Alfianti, Reisha (2014) Analisis Sikap dan Preferensi Konsumen Terhadap Kopi Putih Instan Dengan Model Poin Ideal (Studi Kasus di Kelurahan Ketawanggede, Kota Malang, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu komoditas potensial hasil perkebunan yang berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia adalah kopi. Kopi menjadi komoditas yang potensial untuk dikembangkan karena terjadi peningkatan kebutuhan terhadap kopi. Kebutuhan dan konsumsi kopi yang meningkat setiap tahunnya mendorong produsen kopi untuk menghasilkan produk sesuai dengan keinginan masyarakat, salah satunya adalah produk kopi instan. Produk kopi instan yang sedang berkembang di Indonesia diantaranya produk kopi hitam dan putih instan. Produk kopi putih instan terbilang produk baru di Indonesia dibanding produk kopi hitam instan. Perusahaan yang mengolah kopi putih instan pertama kali di Indonesia sekaligus sebagai pelopor produk kopi putih pertama yaitu PT. Javaprima Abadi dengan merek “Luwak White Koffie”. Kemudian diikuti oleh perusahaan lain seperti PT. Torabika Eka Semesta dengan merek “Kopiko White Coffee”, serta “Kapal Api Grande White Coffee dan ABC White Coffee” oleh PT. Santos Jaya Abadi, dan PT. Harum Alam Segar dengan merek “TOP White Coffee”. Kota Malang merupakan kota yang tinggi akan peminat kopi dengan konsumsi 0,55 kg per keluarga setap bulannya (BPS Kota Malang, 2014), memiliki jumlah penduduk yang besar dan beragam serta terdapat berbagai merek kopi putih instan yang telah banyak beredar, sehingga sesuai sebagai referensi untuk mengetahui dan memahami informasi atau pengetahuan konsumen mengenai kopi putih instan. Salah satu cara mengetahui informasi konsumen adalah dengan cara mengetahui sikap dan preferensi konsumen terhadap kopi putih instan. Informasi yang benar dan akurat mengenai sikap dan preferensi konsumen kopi putih instan diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan umumnya bagi produsen kopi dan khususnya produsen kopi putih instan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Menganalisis sikap konsumen terhadap produk kopi putih instan di Kota Malang. 2). Menganalisis preferensi konsumen terhadap produk kopi putih instan di Kota Malang. 3). Menganalisis hubungan sikap dan preferensi konsumen terhadap produk kopi putih instan di Kota Malang. Sedangkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1). Diduga bahwa kopi putih instan merek Luwak White Koffie adalah merek kopi putih instan yang paling disukai konsumen. 2). Diduga bahwa sikap konsumen terhadap kopi putih instan mempengaruhi preferensi konsumen dengan korelasi positif. 15 Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) di Kelurahan Ketawanggede, Kota Malang. Metode penentuan responden adalah accidental sampling dengan jumlah sampel berdasarkan teknik Fraenkel & Wallen (1993) dalam Soehardi (1999) yaitu sampel minimal untuk penelitian korelasional adalah 50 sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang berisi karakteristik responden, uji Cochran Q Test untuk memperoleh atribut yang benar-benar dipertimbangkan konsumen. Untuk menjawab tujuan pertama digunakan metode analisis sikap dengan Model Poin Ideal. Rangking Preferensi digunakan untuk menjawab tujuan kedua. Dan tujuan ketiga dijawab dengan menggunakan Korelasi Rank Spearman. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini ada 10 yaitu harga, berat isi, warna kemasan, kualitas kemasan, rasa, aroma, kekentalan kopi, tidak menyisakan ampas, ketersediaan tanggal kadaluarsa, dan jaminan halal. Hasil uji Cochran Q Test didapatkan tiga atribut yang benar-benar dipertimbangkan konsumen yaitu rasa, aroma, dan ketersediaan tanggal kadaluarsa dengan nilai Q hitung < Q tabel yaitu 3,818 < 5,992. Pada perhitungan analisis sikap dengan Model Poin Ideal diperoleh rata-rata ideal produk kopi putih instan 4,48. Sedangkan ratarata ideal merek Luwak White Koffie 3,89 dengan skor sikap 7,75. Ratarata ideal merek Kopiko White Coffee 3,86 dengan skor sikap 8,12 dan merek Kapal Api Grande White Coffee rata-rata idealnya 3,75 dengan skor sikap 9,80. Dan rata-rata ideal merek ABC White Coffee dan TOP White Coffee masing-masing 3,79 dan 3,47 dengan skor sikap masing-masing 9,03 dan 13,49. Dari hasil ini dapat disimpulkan sikap konsumen sangat positif terhadap merek Luwak, Kopiko, dan ABC White Coffee. Sedangkan konsumen memberikan sikap positif untuk merek Kapal Api dan TOP White Coffee. Hasil perhitungan Rangking Preferensi didapatkan merek yang paling disukai berdasarkan atribut produk yang dipertimbangkan konsumen yaitu dari rangking tertinggi hingga terendah berturut-turut yaitu merek Luwak, Kopiko, Kapal Api, ABC, dan TOP White Coffee. Dari hasil tersebut diketahui bahwa merek yang paling disukai konsumen adalah merek Luwak White Koffie sehingga hipotesis pertama dalam penelitian ini terbukti atau dapat diterima. Tujuan ketiga dalam penelitian ini dijawab dengan menggunakan Uji Korelasi Rank Spearman yang me nunjukkan adanya hubungan po
English Abstract
One potential commodity crop that affect the Indonesian economy is coffee. Coffee became a commodity potential to be developed as an increase in demand for coffee. Needs and coffee consumption is increasing every year encouraging coffee producers to produce products in accordance with the wishe of the people, one of which is an instant coffee product. Instant coffee product that is being developed in Indonesia include black and white product instant coffee. Instant white coffee products fairly new product in Indonesia than black instant coffee products. Companies that process the first instant white coffee in Indonesia as well as the first white pioneer coffee products, namely PT. Javaprima Abadi with the brand " Luwak White Koffie ". This was followed by other companies such as PT. Torabika Eka Semesta with brand "Kopiko White Coffee", and "Kapal Api Grande White Coffee and ABC White Coffee" by PT. Santos Jaya Abadi and PT. Harum Alam Segar with the brand "TOP White Coffee". Malang is a city with a population that is high consumer of coffee white coffee consumption 0,55 kg per family per month (BPS Kota Malang, 2014), has large and diverse, and there are various brands of instant white coffee which has been widely circulated, so appropriate as a reference to know and understand the information or knowledge about the consumer instant white coffee. One way to find out information the consumer is to know the attitudes and preferences of consumers towards instant white coffee. Correct and accurate information about consumer attitudes instant white coffee is expected to be used as a general reference for producers, especially producers of coffee and instant white coffee. The purpose of this esearch is 1). Analyzing consumer attitudes owards instant white coffee products in Malang. 2). Analyzing consumer preference towards instant white coffee products in Malang. 3). Analyzing the relationship of consumer attitudes and preferences towards instant white coffee products in Malang. While the hypothesis proposed in this research is 1). Allegedly that brand of instant white coffee, Luwak White Koffie is instant white coffee brand most preferred by consumers. 2). Allegedly that consumer attitudes toward instant white coffee affect consumer preferences with a positive correlation. Method of determining the location is done deliberately in Ketawanggede, Malang City. The method to determine the respondent was accidental sampling technique is based on the number of samples Fraenkel and Wallen (1993) in Soehardi (1999) that minimum samples for corelational research is 50 so that the number of samples analyzed in this study was 50 respondents. This research uses descriptive analysis containing respondent characteristics, Cochran Q Test to obtain attributes thoroughly considered the consumer. To answer the first purposes analysis method with the attitude of Ideal Points Method. Preference Ranking is used to answer the second purposes. And the third purposes was answered by using the Spearman Rank Correlation. Attributes used in this research there are 10 that price, bulk density, color packaging, quality packaging, taste, flavor, consistency of coffee, leaving no residu, the availability of the expiration date, and halal assurance. While the Cochran Q test Test obtained three attributes that consumers truly consider are the taste, flavor, and the availability of the expiration date, the value of Q < Q table is 3.818 < 5.992. In the analysis of the attitude of the calculation method of the ideal points gained an average looking instant white coffee product 4.48. While the average ideal brand of Luwak White Koffie 3.89 with attitude score of 7.75. Average White Coffee ideal brand of Kopiko 3.86 with a score of 8.12 and brand attitude Kapal Api Grande White Coffee ideally an average attitudes score of 3.75 to 9.80. The average ideal brand ABC White White Coffee Coffee and TOP each with scores of 3.79 and 3.47 respectively gesture 9.03 and 13.49 . From these results it can be concluded very positive consumer attitudes towards the brand Luwak, Kopiko , and ABC White Coffee. While consumer give a positive attitude for the brand TOP White Coffee and Kapal Api Grande White Cofee. Results calculation obtained Preference Ranking of the most preferred brands based on product attributes that consumers consider is of the highest rank to the lowest row are brand Luwak, Kopiko, Kapal Api, ABC, and TOP White Coffee. From these results it is known that the most preferred brand consumers is brand Luwak White Koffie so the first hypothesis in this study is acceptable. The third purposes of this research was answered by using the Spearman Rank Correlation showed a positive relationship between consumer attitudes and preferences indicated on the count value rs > rs table ( 0.9 > 0.8 ). Thus the second hypothesis is accepted in this research.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2014/146/051403632 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Jul 2014 11:44 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129597 |
![]() |
Text
FULL_TEKS.pdf Download (2MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (33kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (14kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (3kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |