Analisis Strategi Usaha Benih Kacang Panjang (Vigna Sinensis L.) Produksi CV. Aura Seed di Kabupaten Kediri

Maftukah, Yuniar (2013) Analisis Strategi Usaha Benih Kacang Panjang (Vigna Sinensis L.) Produksi CV. Aura Seed di Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kacang panjang (Vigna sinensis L.) merupakan salah satu tanaman yang penting di Indonesia. Kacang panjang adalah tanaman hortikultura yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia, baik sebagai sayuran maupun sebagai lalapan. Kacang panjang dibudidayakan untuk diambil polong mudanya. Kacang panjang diperbanyak melalui benih (Sunaryono dan Ismunandar, 1981). Menurut data dari Badan Pusat Statistik (2012) tingkat produksi kacang panjang domestik pada tahun 2006 sampai dengan 2011 masih belum dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri. Hal tersebut merupakan peluang yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai usahatani karena selain mudah dibudidayakan, pangsa pasarnya juga cukup tinggi. Secara ekonomis tanaman ini memiliki kekuatan pasar yang cukup besar. Di dalam usaha peningkatan produksi kacang panjang diperlukan benih yang berkualitas dan berdaya produksi tinggi (Sumarno, 2001). Oleh karena itu ketersediaan benih unggul bermutu tinggi bagi petani dalam melakukan kegiatan usahatani merupakan syarat penting dalam peningkatan hasil dan kualitas produksi. CV. Aura Seed Indonesia merupakan perusahaan lokal yang bergerak dibidang pertanian, khususnya sebagai produsen benih hortikultura dengan skala nasional. Ditengah maraknya industri perbenihan saat ini, CV. Aura Seed Indonesia harus mampu bersaing di antara perusahaan-perusahaan yang ada agar dapat memenangkan persaingan dalam meraih pangsa pasar. Untuk mencapainya maka diperlukan strategi-strategi yang sesuai bagi CV. Aura Seed Indonesia dalam mengembangkan industri benihnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana kondisi lingkungan internal dan eksternal yang dihadapi CV. Aura Seed Indonesia dalam memproduksi benih kacang panjang?; (2) Apa saja alternatif strategi pengembangan usaha benih kacang panjang yang bisa diterapkan oleh CV. Aura Seed Indonesia?; (3) Manakah strategi pengembangan usaha yang paling tepat bagi CV. Aura Seed Indonesia?. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis kondisi lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) serta lingkungan eksternal (peluang dan ancaman) yang dihadapi CV. Aura Seed Indonesia; (2) Merumuskan berbagai alternatif strategi pengembangan usaha benih kacang panjang yang bisa diterapkan oleh CV. Aura Seed Indonesia; (3) Menganalisis strategi pengembangan usaha benih kacang panjang yang paling tepat bagi CV. Aura Seed Indonesia. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive di CV. Aura Seed Indonesia, Jalan Ki Hajar Dewantoro No. 207 Desa Bringin, Kec. Badas, Kab. Kediri dengan dasar pertimbangan bahwa perusahaan tersebut tergolong baru dalam industri perbenihan sehingga diperlukan pengembangan usaha. Responden dipilih secara sengaja dan memiliki kontribusi besar dalam perumusan dan pelaksanaan strategi di CV. Aura Seed Indonesia. Pemilihan responden tersebut dilakukan dengan pertimbangan bahwa responden adalah pakar dalam perumusan dilakukan dengan pertimbangan bahwa responden adalah pakar dalam perumusan strategi dan dapat mewakili perusahaan serta memiliki wewenang mengenai data-data yang dibutuhkan dalam penelitian. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis matrik IFAS, matrik EFAS, matrik IE, matrik SWOT dan analisis QSPM. Dari matrik IFAS didapatkan total skor lingkungan internal CV. Aura Seed Indonesia sebesar 2,64 yang berarti perusahaan mampu mengatasi kelemahan yang ada dengan memanfaatkan kekuatan yang dimilikinya. Hal ini ditunjukkan dengan total skor IFAS yang berada pada posisi diatas rata-rata (2,5) dengan total skor kekuatan sebesar 1,94 dan total skor kelemahan sebesar 0,7. Dari matrik EFAS didapatkan total skor lingkungan eksternal CV. Aura seed Indonesia sebesar 2,43 yang berarti CV. Aura Seed Indonesia memiliki faktor eksternal yang tergolong sedang untuk merespon peluang yang ada dan mampu mengurangi ancaman yang dihadapi. Hal ini ditunjukkan dengan total skor EFAS yang berada pada posisi sedang (>2,0) dengan total skor peluang 1,71 dan total skor ancaman sebesar 0,72. Pada matrik IE, total skor IFAS dan EFAS berada pada sel V. Pada posisi ini berarti CV. Aura Seed Indonesia dalam kondisi tumbuh (Growth). Pada posisi ini strategi yang tepat untuk diterapkan CV. Aura Seed Indonesia adalah dengan memperluas pasar, fasilitas produksi dan teknologi melalui pengembangan internal maupun eksternal melalui joint venture dengan perusahaan lain dalam industri yang sama. Pada hasil analisis matrik SWOT diperoleh 10 alternatif strategi pengembangan CV. Aura Seed Indonesia. Dari 10 alternatif strategi tersebut didapatkan 4 alternatif strategi terpilih yang kemudian akan dianalisis dengan QSPM. Dari hasil perhitungan QSPM diketahui strategi yang paling utama untuk diterapkan CV. Aura Seed Indonesia yaitu 1). Meningkatkan kapasitas produksi dengan sumber daya yang ada dengan total nilai daya tarik sebesar 6,693; 2). Memperluas pangsa pasar dengan total nilai daya tarik 6,040; 3). Meningkatkan mutu produk dan pelayanan serta mengantisipasi petani yang fanatik terhadap satu merek benih kacang panjang dengan total nilai daya tarik sebesar 6,029; 4). Meningkatkan kegiatan promosi secara efektif dengan total nilai daya tarik sebesar 5,469.

English Abstract

Long bean (Vigna sinensis L.) is one of the important crops in Indonesia. Long bean is horticultural crops that are widely used by the people of Indonesia, as well as vegetables and fresh vegetables. Long beans are cultivated to take his pod. Long bean propagated through seeds (Sunaryono and Ismunandar, 1981). According to data from Badan Pusat Statistik (2012) level of domestic production of long bean in 2006 to 2011 still have not been able to meet domestic demand. It is an opportunity that very potential to be developed as a farming because aside easily cultivated, its market share is also quite high. Economically these plants have considerable market power. In seeking to increase long bean production required quality seed production and high-power (Sumarno, 2001). Therefore the availability of high-quality seeds to farmers in farming activities is an important requirement in improving outcomes and quality of production. CV. Aura Seed Indonesia is a local company engaged in agriculture, horticulture producers in particular as the national scale. Amid the rampant seed industry today, CV. Aura Seed Indonesia should be able to compete among existing firms in order to win the competition to gain market share. To achieve this it is necessary that appropriate strategies for CV. Aura Seed Indonesia in developing the seed industry. The problems of this study are as follows: (1) How can internal and external environmental conditions faced by CV. Seed Indonesia aura in producing bean seed?; (2) Any alternative development strategy bean seeds that can be applied by CV. Aura Seed Indonesia?; (3) Which business development strategies most appropriate for CV. Aura Seed Indonesia? This study purpose to: (1) Analyzing the internal environment (strengths and weaknesses) and external environment (opportunities and threats) facing CV. Aura Seed Indonesia, (2) Formulate business development strategies different alternatives bean seeds that can be applied by CV. Aura Seed Indonesia; (3) Analyzing the business development strategy bean for the most appropriate CV. Aura Seed Indonesia. Location research purposively in CV. Aura Seed Indonesia, Ki Hajar Dewantoro Street No. 207 Bringin village, Kediri District with the consideration that the company is relatively new in the seed industry so that business development is required. Respondents were purposively selected and have a great contribution in the formulation and implementation of strategies in the CV. Aura Seed Indonesia. respondent selection is done with the consideration that the respondent is an expert in strategy formulation and can represent the company and has authority regarding the data required in the study. While the data analysis ……… methods used in this research is the analysis matrix IFAS, EFAS matrix, IE matrix, matrix and SWOT analysis QSPM. IFAS matrix obtained from the total score of the internal environment of CV. Seed Indonesia aura of 2.64 which means the company is able to overcome existing weaknesses by leveraging its strengths. This is indicated by a total score of IFAs who are in a position above the average (2.5) with a total score of 1.94 and a total power of weakness score of 0.7. EFAS matrix obtained from the total score of the external environment CV. Indonesian seed aura of 2.43 which means CV. Aura Seed Indonesia has external factors that were moderate to respond to opportunities and to reduce the threat. This is indicated by a total score of EFAS who are at moderate (> 2.0) with a total score of 1.71 and total chances threat score of 0.72. In the IE matrix, a total score of IFAS and EFAS is in cell 5th. At this position mean CV. Aura Seed Indonesia in growing conditions (Growth). In this position the right strategy to be applied CV. Aura Seed Indonesia is to expand the market, production facilities and technologies through internal and external development through joint ventures with other companies in the same industry. In the SWOT analysis matrix obtained 10 alternative development strategies CV. Aura Seed Indonesia. Of 10 alternative strategies obtained 4 selected strategic alternatives which would then be analyzed by QSPM. From the calculation QSPM known foremost strategy to be applied CV. Aura Seed Indonesia are 1). Increase the production capacity of existing resources with a total value of 6.693 appeal; 2). Expanding market share with a total value of 6.040 appeal; 3). Improving the quality of products and services as well as farmers anticipate that fanatical about the brand of bean seeds with a total value of 6.029 appeal; 4). Effectively increase promotional activities with a total value of 5,469 appeal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/181/051307628
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Nov 2013 13:27
Last Modified: 20 Oct 2021 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129295
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_6.pdf]
Preview
Text
BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar_dan_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar_dan_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Cover_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item