Analisis Sikap dan Perilaku Pembaca Surat Kabar Terhadap Iklan Susu Kedelai : Studi Terhadap Pembaca Surat Kabar di Kelurahan Ketawang Gede, Malang

Wardani, Nuning Kusuma (2011) Analisis Sikap dan Perilaku Pembaca Surat Kabar Terhadap Iklan Susu Kedelai : Studi Terhadap Pembaca Surat Kabar di Kelurahan Ketawang Gede, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kedelai merupakan salah satu komoditas pertanian yang mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Kondisi inilah yang mendorong produsen untuk menciptakan produk yang menggunakan bahan baku kedelai, salah satunya adalah dengan keras menarik simpati dan menciptakan keinginan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Untuk mencapai sasaran dalam suatu usaha pemasaran selalu membutuhkan alat dalam penyampaian informasi kepada konsumennya, salah satunya adalah dengan cara mengeluarkan iklan. Iklan sebuah produk dapat optimum, jika pemilihan kreatifitas iklannya cocok dengan media yang digunakan. Jika menggunakan media cetak maka perusahaan harus membuat iklan yang dapat membuat pembaca atau konsumen mendapatkan informasi akan produk yang optimum tentang harga, tempat pemasaran, serta produk yang diiklankan semenarik mungkin. Di sisi lain, harus diperhatikan bahwa karakteristik setiap pembaca surat kabar sebagai calon konsumen berbeda-beda. Adanya karakteristik tersebut dipengaruhi oleh sikap dan perilaku konsumen, dimana sikap konsumen berhubungan dengan perasaan suka ataupun tidak suka yang ditimbulkan dari pemuatan iklan di surat kabar, sedangkan perilaku konsumen berhubungan dengan proses pengambilan keputusan bermaksud membeli atu tidak membeli dari produk yang diiklankan. Permasalahan yang diajukan oleh peneliti adalah: (1) Bagaimana sikap pembaca Surat kabar terhadap iklan Susu Kedelai? (2) Bagaimana maksud perilaku pembaca Surat kabar tehadap pembelian Susu Kedelai? (3) Variabel apakah dalam iklan Susu Kedelai yang paling terkait erat dengan sikap pembaca surat kabar? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis sikap pembaca Surat kabar terhadap iklan Susu Kedelai (2) Untuk menganalisis maksud perilaku pembaca Surat kabar terhadap Susu Kedelai 3) Untuk mengetahui variabel iklan Susu Kedelai yang paling terkait erat dengan sikap pembaca surat kabar. Kegunaan penelitian ini antara lain (1) Sebagai bahan informasi bagi pembaca dalam studi perilaku konsumen dan riset pemasaran. (2) Sebagai sumber informasi bagi produsen dalam merencanakan strategi pemasaran produk Susu kedelai, terutama dalam bidang periklanan. (3) Sebagai informasi dan bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya. Penentuan lokasi dilakukan dengan sengaja (purposive) yaitu survei terhadap pembaca Surat Kabar di kelurahan Ketawang Gede, Malang. Metode penentuan sampel yaitu dengan accidental sampling yaitu peneliti sengaja memilih sampel kepada siapa pun yang ditemuinya pada tempat, waktu dan cara yang telah dilakukan. Besarnya responden pada penelitian ini mengikuti Malhotra (1996) yaitu sebanyak 45 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis model sikap dan perilaku Fishbein digunakan untuk mengetahui bagaimana sikap dan perilaku maksud membeli konsumen terhadap pemasangan iklan susu kedelai di surat kabar. Kemudian dilanjutkan dengan analisis faktor yang digunakan untuk meringkas variabelvariabel iklan sehingga dapat diketahui faktor iklan apa yang memiliki keterkaitan paling erat dengan sikap dan perilaku konsumen terhadap iklan susu kedelai. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Dari hasil analisis model sikap dan perilaku Fishbein diperoleh sikap pembaca Surat kabar terhadap iklan Susu Kedelai adalah netral cenderung positif. Hal ini menunjukkan bahwa iklan susu kedelai belum cukup menarik perhatian calon konsumen sehingga diperlukan iklan yang lebih menarik lagi untuk membuat sikap calon konsumen tersebut lebih positif. 2. Sedangkan untuk perilaku maksud beli, diperoleh hasil bahwa responden ragu-ragu cenderung bermaksud untuk membeli atau konsumen tidak bisa memastikan apakah akan membeli atau tidak produk susu kedelai. Hal ini sejalan dengan hasil analisis sikap sehingga bisa disimpulkan sikap berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. 3. Dari hasil analisis faktor diperoleh 6 variabel yang direduksi menjadi 2. Dari kedua faktor tersebut faktor Format dan tanggung Jawab Pesan menjadi faktor yang paling utama, variabel yang paling erat kaitannya dengan sikap pembaca surat kabar adalah judul iklan. Berdasarkan hasil penelitian, diberikan beberapa saran sebagai berikut: 1. Untuk menciptakan suatu iklan, perusahaan hendaknya lebih mengembangkan iklan dengan menggunakan faktor yang dipertimbangkan oleh calon konsumen. Dimana faktor yang paling erat kaitannya dengan sikap konsumen adalah faktor isi yang terdiri dari judul iklan, kata-kata serta layak dipercaya. Sehingga pada akhirnya, diharapkan pembaca surat kabar tertarik untuk mencoba produk susu kedelai setelah melihat dan membaca iklan yang diiklankan oleh produsen. 2. Untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan menambah sampel yang lebih mencerminkan populasi serta atribut-atribut iklan yang dipergunakan untuk penelitian mengenai iklan media cetak ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2011/59/051101656
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2011 11:19
Last Modified: 22 Apr 2022 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128849
[thumbnail of 051101656.pdf]
Preview
Text
051101656.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item