Pengaruh Biaya Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Benih Jagung Pada PT. Syngenta Seed Division Sub Region Probolinggo.

Prastiwi, Andri (2011) Pengaruh Biaya Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Benih Jagung Pada PT. Syngenta Seed Division Sub Region Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan promosi sangatlah penting karena bertujuan untuk memperkenalkan produk serta mempercepat proses diterimanya produk di pasar. Dalam hal ini memberikan peluang bagi pesaing dengan kebijakan promosi yang lebih baik untuk dapat mengisi celah yang ditinggalkan oleh produk sebelumnya. Dari kegiatan promosi diharapkan muncul ketertarikan dari calon konsumen sehingga akan menghasilkan keputusan untuk membeli produk tersebut dan diharapkan pula untuk pembelian ulang sehingga membentuk pelanggan tetap. Seperti diketahui bahwa persaingan antar perusahaan sejenis saat ini sangatlah ketat, sehingga menuntut suatu perusahaan untuk bersaing dalam memasarkan produknya, salah satu cara yang digunakan yaitu dengan melaksanakan kegiatan promosi. Kegiatan promosi yang baik juga akan memberikan pengaruh yang positif akan suatu produk. Sehingga dengan adanya promosi, diharapkan akan meningkatkan volume penjualan suatu produk. Bauran promosi meliputi 4 variabel yaitu, periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan dan publisitas atau hubungan masyarakat. Penerapan promosi secara efektif merupakan salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan volume penjualan dan pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan yang diterima oleh perusahaan. Dari uraian diatas dapat dirumuskan beberapa pertanyaan dalam penelitian yaitu (1) Bagaimanakah pelaksanaan promosi PT. Syngenta Seed wilayah pemasaran Probolinggo untuk benih jagung yang dilakukan khususnya dalam rangka meningkatkan volume penjualan? (2) Bagaimana pula pengaruh pelaksanaan promosi yang diterapkan oleh PT. Syngenta Seed wilayah pemasaran Probolinggo terhadap volume penjualan benih jagung? Dan adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk (1) Menganalisis pelaksanaan promosi benih jagung yang dilakukan oleh PT. Syngenta (2) Menganalisis pengaruh pelaksanaan promosi terhadap volume penjualan benih jagung NK pada PT. Syngenta Seed wilayah pemasaran Probolinggo. Sedangkan untuk metode penelitian yang digunakan yaitu berupa analisis deskriptif dimana menggambarkan keadaaan promosi serta mendeskripsikan berbagai kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. Syngenta Seed. Dan untuk analisis kuantitatif menggunakan regresi linier berganda yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi terhadap volume penjualan dan menggunakan uji t untuk mengetahui apakah variabel promosi berpengaruh secara parsial terhadap volume penjualan dan uji F untuk mengetahui apakah variabel promosi berpengaruh secara simultan terhadap volume penjualan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa PT. Syngenta Seed wilayah pemasaran Probolinggo dalam menyelenggarakan kegiatan promosinya dikelompokkan menjadi beberapa diantaranya (1) Periklanan yang berupa pamflet, brosur, kalender, dan umbul-umbul (X1), (2) Promosi penjualan yang berupa diskon, potongan harga, sampel, dan pemberian souvenir (X2), (3) Penjualan perorangan yang berupa kunjungan distributor, small farm meeting, big farm meeting, key farm and key person visiting (X3), (4) Publisitas/hubungan masyarakat yang berupa field trip, expo dan sponsorship (X4). Dari keempat variabel biaya bauran promosi tersebut yang paling dominan dalam mempengaruhi volume penjualan benih jagung NK adalah biaya penjualan perorangan. ii Berdasarkan analisis regresi linier berganda antara variabel promosi dengan volume penjualan dengan data dari tahun 2006 hingga 2010 diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan (X2), personal selling (X3), dan publisitas (X4) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan yang dapat meningkatkan volume penjualan dalam setiap kenaikan biayanya. Sedangkan untuk variabel periklanan (X1) tidak berpengaruh secara signifikan karena dari hasil uji t yang menunjukkan nilai lebih dari 0,05 sehingga tolak Ha dan dalam uji t diperoleh hasil bahwa setiap kenaikan biaya periklanan maka akan menurunkan volume penjualan. Sehingga saran untuk kegiatan periklanan dalam perusahaan sebaiknya mengkaji ulang kembali biaya periklanan yang kemungkinan kurang efektif dan lebih meningkatkan lagi kegiatan promosi penjualan (X2), personal selling (X3), dan publisitas (X4) karena berdasarkan hasil analisis yang menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan terhadap volume penjualan. Selain itu sebaiknya perusahaan memberikan pelatihan khusus kepada para tenaga pemasar agar ketika pergantian struktur organisasi tidak akan menurunkan volume penjualan. Untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan promosi, peneliti sebaiknya memperhatikan jumlah sampel yang digunakan dalam hal ini menggunakan data time series .

English Abstract

iii Promotional activities are very important because it aims to introduce products and accelerate the process of product acceptance in the market. In this case provides an opportunity for competitors with better promotion policy to be able to fill the gap left by the previous product. From the promotional activities are expected to show interest from potential customers that will result in a decision to purchase these products and is also expected to repeat that form a regular customer. As it is known that the competition among its peers at this time is very tight, so as to demand a company to compete in marketing their products, one of the means employed is to carry out promotional activities. A good promotional activities will also be making a positive impact of a product. So with the campaign, is expected to increase the volume of sales of a product. Promotion mix includes 4 variables, namely, advertising, sales promotion, personal selling and publicity or public relations. Implementation of effective promotion is one contributing factor to increasing sales volume and ultimately increase profits received by the company. From the description above can be formulated some questions in the study: (1) How is the implementation of promotional PT. Syngenta Seed Probolinggo marketing area for maize seed which is done to increase sales volume? (2) How did the influence of campaign adopted by the PT. Syngenta Seed Probolinggo marketing area to volume of sales of corn seeds? And as for the purpose of this research is to (1) analyze implementation of the promotion of corn seed made by PT. Syngenta (2) analyze the influence of campaign against NK corn seed sales volume in PT. Syngenta Seed marketing area of Probolinggo. As for research method used in the form of descriptive analysis which describes the circumstances described the promotion as well as various promotional activities conducted by PT. Syngenta Seed. And for quantitative analysis using multiple linear regression used to determine how much influence the promotion of the volume of sales and use t test to determine whether the promotion variables have an effect on sales volume and the partial F test to determine whether the promotion variables affect simultaneously on sales volume. The result showed that the PT. Syngenta Seed marketing area meyelenggarakan Probolinggo in its promotional activities are grouped into several of them (1) Advertising in the form of pamphlets, brochures, calendars, and banners (X1), (2) Sales promotion in the form of discounts, rebates, samples, and souvenir gift (X2), (3) Sales of individuals who visit the distributor, the small farm meetings, big farm meetings, key farm and visiting key person (X3), (4) Publicity / public relations in the form of field trips, expo and sponsorship (X4) . Of the four promotional mix variable cost is the most dominant in influencing the volume of sales of corn seed NK is the cost of individual sales. Based on multiple liniear regression analysis between variables promotion with sales volume with data from 2006 to 2010 obtained results show that the sales promotion variables (X2), personal selling (X3), and publicity gave a significant effect on sales volumes that can be increase the volume of sales in any increase in costs. As for the advertising variable (X1) is not affected significantly because of the t test results that show the value of more than 0,05 so reject Ha and the t test results obtained that any increase in advertising costs will be lower sales volume. So the advice to advertising activities within the company should review the possibility of advertising costs are less effective more promotional activities increase sales again (X2), personal selling (X3), and publicity (X4) because based on the results of the analysis indicate a significant positive influence to sales volume. In addition the company should provide specialized training to the marketers that when changing the organizational structure will not reduce the sales volume. For further research relating to the promotion, researchers should consider the number of samples used in this case using time series data. iv

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2011/164/051103652
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Mar 2012 10:07
Last Modified: 19 Apr 2022 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128669
[thumbnail of 051103652.pdf]
Preview
Text
051103652.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item