Kusumo, MAkbarBroto (2012) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Petani Dalam Melakukan Pembelian Berulang Produk (Studi kasus pada Herbisida CALARIS 550 SC Produksi PT Syngenta Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tanaman pangan yang banyak dibudidayakan di Indonesia seperti padi dan jagung, pada masa pertumbuhannya seringkali akan mengalami serangan organisme pengganggu tanaman (OPT). Salah satu OPT yang umum dijumpai pada tanaman jagung adalah gulma. Dalam pengendalian gulma, petani menggunakan dua cara, yaitu menggunakan alat pemotong (mekanis) dan herbisida (kimiawi). Saat ini mulai banyak petani yang menggunakan herbisida dalam pengendalian gulma, karena lebih efisien, mengurangi biaya produksi, dan hasil aplikasi lebih sesuai dengan yang diharapkan. Disamping keuntungan secara ekonomis, penggunaan herbisida juga membawa kerugian secara ekologis, seperti degradasi tanah, merusak tatanan ekosistem, dan meracuni manusia. Penggunaan herbisida oleh petani tidak dapat dihindarkan, karena saat ini petani lebih memilih untuk berorientasi kepada hasil panen yang meningkat, walaupun petani telah mengetahui dampak buruk yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan herbisida. Herbisida menawarkan solusi bagi petani dalam mengendalikan gulma yang tumbuh disekitar tanaman jagung, dan menekan pertumbuhannya dalam jangka waktu yang lama. Dalam hal ini, herbisida yang digunakan oleh petani dalam mengendalikan gulma, salah satunya berasal dari PT Syngenta Indonesia, dengan merek dagang CALARIS 550 SC. Kenyataan yang terjadi di lapang dalam hal pemasaran herbisida adalah, terjadinya situasi kompetisi yang tinggi antar sesama perusahaan manufaktur herbisida, dengan banyaknya produk-produk herbisida yang ditawarkan di pasar, sehingga petani yang menjadi konsumen utama menjadi ragu dalam menentukan herbisida apa yang akan dibeli untuk digunakan dalam kegiatan usahataninya. Untuk itu, PT Syngenta Indonesia dituntut untuk merumuskan dan menerapkan strategi pemasaran yang unik, sulit ditiru oleh kompetitor dalam memasarkan herbisida CALARIS 550 SC. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh PT Syngenta Indonesia dalam memasarkan herbisida CALARIS 550 SC, serta (2) Menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap pengambilan keputusan petani dalam membeli ulang herbisida CALARIS 550 SC. Penelitian dilakukan di Desa Kedungmalang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri. Populasi penelitian berjumlah 1610 orang petani, dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Dengan menggunakan rumus Slovin, didapatkan sampel berjumlah 43 responden dengan 4 variabel utama dari bauran pemasaran, yaitu harga (X1), produk (X2), promosi (X3), dan saluran distribusi (X4). Skala ii pengukuran variabel menggunakan skala likert. Data yang digunakan adalah data primer yang berupa hasil wawancara dengan responden dan kuesioner, sedangkan data sekunder yang digunakan adalah hasil dokumentasi, dan data mengenai profil Desa Kedungmalang yang didapatkan di balai desa setempat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistic, untuk menganalisis apakah keempat variabel bauran pemasaran memiliki peluang dalam proses pengambilan keputusan petani dalam membeli ulang herbisida CALARIS 550 SC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor bauran pemasaran yang berpeluang nyata dan signifikan dalam pengambilan keputusan petani untuk membeli ulang herbisida CALARIS 550 SC adalah produk (X2). Hal ini dapat dilihat melalui nilai signifikansi untuk variabel produk (X2) sebesar 0,026 , dengan nilai Exp(B) sebesar 18,610. Saran yang dapat diberikan untuk dengan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan adalah (1) Diharapkan PT Syngenta Indonesia mampu terus menjaga kualitas herbisida CALARIS 550 SC, agar performa dan efektifitas dalam mengendalikan gulma dapat tetap terjaga, sehingga mampu membuat petani loyal terhadap produk herbisida tersebut, (2) Dalam menjalankan kegiatan promosinya, PT Syngenta Indonesia juga diharapkan untuk terus mengingatkan petani agar mengenakan pakaian pelindung pada saat aplikasi herbisida, sehingga mampu memperkecil kemungkinan timbulnya kasus keracunan pada petani.
English Abstract
Food crops that cultivated in Indonesia such as rice and corn will often get attacked by organism during their growth. Weeds is the most common organism found in the vicinity of corn plant. In controlling weeds, farmers are using two methods, by using cutting tools (mechanically) and using herbicide (chemically). Nowadays, many farmers begin to use herbicide in weeds controlling, because of its efficiency, reduce production cost, and more desirable application result. Beside of its economical advantage, the use of herbicide also comes with ecological disadvantage, such as soil degradation, ruining arrangement of ecosystem, and poisonous to human.. The use of herbicide by farmers is inevitable, because their orientation is to get an increasing harvest result, beside of the impact from using herbicide that they already knew. Herbicide offers solution to farmers in controlling the weeds growing around corn plants, and suppress its growth in a long time. In this case, herbicide that is being used by farmers in controlling the weeds comes from PT Syngenta Indonesia, with the name of CALARIS 550 SC The fact that is happening right now in the herbicide marketing, is the highly competitive situation between herbicide manufacturers, with lot of herbicide product offered in the market. Farmers become confused and hesitate to determine which herbicide is going to be bought and used in their farming activity. For that case, PT Syngenta Indonesia needed to formulate and implement unique and hard to copy marketing strategies in marketing herbicide CALARIS 550 SC This research is purposed to (1) Describe marketing strategy that were applied by PT Syngenta Indonesia in marketing herbicide CALARIS 550 SC, and (2) Analyze the chance of applied marketing strategy against farmer decision taking in repurchasing herbicide CALARIS 550 SC. This research was conducted in Kedungmalang village, Papar sub-district, Kediri district. Population amounted of 1610 farmers, with using simple random sampling method. With using Slovin equation, obtained sample of 43 respondent, with 4 main variable from marketing strategy, they are price (X1), product (X2), promotion (X3), and distribution (X4). Variable measurement scale were using Likert scale. Data that were used in the research was primary data such as interview and questionnaire , and secondary data were documentation result, and data about Kedungmalang village profile that was obtained in local village office. Data analysis technique that was used were logistic regression analysis, to analyze if the variables of marketing strategy has influence towards decision taking process in repurchasing product of herbicide CALARIS 550 SC. Research result shows that marketing strategy factors that has real and significant chance in farmers decision taking in repurchasing product of herbicide CALARIS 550 SC is product (X2). This can be proved with the significance value from variable of product (X2) amounted 0,026 , and Exp(B) value of 18,610. Suggestion that can be given based on the conducted research are (1) PT Syngenta Indonesia must keep the quality of herbicide CALARIS 550 SC, to guarantee its performance and effectiveness in controlling weeds around corn, thus making farmers loyal to use the herbicide, (2) During marketing programs, PT Syngenta Indonesia should continually remind farmers to use protective suit while applicating the herbicide, to protect them against harmful chemical substance. This also minimize the event where farmers would get poisoned by the chemical substance from herbicide.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2012/292/051204781 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 11 Dec 2013 09:18 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 07:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129091 |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
Untitled.pdf Download (16MB) |
Actions (login required)
View Item |