Analisis Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Membeli Teh Sosro Dalam Kemasan Botol : Studi Kasus di Daerah Sekitar Universitas Brawijaya Malang

Kusuma, Ayu (2011) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Membeli Teh Sosro Dalam Kemasan Botol : Studi Kasus di Daerah Sekitar Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemahaman terhadap perilaku konsumen semakin penting bagi perusahaan, karena semakin ketatnya persaingan bisnis baik antar perusahaan yang berada dalam industri yang sama maupun dengan perusahaan asing. Liberalisasi perdagangan dan globalisasi secara nyata tidak hanya menjadi sebuah tantangan namun juga menjadi sebuah ancaman yang dianggap berpotensi menggeser produk mereka, mengingat perusahaan-perusahaan nasional masih diliputi berbagai masalah-masalah berat seperti rendahnya kualitas sumber daya manusia serta kondisi perekonomian bangsa yang serba sulit., berbagai upaya perusahaan untuk menghadapi ancaman masuknya pendatang baru dengan memproduksi produk yang sejenis. Produk baru tersebut secara langsung maupun tidak langsung dapat juga mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Maka hal ini menjadi pilihan sulit bagi konsumen karena dihadapkan pada berbagai alternatif pilihan produk yang masing-masing memiliki jaminan mutu atau kualitas yang bersaing dan masuknya pesaing-pesaing inilah yang tentunya juga dapat mengubah perilaku konsumen dalam mengambil suatu keputusan pembelian. Tujuan diadakan penelitian ini, adalah Menganalisis faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam melakukan pembelian teh botol Sosro dan Menganalisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam membeli Teh Botol Sosro. Selain itu, Kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Dengan mengidentifikasi profil konsumen teh Sosro, maka akan memberikan wawasan khususnya bagi peneliti dan pembaca pada umumnya, Sebagai tambahan informasi bagi lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran teh Sosro sehingga mempengaruhi dalam pengambilan keputusan konsumen dalam mengembangkan pangsa pasarnya dan juga Sebagai bahan referensi dan bahan pertimbangan bagi penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan perilaku konsumen pada umumnya, khususnya dalam keputusan pembelian teh botol Sosro dengan asumsi yang lainnya Penelitian ini dilakukan di daerah sekitar Universitas Brawijaya malang, dengan menggunakan analisis faktor untuk mengetahui faktor apa saja yang terbentuk dan analisis logit untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam membeli teh botol Sosro. Setelah dilakukan analisis di temukan 7 faktor yang terbentuk yaitu seperti faktor produk, faktor lingkungan, faktor budaya, faktor kelas sosial, faktor lokasi, faktor promosi, faktor harga ternyata menjadi alasan yang melatar belakangi konsumen dalam memilih Teh Botol Sosro. Hal tersebut menunjukkan konsumen mengkonsumsi juga masih dipengaruhi oleh produk, manfaat yang terkandung, juga karena kelompok acuan (keluarga dan teman). Karakteristik konsumen serta adanya pengaruh dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh produsen juga telah mempengaruhi konsumen dalam membeli teh Sosro dalam kemasan botol. Setelah dilakukan juga analisis regresi logit didapatkan faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen, yaitu variabel pengetahuan konsumen mengenai produk signifikan pada a 1%, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.977 dan apabila bertambah naik satu step maka probabilitas konsumen naik sebanyak 2.710 kali. variabel Promosi signifikan pada a 5%, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.658, hal ini berarti bahwa dengan bertambahnya satu skala promosi akan meningkatkan probabilitas membeli teh sosro dalam kemasan botol 1.931 kali. Dan variabel Pemasaran signifikan pada a 1%, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.912 dan dengan bertambahnya satu skala Pemasaran akan meningkatkan probabilitas membeli teh sosro dalam kemasan botol 2.489 kali. Bagi Perusahaan perlunya mengetahui bahwa perilaku konsumen bisa selalu berubah-ubah. Untuk mempertahankan posisi di pasar, maka diperlukan adanya pengembangkan dan mempertahankan pasar yang telah dimiliki jika pangsa pasar yang ada masih luas. Hal-hal yang harus menjadi perhatian perusahaan adalah lebih meningkatkan strategi pemasaran dan promosi agar tetap mempertahankan penjualan di pasaran. Bagi pemasar hendaknya mengetahui karakteristik konsumen agar dapat meningkatkan strategi pemasaran yang tepat mengingat semakin banyaknya pesaingpesaing baru yang mulai bermunculan dan menawarkan berbagai macam kelebihan yang dibutuhkan oleh konsumen

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2011/57/051100911
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 11 Mar 2011 10:19
Last Modified: 22 Apr 2022 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128847
[thumbnail of 051100911.pdf] Text
051100911.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (31kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (13kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item