Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Saus di Sidoarjo

Hidayatulloh, Romadhoni (2013) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Saus di Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkembangnya produk makanan olahan, menyebabkan berkembang pula akan permintaan bahan tambahan makanan pendamping seperti kecap, cuka, sambal, maupun saus. Hal ini menyebabkan permintaan akan bahan tambahan makanan semakin naik tidak terkecuali dengan produk tambahan makanan yaitu saus. Menurut Salsabila (2011) saus merupakan cairan yang biasanya dikentalkan dengan salah satu bahan pengental, sehingga menjadi setengah cair (semi liquid), dan disajikan bersama makanan dengan maksud untuk mempertinggi kualitas makanan tersebut. Jadi bisa dikatakan saus merupakan bahan makanan pendamping guna menunjang makanan utama. Saus yang diproduksi di masyarakat terkadang merupakan produk saus yang kurang memperhatikan efek kesehatan. Produsen saus lokal mulai berpacu untuk menawarkan harga yang relatif murah sehingga mengurangi kualitas dari produk saus itu sendiri. Produk saus seperti ini ternyata memiliki segmentasi pasar tersendiri di masyarakat khususnya para konsumen. Melihat kondisi di lapang dimana produk saus yang seperti ini dalam penjualan ternyata mengalami kontinyuitas atau keberlanjutan dengan artian meskipun produk ini memiliki efek samping yang negatif dan kurang memperhatikan kesehatan, produk saus ini tetap dibeli oleh konsumen. Setiap perusahaan saus berusaha meningkatkan pangsa pasarnya dengan cara mengetahui dan berusaha memenuhi kebutuhan konsumen dengan menawarkan sausnya melalui berbagai atribut produk yang melekat pada saus. Atribut produk yang melekat pada suatu produk khususnya produk saus, dapat memberikan sikap dan persepsi yang berbeda pada konsumen sesuai kebutuhan dan keinginanya. Konsumen yang percaya terhadap atribut suatu produk saus akan memberikan penilaian tersendiri dalam pengambilan keputusan pembelian produk saus sesuai kebutuhan dan keinginannya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis sikap konsumen terhadap atribut atribut yang terdapat pada produk saus dan (2) menganalisis preferensi konsumen terhadap produk saus. Lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) di Kabupaten Sidoarjo. Pemilihan lokasi karena berdasarkan survey pendahuluan di Kabupaten Sidoarjo sebagian besar pada kios pasar banyak menjual produk saus lokal. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer,dan data sekunder. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel responden adalah accidential sampling. Dengan menggunakan rumus Malhotra, didapatkan jumlah responden sebanyak 50 orang responden. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, Uji Cochran Q dan model sikap Multiatribut Fishbein. Dari 10 atribut yang di tawarkan kepada responden dan di uji dengan Uji Cochran Q, terdapat 4 atribut yang dipertimbangkan. 4 atribut produk saus yang dipertimbangkan yaitu atribut harga, kebersihan produk, ketersediaan produk, dan citra merk karena atribut ini memiliki skor rata-rata yang paling tinggi dibandingkan dengan skor atribut yang lainnya. Hal ini dilihat dari hasil Uji Cochran Q bahwa nilai adalah 1 dan adalah 9,48. Sehingga nilai ii < yaitu 1 < 9,48. Sikap konsumen terhadap atribut saus yang dipertimbangkan merupakan atribut yang dipertimbangkan dalam melakukan pembelian terhadap produk saus. Preferensi konsumen terhadap produk saus diperoleh melalui analisis multiatribut Fishbein. Hasil dari analisis multiatribut Fishbein diperoleh nilai yaitu 66,5856 yaitu masuk skala penilaian baik. Hal ini menunjukan bahwa produk saus lokal melalui atribut-atribut yang dimiliki diterima di konsumen. Saran yang bisa dijadikan sebagai bahan rujukan meliputi (1)untuk menurunkan konsumsi masyarakat terhadap produk saus yang kurang sehat sesuai standart makanan, maka perlu dikembangkan produk saus yang sesuai standart kesehatan dengan menerapkan strategi harga yang mampu bersaing secara kompetitif dengan produk saus yang kurang sehat. (2)Selain strategi harga, strategi yang lain yang perlu dikembangkan adalah melalui peningkatan citra merk dengan strateginya melaui promosi. (3)Bagi penelitian selanjutnya disarankan agar membahas lebih rinci dan spesifik tentang kualitas produk saus dan juga pengetahuan konsumen terhadap kesehatan

English Abstract

Development of processed food products, will also lead to growing demand for complementary food additives such as soy sauce, vinegar, chili sauce, and Sauce. This leads to the demand for more food additives ride is no exception with added food products like sauce. According Salsabila (2011) sauce is a liquid which is usually thickened with a thickening agent, so that it becomes semi-liquid (semi-liquid), and serviced with food in order to enhance the quality of the food. So, sauce is an ingredient complementary foods to support the main meal. Sauce that produced sometimes have less attention toward health effects. Local sauce products began to race to offer a relatively cheap price, thereby reducing the quality of the sauces product itself. Sauce products like this turned out to have its own market segmentation in the community, especially the consumer. Seeing the conditions in which sauces products like this in turns sales face with a sense of continuity or sustainability even though these products have negative side effects and lack of attention to health, this sauce products remains purchased by consumers. Every sauce company must have tried to increase its market share by knowing and trying to meet the needs of consumers by offering the sauce through a variety of product attributes attached to the sauce. Product attributes which attached to a particular product sauce products, can provide a different attitude and perception on consumer needs and their desire. Consumers who believe in the attributes of a product will give its own purchasing decisions assessment in a sauce product according to the needs and desires. The purpose of this study was (1) to analyze consumer attitudes toward the attributes contained in the sauce product attributes and (2) to analyze consumer preferences towards sauce product. Location on the study was intentionally done (purposive) in Sidoarjo. Site selection based on preliminary surveys in Sidoarjo where most sellers sauce in many market stalls selling local sauce products. Types of data used in this study consisted of primary data and secondary data. The technique used to determine the sample of respondents was accidential sampling. By using the formula Malhotra, found the number of respondents, that is 50 respondents This research used descriptive analysis, Cochran Q test and Multiatribut Fishbein Attitude Model. At least of 10 attributes that offered to the respondent and tested with the Cochran Q test, there are four attributes considered. That 4 product attributes are the attributes considered sauce price, hygienity of products, availability of products, and brand image because this attribute has an average score that highest score compared to the other attributes. It is seen from the results of the Cochran Q test that the value is 1 dan is 9,48. So the value < is 1 < 9,48. Attitudes of consumers towards the sauce attributes considered an attribute considered in the purchase of the sauce product. Consumer preferences for products obtained through analysis sauce multiatribut Fishbein. Results of the analysis of the values obtained multiatribut Fishbein 66.5856 entered grading scale is good. This shows that the local sauce products through owned attributes received in the consumer. Suggestions that can be used as reference material among others (1) to reduce domestic consumption of unhealthy sauces products according to standard food, it is necessary to develop products according to sauce medical standard by applying a pricing strategy that is able to compete competitively with sauce products that are less healthy. (2) In addition to pricing strategies, other strategies need to be developed is through with its strategy to increase brand image through promotion. (3)To discuss future research suggested that more detailed and specific about the product quality sauce and consumer knowledge to health

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/232/051308420
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Nov 2013 08:29
Last Modified: 04 Mar 2022 07:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129347
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi.pdf]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of skripsi_lengkap.pdf]
Preview
Text
skripsi_lengkap.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item