17 Apr 2020 17:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13003
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item