Analisis Kualitas Pelayanan Perusahaan Benih Jagung Bersertifikat Terhadap Kepuasan Petani (Kasus pada Petani Jagung di Kelurahan Tamanan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri).

Hardiana, SiskaDewi (2014) Analisis Kualitas Pelayanan Perusahaan Benih Jagung Bersertifikat Terhadap Kepuasan Petani (Kasus pada Petani Jagung di Kelurahan Tamanan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tumbuhnya persaingan antar perusahaan yang semakin ketat dan tajam sehingga setiap perusahaan dituntut untuk mempertinggi daya saing dengan berusaha memberikan kepuasan kepada semua pelanggannya. Untuk itu harus dilakukan upaya apa sajakah yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan tersebut. Dan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mengetahui apa yang pelanggan butuhkan untuk memenuhi kepuasan mereka terhadap pelayanan yang berikan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis kualitas pelayanan perusahaan benih jagung bersertifikat. 2) Menganalisis kepuasan petani terhadap kualitas pelayanan perusahan benih jagung bersertifikat. Penarikan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Jumlah responden adalah 39 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur (kuesioner) kepada pelanggan petani yang menggunakan benih jagung bersertifikat. Metode analisis yang digunakan dalam pengolahan data adalah Importance Performance Analysisdan Customer Satisfaction Index. Berdasarkan hasil analisis Importance Performance Analysis penilaian terhadap 15 atribut penentu kepuasan petani ke dalam empat kuadran yang terdiri dari : (1) Prioritas Utama yaitu kecepatan karyawan dalam melayani petani, bertanggung jawaban tentang masalah yang dihadapi petani, memberikan informasi kepada petani, memberikan pelayanan tepat waktu, kesediaan karyawan membantu petani, kesiapan karyawan dalam menanggapi respon permintaan petani, keramahan karyawan dalam melayani petani, keamanan petani dalam menggunakan produk atau jasa pelayanan dari perusahaan, karyawan memiliki pengetahuan yang luas, perhatian karyawan yang diberikan kepada petani dan kemampuan karyawan dalam berkomunikasi dengan para petani. (2) Pertahankan Prestasi yaitu tidak ada. (3) Prioritas Rendah yaitu tidak ada. (4) Berlebihan yaitu bentuk kemasan, ketersediaan benih saat dibutuhkan dan kebersihaan, kerapiaan karyawan saat memberikan pelayanan dan kondisi benih jagung. Hasil perhitungan Customer Satisfaction Index untuk atribut kualitas pelayanan sebesar 63,23 persen atau 0,63. Hasil Customer Satisfaction Index tersebut berada pada rentang skala 0,51 - 0,65. Hal ini menunjukkan konsumen benih jagung bersertifikat merasa “Cukup Puas” dengan kualitas pelayanan perusahaan benih jagung bersertifikat.

English Abstract

The growing competition among companies is getting tougher and sharper so that each company is required to enhance competitiveness by seeking to give satisfaction to all its customers. For it to do what efforts are affecting the level of customer satisfaction. And is a very important thing to know what customers need to meet their satisfaction with the services provided. The purpose of this study was 1) To analyze service quality certified maize seed companies. 2) Analyze the satisfaction of farmers to service quality certified maize seed company. Sampling is done by simple random sampling. The number of respondents is 39 people. Method of data collection with a structured interview (questionnaire) to customers corn farmers use certified seeds. The methodof analysis used in the data processing is Importance Performance Analysis and Customer Satisfaction Index. Based on the analysisof Importance Performance Analysis 15 assessing the determinants of farmer satisfaction attributes into four quadrants consist of: (1) Priority is the speed of the employees in serving farmers, responsible answer about the problems faced by farmers, providing information to farmers, provide timely service, willingness of employees to help farmers, the readiness of employees in response to farmer demand response, friendliness of employees in serving farmers, farmers security in using the products or services of the company, employees have extensive knowledge, attention is given to farmers employees and employees ability o communicate with farmers. (2) Maintain Achievementie no. (3) Low Priorityie no. (4) Excessive packaging is shape, seed availability when needed and clean, neat employees when providing care and condition of seed corn. The results ofthe calculations for the Customer Satisfaction Index service quality attributes of 63.23percent or 0.63. The results of the Customer Satisfaction Index scale is in the range from 0.51 to 0.65. This shows the consumer of certified maize seed was "Quite Satisfied" with the quality of service of certified maize seed companies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/380/051407388
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 Oct 2014 10:09
Last Modified: 20 Oct 2021 08:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129856
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1-SELESAI__fix_.pdf]
Preview
Text
BAB_1-SELESAI__fix_.pdf

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kerangka_Pemikiran__fix_.pdf]
Preview
Text
Kerangka_Pemikiran__fix_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of definisi_operasional__fix_.pdf]
Preview
Text
definisi_operasional__fix_.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item