Analisis Efisiensi Pemasaran Mangga Arum Manis di Desa Beji KotaPasuruan.

Artikasari, Dian (2013) Analisis Efisiensi Pemasaran Mangga Arum Manis di Desa Beji KotaPasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pertanian merupakan sektor andalan dalam pembangunan pertanian di Indonesia. Salah satu subsektor pertanian yang dapat membantu peningkatan pendapatan negara adalah subsektor hortikultura terutama buah-buahan, karena komoditas ini mampu memberikan pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tumbuhan padi dan palawija pada areal tanah yang sama. Mangga (Mangifera indica) termasuk komoditas buah unggulan Nasional yang mampu berperan sebagai sumber vitamin dan mineral, meningkatkan pendapatan petani, serta mendukung perkembangan industri dan ekspor. Salah satu pusat perkebunan mangga di Provinsi Jawa Timur terletak di Desa Beji Kecamatan Beji Kota Pasuruan. Berdasarkan pengamatan harga buah mangga arum manis di tingkat petani desa Beji adalah Rp 4.000 dan di tingkat pengecer di pasaran mencapai Rp 10.000. Jika dilihat dari margin yang cukup besar maka diduga sistem pemasaran buah mangga arum manis di desa Beji belum efisien. Apabila pemasaran sudah efisien maka harga yang terjadi di tingkat produsen maupun di tingkat konsumen merupakan harga yang adil. Dimana konsumen tidak terlalu mahal untuk membeli komoditi tersebut dan petani juga tidak menerima harga jual yang terlalu rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis marjin pemasaran, distribusi marjin, dan share petani dalam pemasaran buah mangga arum manis di daerah penelitian serta mennganalisis efisiensi pemasaran mangga arum manis sehingga dapat diketahui saluran pemasaran yang paling efisien. Metode penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Metode penentuan responden untuk petani mangga arum manis dilakukan secara simple random sampling. Total responden petani berjumlah 35 orang dari total 53 orang dalam populasi. Untuk responden Lembaga pemasaran didapat dari metode snowball sampling dan didapatkan sejumlah 7 lembaga pemasaran. Data yang diperoleh bersumber dari data primer dan data sekunder dan data melalui kuisioner dana analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis data kuantitatif. Terdapat empat saluran pemasaran buah mangga arum manis di Desa Beji, yaitu; Saluran pemasaran I : Petani - Pedagang lokal - Konsumen. Saluran Pemasaran II : Petani - Pengepul lokal - Pedagang lokal - Konsumen. Saluran Pemasaran III : Petani - Pengepul Jakarta - Pedagang Jakarta - konsumen. Saluran Pemasaran IV : Petani - Pengepul Surabaya - Pedagang Surabaya - Konsumen. Hasil yang diperoleh dari penilitian ini menunjukkan bahwa jumlah responden petani yang terbanyak adalah kelompok umur 41-50 tahun yaitu sebanyak 16 jiwa (45,71 persen). Untuk responden petani dengan tingkat pendidikan SD/Sederajat yang paling banyak jumlahnya yaitu sebanyak 13 jiwa (37,15 persen). Sedangkan untuk responden lembaga pemasaran buah mangga arum manis terdiri dari pengepul dan pengecer. Dimana berdasarkan hasil survey ii ditemukan 3 orang pengepul dengan kisaran usia 41 – 50 tahun, namun untuk kategori pedagang pengecer terdapat 50 persen usia 31-40 tahun dan 50 persen usia 41-50 tahun. Responden lembaga pemasaran seluruhnya telah menempuh jenjang pendidikan formal walupun tidak sampai ke jejang pendidikan perguruan tinggi. Untuk analisis margin dari dua saluran pemasaran yang dibandigkan, diketahui bahwa pada saluran pemasaran I total margin yang diperoleh adalah sebesar Rp. 4.000/kg, saluran pemasaran II total margin yang diperoleh adalah sebesar Rp. 5.000/kg. Dari analisis keuntungan pemasaran didapatkan, keuntungan pemasaran terbesar terletak pada pengecer lokal I. Untuk analisis share harga, didapatkan share harga yang paling tinggi adalah pada saluran pemasaran I yaitu sebesar 50 persen sedangkan saluran pemasaran II sebesar 44,44 persen. Analisis efisiensi pemasaran menunjukkan saluran pemasaran I merupakan saluran pemasaran yang paling efisien dan dapat meningkatkan efisiensi pemasaran karena proporsi biaya pemasaran yang harus ditanggung oleh konsumen paling kecil dibandingkan saluran pemasaran yang lain yaitu 4,15 persen. Pada saluran pemasaran I, pedagang pengecer lokal dalam melakukan fungsi transportasi mengangkut buah mangga arum manis dengan rata-rata angkut sebesar 100 persen, pada saluran pemasaran II, pedagang pengepul lokal dan pengecer lokal mengangkut buah mangga arum manis dengan rata-rata angkut sebesar 100 persen. Maka dapat disimpulkan bahwa lembaga pemasaran pada saluran pemasaran I dan II dalam melakukan fungsi transportasi telah mencapai efisiensi operasional karena penggunaan fasilitas transportasi dalam mengangkut buah mangga arum manis mencapai 100 persen. Secara keseluruhan, saluran pemasaran I dan II merupakan saluran pemasaran yang sudah efisien, karena rata-rata nilai rasio antara biaya pemasaran dengan total nilai produk pemasaran buah mangga arum manis sebesar 5,74 persen. Melalui analisis efisiensi harga diketahui bahwa fungsi transportasi dan fungsi prosesing yang dilakukan oleh lembaga pemasaran di setiap saluran pemasaran telah efisien. Nilai efisiensi saluran pemasaran yang terdapat pada saluran pemasaran I yaitu sebesar 15,05, dan saluran pemasaran II sebesar 5,87. Beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan nilai efisiensi adalah perbedaan fungsi pemasaran dan kemampuan pembiayaan yang dimiliki oleh tiap lembaga pemasaran sehingga menyebabkan biaya pemasaran menjadi berbeda di tiap tingkat lembaga pemasaran. Hal ini dapat diketahui dari saluran pemasaran I yang memiliki nilai efisiensi saluran pemasaran tertinggi dengan total biaya sebesar Rp 498,42/kg dan harga di tingkat konsumen sebesar Rp 8.000/kg. Sedangkan pada saluran pemasaran II memiliki nilai efisiensi saluran pemasaran terendah dengan total biaya sebesar Rp 1309,63/kg dan harga di tingkat konsumen sebesar Rp 9.000/kg

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/260/051309594
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 08 Nov 2013 15:16
Last Modified: 20 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129378
[thumbnail of dian.pdf]
Preview
Text
dian.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item