Adaptabilitas Pasar Sayur Kecil terhadap Pertumbuhan Pasar Sayur Skala Besar di Malang, Jawa Timur.

UtomoMedeaRamadhani (2013) Adaptabilitas Pasar Sayur Kecil terhadap Pertumbuhan Pasar Sayur Skala Besar di Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar Kedung Boto sebagai intitusi sosial merupakan pasar yang bergerak di bidang perdagangan sayur yang berbasis pedesaan, pertanian, perdagangan dan sosial. Pasar Kedung Boto di jadikan sebagai pusat transaksi antara penjual dan pembeli sayur atau dapat dikatakan sebagai sentra perdagangan sayur di Malang yang sudah menjangkau pasar di wilayah Malang dan sekitarnya. Pasar kedung Boto memiliki karateristik produk yang dapat mengunggulkan Pasar Kedung Boto dengan pasar perkulakan yang lain, karena dalam posisi geografi memiliki posisi strategis yang dekat dengan lahan produksi dan mudah terakses oleh pembeli. Kemudian secara posisi ekonomi menjadi posisi yang dapat memperkuat Pasar Kedung Boto karena memiliki volume yang besar dalam pembelian dan penjualannya serta adanya transaksi biaya dengan kapasitas yang besar. Keunggulan bersaing yang dimiliki, membuat Pasar Kedung Boto menjadi pasar yang kompetitif dan adaptif terhadap tantangan dan gempuran-gempuran dari berbagai pasar perkulakan di Malang. Dengan adanya persaingan tersebut Pasar Kedung Boto dapat bertumbuh dengan baik dan semakin berkembang di setiap tahunnya sehingga besarnya tingkat persaingan yang terjadi pada pasar perkulakan di Malang membuat Pasar Kedung Boto semakin terjaga eksistensinya dan mampu menjadi icon pasar sayur khususnya sawi, kangkung dan bayam di Malang dan sekitarnya, bahkan jangkauan pasar telah menjalar sampai di Surabaya dan sekitarnya. Hal ini tidak terlepas dari strategi dan taktik pedagang dalam membangun jaringan-jaringan pasar yang merupakan bagian dari jaringan sosial dan strategi komunikasi dalam negosiasi lobying terhadap pembeli untuk pengoptimalan efisiensi biaya transaksi. Dalam membangun jaringan sosial pedagang perlu memperhatikan dan mengenal karakteristik pembeli agar pedagang lebih adaptif terhadap setiap pembeli yang akan melakukan transaksi di Pasar Kedung Boto sehingga dapat menjaga adaptabilitas pasar dan membangun jaringan yang lebih luas. Jaringan sosial yang dibangun pedagang merupakan aset yang dimiliki oleh Pasar Kedung Boto yaitu pelaku-pelaku pasar yang terlibat di dalam segala aktifitas pasar mulai dari lahan produksi sampai pada pemasaran. Parameter keberhasilan pedagang dalam membangun jaringan dapat diukur dari sejauh mana intensitas pedagang dalam menjalin hubungan dengan pembeli, menjalin hubungan dengan pengelola parkir yang sekaligus berprofesi sebagai petugas keamanan, menjalin hubungan dengan pemilik lahan produksi, dan menjalin hubungan dengan pemerintah desa secara baik. Upaya-upaya tersebut tentunya bentuk dari keseriusan pedagang dalam mengatur strategi dan juga solidaritas yang tinggi dari kelompok pedagang maupun kelompok sosial yang memiliki keterlibatan dengan aktifitas di Pasar Kedung Boto. ii Pelaku yang terlibat di lahan produksi yaitu para pedagang Kedung Boto yang sekaligus berprofesi sebagai petani, strategi ini dilakukan dalam meminimalisir rantai distribusi sayur dan efisiensi biaya transaksi. Efisiensi biaya transaksi terjadi karena adanya kesepakatan yang terjadi di kelompok pedagang sebagai lembaga yang memiliki wewenang dalam setiap kebijakan pasar. Efisiensi biaya transaksi dapat dilakukan pada saat biaya panen, biaya transportasi, biaya komunikasi, biaya pengangkutan dll. Untuk menjaga kestabilan transaksi di pasar, pedagang memilih utuk mengatur harga dimana harga sayur di lahan produksi lebih tinggi dari harga sayur di Pasar Kedung Boto, langkah tersebut dilakukan agar pembeli lebih memilih di Pasar Kedung Boto dan intensitas pembelian akan lebih tinggi. Pada intinya, pedagang dapat dikatakan sebagai dalang sekaligus wayang yang memainkan pasar, sehingga dinamika dan keberhasilan yang terjadi di Pasar Kedung Boto sebagian besar di pengaruhi oleh pedagang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2012/322/051205544
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Jan 2013 10:18
Last Modified: 19 Oct 2021 09:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129123
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL.pdf]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item