Ratriandani, Maria Elfrida Ayu Putu Adisti (2011) Analisis Sikap Konsumen Terhadap Gula (Studi Kasus di Kelurahan Sidokare, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Gula merupakan salah satu sumber kalori dalam konsumsi masyarakat. Selain itu gula juga merupakan kebutuhan pokok karena gula selalu dibeli oleh konsumen secara berulang-ulang. Dengan meningkatnya jumlah penduduk dari tahun ke tahun berakibat meningkatnya konsumsi masyarakat terhadap gula. Adanya fenomena tersebut mengakibatkan persediaan gula akan terus dipasok tidak hanya dari produksi dalam negeri, namun juga luar negeri dengan tujuan memenuhi kebutuhan penduduk. Meningkatnya konsumsi gula ini memberi peluang yang cukup besar bagi pedagang untuk meningkatkan volume penjualan gula. Konsumen mempunyai kekuatan untuk memilih dan membeli gula yang dapat memenuhi kepuasannya sesuai dengan harapan dan keinginan. Pada penilitian ini sikap yang diteliti adalah sikap yang terjadi karena kecenderungan konsumen membeli dan mengkonsumsi gula baik gula bermerek dan non merek. Hal ini karena gula merupakan kebutuhan pokok yang selalu dikonsumsi oleh konsumen. Obyek yang diteliti adalah gula bermerek dan gula non merek yang mudah didapatkan dan tersedia di berbagai tempat. Atributatribut yang dimiliki oleh kedua macam gula tersebut yaitu harga, bentuk kemasan, warna kemasan, bahan pengemas, kesesuaian ukuran kemasan, ketersediaan produk, warna gula, rasa, kebersihan gula, kadar air, ukuran kristal gula, keseragaman ukuran kristal gula, bau, adanya jaminan halal, adanya line layanan konsumen, adanya tanggal kadaluarsa. Kesemua atribut tersebut akan dijadikan komponen penentu pembentukan sikap konsumen terhadap gula bermerek dan gula non merek. Tujuan penelitian ini yaitu, pertama untuk menganalisis atribut-atribut yang dipertimbangkan dalam menentukan sikap konsumen terhadap gula, kedua untuk menganalisis sikap konsumen terhadap gula baik yang bermerek maupun yang tidak, ketiga untuk menganalisis hubungan antara sikap konsumen terhadap gula dengan volume penjualannya. Penelitian dilakukan secara purposive di Kelurahan Sidokare, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Sampel pada penelitian ini terdiri dari sampel konsumen dan sampel pedagang dengan total seluruh sampel adalah 100 sampel. Metode analisis yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian yang pertama adalah analisis Cochran Q Test , untuk menjawab tujuan penelitian yang kedua digunakan analisis Multiciri Fishbein dan untuk menjawab tujuan penelitian yang ketiga digunakan analisis korelasi Rank Spearman . Hasil analisis tujuan pertama menyatakan bahwa atribut yang dipertimbangkan dalam menentukan sikap kosumen pada gula bermerek sama dengan gula non merek yaitu harga, bahan pengemas, ketersediaan produk, warna gula, rasa, kebersihan gula, kadar air, ukuran Kristal gula dan bau. Hasil analisis tujuan yang kedua menyatakan sikap konsumen terhadap gula non merek lebih baik dibandingkan dengan sikap kosumen pada gula bermerek, hal ini dapat dilihat dari jumlah responden yang bersikap “baik” pada gula non merek lebih banyak dibandingkan jumlah responden kelompok sikap yang sama pada gula bermerek. Sedangkan hasil analisis pada tujuan penelitian yang ketiga menyatakan tidak ada hubungan antara sikap konsumen dengan volume penjualannya baik terhadap gula bermerek maupun non merek. Saran untuk penelitian in adalah (1) Bagi pedagang perlu adanya upaya lebih agar konsumen dapat besikap lebih baik terhadap gula bermerek, misalnya dengan cara menjual gula bermerek dengan harga yang sesuai dengan biaya yang dikeluarkan untuk memberikan merek yang menarik, dibandingkan dengan harga gula non merek. (2) Bagi penelitian selanjutnya disarankan agar peneliti lebih selektif lagi dalam menentukan atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen terhadap gula yaitu dengan memilih atribut yang benar-benar melekat pada gula dan mudah dimengerti oleh konsumen dan selektif dalam pemilihan lokasi penelitian yaitu lokasi yang memiliki karakteristik reponden yang lebih beraneka ragam. (3) Bagi penelitian selanjutnya disarankan tidak hanya terbatas pada topik sikap saja tetapi juga meneliti tentang bidang psikologi dan perbedaan individu yang lain (misalnya gaya hidup dan kepribadian) sebagai kelanjutan penelitian ini dari sudut pandang yang berbeda. Bidang ini diharapkan mampu menjawab pergeseran loyalitas konsumen terhadap gula berdasarkan perubahan psikologi dan atau perbedaan individu konsumen baik dalam satu waktu ataupun periodik.
English Abstract
Sugar is one source of the calories in consumption of the people. Moreover, sugar is basic needs that is why it is always purchased. With the increasing number of population every year will lead to increase it consumption. Those phenomena causing the sugar’s supplies will be not only from domestic production but also from abroad, in order to supplied the needs. Increasing of sugar ’s consumption also give a substantial opportunities to sugar traders in increase their sales. Consumers have the power to choose and purchase sugar that can satisfy with their hope and desire. In this research, the attitude that observed is consumer’s tendency in purchased and consume of sugar. This because sugar is basic needs that is why it is always consumed by consumers. The objects of this research consist of branded sugar and non branded sugar. The attributes both of sugar kind are price, packaging design, packaging color, packaging material, suitability packaging size, available of product, color of sugar, taste, hygienist of sugar, water content, crystal sugar size, uniformity of crystal sugar size, smell, availability of kosher warranty, availability of consumer service line, availability of expired date. All attributes that used as the formation component of attitudes towards sugar. The purpose of this research are, first to analyze the attributes are considered in determining the consumer’s attitude toward branded sugar or not, second to analyze consumer ’s attitude on branded sugar or not, and third to analyze the correlation between consumer ’s attitude of sugar with sales volume. This research done purposive at Sidokare Village, Sidoarjo Sub district, Sidoarjo Regency. Sample in this research consist of consumer sample and trader sample with total sample is 100 samples. The analysis method used to answer the first research objective is a Cochran Q Test analysis, the analysis method used to answer the second research objective is a Multiciri Fishbein analysis and the analysis method used to answer the third research objective is a Rank Spearman correlation. The result analysis of the first goal stated that the attributes are considered in determining the customer ’ s attitude of branded sugar same with non branded sugar, those are price, packaging material, and availability of product, color of sugar, taste of sugar, hygienist of sugar, uniformity of crystal sugar size and smell of sugar. The result analysis of the second goal stated that the consumer ’s attitude of non branded sugar is better than the consumer ’s attitude of branded sugar. This matter can be seen from amount of responder behaving “good” on non-branded sugar is bigger than branded sugar. While the result analysis of the third goal stated that not any correlation between consumer ’s attitude with sales volume both of branded sugar and non branded. The suggestion of the research are (1) For the trader, need the more effort in order to consumers can have a good attitude of branded sugar, such as selling branded sugar with price that appropriate with the cost to give a attractive brand. (2) For further research is recommended for researcher to more selective in choose attributes that consider to determine the attributes towards sugar, that is with choose attributes are easily understood by consumers and more selective to choose the resear ch location, that is location with various respondent’s characteristic. (3) For further research advised to research about psychology sector and difference of other individual (for example life style and personality) as a continue research from different point of view. This is able to answer of consumer ’s attitude towards sugar based on psychology change and difference of other individual both in one time or periodic.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2011/255/051104902 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 16 Mar 2012 09:26 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 03:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128765 |
Preview |
Text
051104902.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |