Tingkat Produktivitas Dan Ketahanan Beberapa Galur Dan Satu Varietas Unggul Kacang Hijau(Vigna radiata) Terhadap Penyakit Karat(Phakopsora pachirhizy).

Pradikta, Angga (2013) Tingkat Produktivitas Dan Ketahanan Beberapa Galur Dan Satu Varietas Unggul Kacang Hijau(Vigna radiata) Terhadap Penyakit Karat(Phakopsora pachirhizy). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kacang hijau merupakan salah satu tanaman Mimoceae yang banyak diusahakan oleh petani di Indonesia. Kacang hijau cukup besar manfaatnya bagi manusia, terutama sebagai bahan pangan. Selain itu kacang hijau juga berguna sebagai pupuk hijau dan pakan ternak. Seiring dengan bertambahnya penduduk, peningkatan kesadaran masyarakat akan kecukupan gizi dan berkembangnya berbagai industri yang berbahan baku kacang hijau, maka kebutuhan kacang hijau semakin meningkat, meskipun masih dianggap bukan komoditas utama, usaha tani kacang hijau perlu mendapat perhatian seiring dengan meningkatnya kebutuhan di atas. Pengembangan komoditas ini terkendala dengan adanya penyakit karat daun. Penurunan hasil pertanian yang disebabkan oleh penyakit ini, berkisar antara 5-95%, bahkan dapat mencapai 100% pada varietas rentan. Berbagai cara pengendalian penyakit ini telah dilakukan, termasuk penggunaan bahan kimia (pestisida),namun pengendalian secara kimiawi yang tidak sesuai anjuran justru menyebabkan pencemaran lingkungan, bahkan menyebabkan kekebalan bagi penyebab penyakitnya. Oleh karena itu penggunaan varietas unggul yang tahan terhadap penyakit merupakan solusi bijak untuk menyelesaikan permasalahan di atas, karena mudah, murah, aman dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui galur kacang hijau yang tahan penyakit karat daun dan berpotensi produksi tinggi. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah terdapat galur kacang hijau yang berdaya hasil tinggi serta tahan/toleran terhadap penyakit karat daun. Penelitian ini dilaksanakan di kebun Percobaan Karang Ploso, Balai Pengkajian Teknologi PertanianJawa Timur. Penelitian dilaksanakan bulan Juni s/d Agustus 2010. Penelitian dirancang menggunakan rancangan acak kelompok. Lima galur (MMC 331d-kp-3-4), MMC 342d-kp-3-3, MMC 342d-kp-3-4, MMC 120d-kp-5, MMC 152d-kp-2, dan varietas unggul VIMA-1 sebagai pembanding) digunakan sebagai perlakuan, masing-masing diulang empat kali. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa galurMMC152d-kp-2, MMC120d-kp-5, dan MMC342d-kp-3-4 berproduksi lebih tinggi dengan hasil panen sebesar 1,33 ton/ha dan 1,27 ton/hadan lebih tahan terhadap penyakit karat daun dari pada varietas unggul VIMA-1. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengusulkan ketiga galur kacang hijau tersebut dilepas menjadi varietas unggul baru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/37/051304665
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 632 Plant injuries, diseases, pests
Divisions: Fakultas Pertanian > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 08 May 2013 14:30
Last Modified: 19 Oct 2021 08:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129479
[thumbnail of skripsi_2012_fixkan_rev_finised-4.pdf]
Preview
Text
skripsi_2012_fixkan_rev_finised-4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of skripsi_2012-jurnal.pdf]
Preview
Text
skripsi_2012-jurnal.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item