Upaya Pengembangan Pasar Home Industry Es Krim Kulit Pisang ESKULPI.

Januraga, Ichwal (2014) Upaya Pengembangan Pasar Home Industry Es Krim Kulit Pisang ESKULPI. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan pasar merupakan suatu kegiatan untuk mencapai keberhasilan suatu perusahaan dalam menghasilkan peningkatan konsumen sehingga mampu meluaskan pangsa pasar. Apabila upaya pengembangan pasar tersebut berjalan dengan tepat dan baik, maka akan mampu memberikan hasil positif dalam meningkatkan pangsa pasar, atau malah sebaliknya apabila upaya tersebut tidak berjalan dengan tepat dan baik, maka akan memberikan kerugian untuk pelaksanaan pengembangan pangsa pasar guna mengarungi persaingan pasar yang sangat ketat. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan kapasitas produksi es krim kulit pisang ESKULPI, (2) mengupayakan pengembangan pasarnya dan menganalisis kendala yang dihadapi, (3) serta mencari solusi dalam upaya pengembangan pasar es krim ESKULPI. Penelitian yang dilakukan merupakan suatu action research yang menggunakan suatu penyelidikan atau penelitian dalam konteks usaha yang berfokus pada upaya pengembangan usaha es krim kulit pisang ESKULPI dengan berdasarkan work plan yang telah disusun oleh peneliti dan dilakukan secara purposive di mana metode pengumpulan data menggunakan teknik diskusi, observasi dan dokumentasi, serta metode analisis data berupa deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di home industry ESKULPI Malang. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2013 – 31 Maret 2014. Kegiatan utama yang dilakukan adalah tentang bagaimana upaya pengembangan pasar yang dilakukan untuk meningkatkan volume penjualan dan pangsa pasar ESKULPI. Hasil yang diperoleh dari kegiatan skripsi ini adalah bisa mengetahui tentang upaya yang dilakukan untuk mengembangkan pasar ESKULPI yakni dengan tahap yang diawali dengan melakukan pembelian bahan dan alat untuk kegiatan promosi dan penjualan, kemudian melakukan pembukaan cabang di wilayah lain, melakukan kerjasama dengan pengusaha lain, dan mendapatkan reseller untuk wilayah Jawa Timur, serta menambahkan variasi produk, dan juga melakukan pendaftaran Merk kepada Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual, serta bisa mengetahui perencananaan kapasitas yang diterapkan sebagai acuan untuk pengembilan keputusan home industry ESKULPI di masa depan. Hal lain yang diperoleh adalah home industry ESKULPI mengalami peningkatan volume penjualan sebesar 546,6 persen perbulan setelah dilakukan pengembangan pasar, yang diperoleh melalui perhitungan total volume penjualan sebelum pengembangan pasar sebesar 3494 cup dibagi selama 19 bulan (Mei 2012 hingga November 2013), maka menghasilkan rata-rata volume penjualan sebesar 237 perbulan, yang kemudian dibandingkan dengan rata-rata total volume penjualan setelah pengembangan pasar yang mencapai 1576 cup perbulannya. Selain itu, jangkauan wilayah pemasaran ESKULPI kini mencapai beberapa wilayah dengan strategi pemasaran yang berbeda, yakni wilayah Ponorogo, Ngawi dan Madiun. Sedangkan untuk penerimaan penjualan es krim ESKULPI juga mengalami peningkatan yang signifikan, dari yang awalnya hanya memperoleh rata-rata penerimaan perbulan sebesar Rp. 711.000, namun setelah adanya upaya pengembangan pasar kini meningkat menjadi Rp. 8.983.000 perbulan dengan keuntungan bersih yang diperoleh melalui penerimaan dikurangi biaya operasional selama 1 (satu) bulan sebesar Rp. 4.098.140 per bulan. Saran yang dapat diberikan untuk home industry ESKULPI adalah upayaupaya untuk mengembangkan pasar es krim ESKULPI, harus terus dilaksanakan, tidak cukup hanya sampai penelitian ini. Karena pangsa pasar es krim masih sangat luas yang bisa dioptimalkan oleh Home Industry ESKULPI.

English Abstract

Market development is an activity to achieve a companys success in generating an increase in consumers so as to expand market share . Wherein when the market development efforts with precise and well run, it will be able to deliver positive results in increasing market share, or even vice versa if these efforts do not run properly and well, it will provide for the implementation of the development of loss of market share to wade through market competition very tight . The purpose of this paper is to describe the planning of production capacity ice cream banana peel ESKULPI , pursue its market development and analyze the obstacles encountered and to find a solution in the ice cream market development efforts ESKULPI . Research conducted an action research that uses an inquiry or research in the context of a business that focuses on business development efforts ice cream with banana peels ESKULPI based work plan that has been developed by researchers and done intentionally (purposive) where the method of collecting data using interviewing techniques, observation and documentation, as well as methods of data analysis in the form of qualitative descriptive . This study are implemented right at home industry ESKULPI Malang. Research activities conducted on December 15, 2013 - March 31, 2014. Principal activities are carried out is about how the market development efforts are being made to increase sales volume and market share ESKULPI . The results obtained from this research activity is to know about the efforts made to develop the market ESKULPI the stage that begins with purchasing materials and tools for the promotion and sales, then opening branches in other areas, to cooperate with other entrepreneurs, and get resellers for East Java, as well as add a variety of products, and also to register the Brand Protection of Intellectual Property Rights, as well as capacity planning can determine which is applied as a reference for decision making ESKULPI home industry in the future.. In addition, the home industry ESKULPI sales volume increased by 546.6 percent per month after the development of the market, which is obtained by calculating the total volume of sales before the development of the market for 3494 cup divided over 19 months (May 2012 to November 2013), the average yield average sales volume increased 237/month, which is then compared with the average of the total sales volume after the development of the market reach cup 1576 / month. In addition, the coverage area of marketing ESKULPI now reach some areas with different marketing strategies, the region of Ponorogo, and Madiun Ngawi. As for the ice cream ESKULPI sales receipts also increased significantly, from initially only received average monthly receipts of Rp. 711 000, but after the introduction of market development effort has now increased to Rp. 8.983 million per month with a net profit obtained through revenue minus operating costs for 1 (one) month of Rp. 4.09814 million/ month. Advice can be given to the home industry is ESKULPI efforts to develop the ice cream market ESKULPI, emotion continues to be implemented, it is not enough just to study. Because the market is still very widespread ice cream that can be optimized by the Home Industry ESKULPI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/204/051404738
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Aug 2014 14:54
Last Modified: 20 Oct 2021 05:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129660
[thumbnail of Full_Teks.pdf]
Preview
Text
Full_Teks.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item