Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Kinerja Bauran Pemasaran PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Wisata Agro Wonosari

Fitriana, Henidiah (2011) Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Kinerja Bauran Pemasaran PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Wisata Agro Wonosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Prospek industri pariwisata Indonesia diprediksikan WTO akan semakin cemerlang, dengan perkiraan pada tahun 2010 akan mengalami pertumbuhan hingga 4,2% per tahun. Hal ini termasuk pariwisata dalam bentuk agrowisata. Kecenderungan pemenuhan kebutuhan dalam bentuk menikmati obyek-obyek spesifik seperti udara yang segar, pemandangan yang indah, pengolahan produk secara tradisional, maupun produk-produk pertanian modern dan spesifik menunjukkan peningkatan yang pesat. Kecenderungan ini merupakan signal tingginya permintaan akan agrowisata. Wisata Agro Wonosari (WAW) didirikan sejak tahun 1994 dalam rangka diversifikasi usaha yang dilakukan Kebun Teh Wonosari yang masih berada dalam naungan PT Perkebunan Nusantara XII (Persero). Pada saat pengunjung mengunjungi obyek wisata tertentu mereka memiliki harapan/kepentingan dan persepsi yang berbeda-beda terhadap kunjungan yang dilakukannya. Eksistensi suatu obyek wisata sangat tergantung kepada pengunjung. Agar dapat memenangkan persaingan yang semakin kompetitif, tuntutan akan kebutuhan dan kepuasan yang diinginkan pengunjung haruslah diwujudkan dalam bentuk yang memuaskan yaitu kesesuaian antara harapan pengunjung dan kinerja perusahaan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis sejauh mana tingkat kesesuaian antara kepentingan pengunjung terhadap kinerja PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Wisata Agro Wonosari ditinjau dari dimensi bauran pemasaran. (2) Menganalisis tingkat kepuasan pengunjung terhadap kinerja PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Wisata Agro Wonosari ditinjau dari dimensi bauran pemasaran. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah diduga terdapat kesesuaian dalam dimensi bauran pemasaran antara tingkat kepentingan pengunjung dengan kinerja PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Wisata Agro Wonosari dan diduga pengunjung merasa puas dengan kinerja PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Wisata Agro Wonosari ditinjau dari dimensi bauran pemasaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penentuan lokasi dilakukan dengan sengaja (purposive) yaitu di Wisata Agro Wonosari, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Pada penelitian ini, jumlah sampel yang diambil adalah 84 responden dengan menggunakan pendekatan Malhotra. Pengambilan data primer dilakukan dengan menyebar kuesioner pada responden yang secara kebetulan dijumpai langsung oleh peneliti dan bersedia dijadikan sampel. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, Importance-Performance Analysis (IPA) yang terdiri dari analisis kesenjangan dan analisis kuadran, serta Customer Satisfaction Index (CSI). Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa Tingkat kesesuaian antara kinerja yang diberikan PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Wisata Agro Wonosari terhadap tingkat kepentingan/ harapan pengunjung melalui atribut-atribut dimensi bauran pemasaran adalah sebesar 90,36 % dan diketahui nilai rata-rata selisih bobot analisis gap/kesenjangan sebesar -0,4. Dapat dikatakan bahwa kinerja perusahaan dalam memberikan kepuasan kepada pengunjung adalah baik. Dengan tingkat kepuasan pengunjung mencapai 73,43%. Pihak manajemen Wisata Agro Wonosari harus terus meningkatkan kinerja perusahaannya terutama dengan melakukan perbaikan untuk variabel fasilitas pelayanan, kualitas pelayanan, akses situs internet dan kompetensi/kemampuan pemandu. Selain itu, juga harus mempertahankan kinerja dari variabel panorama lokasi, kebersihan dan kenyamanan, adanya diskon yang diberikan, keramahan dalam pelayanan, lokasi yang strategis, kelengkapan peralatan dan perlengkapan serta kualitas paket wisata untuk mempertahankan kepuasan pengunjung.

English Abstract

Prospect of Indonesias tourism industry predicted by WTO will increase up to 4.2% per year in 2010. These include tourism in the form of agrotourism. Human preferences to enjoy the specific objects like the fresh air, beautiful scenery, a traditional product processing, as well as modern agricultural products and specifically shows a rapid increase. This trend is a signal of high demand for agro-tourism. Wisata Agro Wonosari (WAW) was established since 1994 in order to diversify the work done Wonosari Tea Plantation which is a group of PT Perkebunan Nusantara XII (Persero). When visitors visit a certain tourism, they have expectations/importance and different perceptions of their visit. In order to win the competition of an increasingly competitive in agrotourism, the demands and needs of the consumers want satisfaction must be realized in the form of a satisfaction between consumer expectation and the performance given by the company. This research will (1) analyze how far the conformance level between the visitors‟s importance to the performance of PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Agro Tourism Wonosari considered from the dimensions of the marketing mix and (2) analyze the level of visitor satisfaction on the performance of PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Agro Tourism Wonosari considered from the dimension of marketing mix. The hypothesis proposed in this study were expected that there are conformance between the level of visitors‟s importance to the performance of PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Wisata Agro Wonosari‟s marketing mix dimensions and expected that visitors were satisfied with that performance. Data used in this research are primary and secondary data. Location determination method performed by purposive, that is in Wisata Agro Wonosari, Singosari District, Malang Regency. The number of samples taken were 84 respondents using Malhotra approach. Primary data collection is conducted by distributing questionnaires to the respondents which found directly by researchers and willing to be sampled. Data analysis methods were used validity and reliability test, descriptive analysis, Importance-Performance Analysis (IPA) consisting of gap analysis and quadrant analysis, and Customer Satisfaction Index (CSI). The results show that the level of conformance between visitor‟s importance to the performance of PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Wisata Agro Wonosari‟s marketing mix is 90.36% and known the average value of the gap analysis is -0.4. It could be argued that the companys performance in providing satisfaction to the visitor is good. With the level of visitor satisfaction reached is 73.43%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2011/24/051100508
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2011 09:11
Last Modified: 20 Apr 2022 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128750
[thumbnail of 051100508.pdf]
Preview
Text
051100508.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item