Fariana, Azmi (2014) Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Buah Naga (Studi Kasus Pada Ramayana, Pasar Jajag Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia merupakan Negara agrarais yangberiklim tropis sehingga berbagai macam tanaman, buah, sayuran dan tanaman konsumsi lainnya dapat tumbuh di Indonesia. Semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk maka, kebutuhan pangan masyarakat semakin hari juga semakin meningkat. Peningkatan masyarakat akan kesadaran gizi yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan karena buah merupakan sumber vitamin yang memilki banyak manfaat untuk kesehatan dan kesegaran bagi tubuh. Sejak tahun 2000an ada buah impor baru yang mulai masuk di berbagai kota-kota besar yang ada di Indonesia yaitu buah naga. Tanaman dengan buahnya yang berwarna merah bersisik hijau ini memiliki peluang yang besar untuk disebarluaskan karena buah naga ini memilki khasiat banyak khasiat atau manfaat yang terkandung di dalam buah naga tersebut. Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang memiliki dukungan kekayaan sumber daya alam melimpah serta permintaan pasar yang tinggi akan buah naga. Buah naga yang ditawarkan oleh pemasar berbeda antara pasar tradisonal dengan pasar swalayan yang ada di banyuwangi. Pasar tradisional dan pasar swalayan mempunyai suatu prestise dan kenyamanan agar dapat menciptakan kepuasan tersendiri untuk masyarakat pada saat melakukan pembelian buah naga. Utnuk lebih meningkatkan penjualan buah naga pedagang harus menjaga hubungan baik dengan konsumen serta pemasar harus memilki strategi dan konsep yang kuat untuk mempengaruhi reaksi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian buah naga dan memganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian buah naga. Metode dasar dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penentuan lokasi dilakukan dilakukan secara sengaja (purposive). Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non probability sampling seecara accidental sampling yaitu penentuan sampel dilakukan dengan mengambil responden secara kebetulan bertemu atau tidak sengaja akan dijadikan sampel apabila orang tersebut yang ditemui cocok sebagai sumber data (Notoatmodjo, 2005). Jumlah sampel yang digunakan adalah 40 orang berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus linier time function. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas (independen) yaitu kualitas dan harga terhadap variabel terikat (dependen) yaitu kepuasan konsumen. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kontribusi variabel kualitas bernilai positif sebesar 18,9% dan kontribusi harga sebesar 61,0%. Dalam membeli buah naga konsumen mempertimbangkan variabel paling dominan yang mempengaruhi kepuasan konsume, untuk dimensi kualitas yaitu kinerja, ciri-ciri, daya tahan produk, dan daya tarik. Sedangakan dimensi dari harga yaitu persaingan harga, kesesuaian harga dengan kualitas, strategi harga dan kesesuaian harga dengan manfaat. Saran yang dapat diberikan terkait dengan pengaruh kualitas dan harga terhadap kepuasan konsumen buaha naga adalah sebaiknya pihak petani Ramayana dan pedagang buag naga di pasar Jajag harus mempertahankan kualitas dan harga yang sudah diterapakan. Melakukan perbaikan secara berkelanjutan dari segi kualitas yaitu tingkat ukuran buah, daya tahan serta melakukan berbagai bentuk promosi sehingga konsumen lebih mengenal buah naga yang dijual di Ramayana dan Pasar Jajag.
English Abstract
Indonesia is an agriculture country which has tropical climate, so it has many kinds of plants, fruits, and vegetables that can grow in Indonesia. The increasing of population, it is also increase the food needs for community every day. The increasing of society awareness about nutrition is because of the advantage from fruit’s vitamin which have many benefits. Since 2000s, there are imported fruit was distributed to a big city in Indonesia, people called it dragon fruit. This fruit has red colour with green scaly and it has a big opportunity to disseminated because of its benefits. Banyuwangi is a region which has a big natural resources and its demand of dragon furit is high. Dragon fruit which was supplied by marketer is different between traditional market and supermarket in Banyuwangi. Traditional market and supermarket have a high prestige and comfortable so that people feel satisfy when they buy things in there. To increase sales of dragon fruit, marketer should keep a good relationship with consumer, and also has a strong strategy and concept to affect consumer’s reaction. This research has purpose to analyze the influence of quality towards consumer’s satisfaction in buying dragon fruit and analyze the influence of product’s price towards consumer’s satisfaction. The basic method in this research use descriptive method. Location determination was used by purposive. Sampling method use non probability sampling with accidental sampling, this method was used with choosing respondent who meet with researcher and fit with the criteria (Notoatmodjo, 2005). The amounts of sampling is 40 respondent with the linier time function. The kind of data use primary and secondary data which technique are observation, interview, and documentation. Analyze data method use multiple regression. Multiple regression was used to knowing how much the influence of independent variables such as quality and price against dependent variable such as consumer’s satisfaction. The result of multiple regression show that the contribution of quality variable is positive 18,9% and the price contribution is 61,0%. In buying dragon fruit considering the most dominant variable which affect consumer’s satisfaction, for quality dimention consists of characteristic, product durability, and the attraction. While the price dimention consists of price competition, the conformity between price and quality, price strategy, and the conformity between price and benefits. The suggestion related to the influence of quality and price towards consumer’s satisfaction of dragon fruit, it is better the farmer of dragon fruit especially farmer group of Naga Jaya should keep the quality and price which was applied. Do the continual improvement in quality aspect of Naga Jaya’s farmer group and it should give attention about fruit’s size, resistency, and do various promotion so that consumer know more about dragon fruit which produced by sold in the Ramayana and Market Jajag.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2014/408/051407634 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 11 Nov 2014 09:38 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 11:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129886 |
Preview |
Text
SKRIPSI.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |