Ikmal, Fajar (2013) Strategi Pengembangan Agrowisata Kebun Kopi (Pada Pt.Perkebunan Nusantara Xii Bangelan Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Wisata Agro Bangelan merupakan salah satu pariwisata alam di Jawa Timur yang masih dalam tahap pengembangan. Kebun kopi Bangelan ini memiliki potensi yang besar karena kebun kopi Bangelan merupakan satu-satunya kebun kopi yang menyediakan Agrowisata. Dalam perkembangannya, kebun Bangelan mengalami kendala dalam perencanaan yang masih kurang, oleh sebab itu perusahaan harus mampu meramu strategi pengenalan dan pengembangan sebagai bagian dari strategi bisnis untuk meraih pasar yang potensial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi kondisi internal dan eksternal Agrowisata Kebun Kopi Bangelan, mengidentifikasi alternatif strategi pengembangan usaha Agrowisata Kebun Bangelan dilihat dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, dan merumuskan strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan usaha Agrowisata Kebun Kopi Bangelan. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan mengidendifikasi faktor utama untuk memberikan bobot pada faktor yang sudah kita tentukan terdiri dari kekuatan, peluang, kelemahan, dan ancaman dengan membandingkan antara baris dan kolom dari masing-masing variabel pada faktor internal dan eksternal. Sedangkan dalam analisis kualitatif menggunakan analisis SWOT yang berupa matrik IE dan matriks SWOT yang digunakan untuk menganalisis trategi pengembangan Agrowisata di PTPN XII kebun Bangelan. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari Manager Agrowisata, staff karyawan yang berjumlah total delapan responden yang terbagi di wisata edukasi dan juga cafe Agrowisata, di wisata edukasi terdapat empat responden dan tiga responden di wisata edukasi Dari analisis lingkungan yang digunakan untuk menentukan pengembangan Agrowisata, strategi alternatif pengembangan yang berdasarkan hasil yang diperoleh dari matrik IFE dan EFE, maka dapat disusun matrik I-E. Total skor bobot IFE sebesar 2,17 dan EFE sebesar 2,7 menempatkan Agrowisata dalam sel V yaitu pada posisi pertahanan dan pemeliharaan. Posisi ini mengambarkan bahwa perusahaan mampu merespon peluang dan juga ancaman dengan cukup baik yang tergambarkan dalam skor peluang sebesar 1,96 sedangkan skor untuk ancaman 0,74. Pada kondisi ini menjelaskan bahwa perusahaan perlu untuk mencapai pertumbuhan yang baik dalam mempertahankan, memelihara, penetrasi pasar dan pengembangan produk merupakan dua strategi yang banyak dilakukan untuk devisi V. Dari analisis SWOT didapatkan alternatif strategi yang dapat diterapkan di Agrowisata Kebun Bangelan adalah dengan memperluas pangsa pasar, merencanakan dan juga meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, memperbaiki dan memperkuat sistem manajemen dan sarana dan prasarana yang ada untuk pengembangan usaha, meningkatkan kegiatan promosi secara optimal dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan tradisi masyarakat sekitar, memanfaatkan sumberdaya yang ada untuk menghadapi pesaing dalam bidang Agrowisata yang sama, memanfaatkan sistem managemen yang ada untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar, mengoptimalkan strategi promosi dan merekondisi fasilitas agar mampu bersaing dengan pesaing yang ada saat ini, merencanakan paket wisata kebun yang edukatif agar tidak monoton
English Abstract
Bangelan Agro Tourism is one of the natural tourism in East Java that is still in the development stage. This Bangelan coffee plantations have great potential because it is the only coffee plantation Bangelan plantation which provide agro-tourism. In its development, the garden Bangelan experience constraints in the planning are lacking, so the company must be capable of concocting a strategy introduction and development as part of their business strategy to gain a potential market. The purpose of this research is to identify the internal and external conditions of the Plantation Bangelan Coffee, identifying strategic alternatives of business development Bangelan Agro Plantation seen from the strengths, weaknesses, opportunities and threats, and formulate strategies that can be applied in the development of agro-tourism ventures Bangelan Coffee Plantation Methods of analysis data used the descriptive analysis by identifying the main factors to give weights on the factors weve set consists of strength, weakness, opportunities, and threats by comparing between rows and columns from each of the variables on the internal and external factors. Whereas in qualitative analysis using SWOT analysis in the form of a SWOT matrix matrices, and IE is used to analyze the trategi development of agro-tourism in PTPN Bangelan Plantation XII. Interviewees in this study consists of Manager, agro tourism staff employees, amounting to a total of eight respondents divided in education and also in the cafe, there are four education respondents and three respondents in education. From environmental analysis used to determine the development of agro-tourism, alternative development strategy based on the results obtained from the IFE and EFE matrix, then the matrix can be composed of I-E. Total score weighting IFE amounted to 2.17 and EFE amounted to 2.7 Agro-tourism locates in cell V are in the position of the defence and maintenance. This demonstrates its position that the company is able to respond to opportunities and threats are also pretty well which is reflected in a score of 1.96 opportunities while the score for the threat of 0.74. These conditions explain that companies need to achieve good growth in the preserve, maintain, market penetration and product development are the two strategies that a lot was done to Division V. SWOT analysis of available strategic alternatives that can be applied in AgroBangelan Plantation is to expand market share, plan and also improve the quality of human resources, improving and strengthening the management system and the existing infrastructure for enterprise development, increased promotional activities optimally by utilising technological developments and traditions of local communities, utilizing existing resources to deal with competitors in the same field of tourism resorts, utilizing existing management systems to increase public awareness about the promotion strategies, optimize and recondition facilities to compete with competitors that exist today, are planning an educational plantation tour packages to avoid unmonoton
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2013/119/051307682 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 12 Nov 2013 13:33 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 16:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129232 |
Preview |
Text
bab_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_5.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_4.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_6.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_isi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
dapus.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
halaman_judul.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
lampiran_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran_3.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |