Dewi, Yolla Fitria (2011) Analisis Kepercayaan Merek Petani (Farmer’s Brand Trust) Pada Pupuk Organik Merek “Super Petroganik” : Studi Kasus di Dusun Ngudi, Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada saat ini banyak sekali permasalahan yg muncul di bidang pertanian yg menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat Indonesia, seperti mengalami penurunan kesuburan akibat penggunaan pupuk kimia, sehingga produktivitasnya pun menjadi menurun. Departemen Pertanian sejak tahun 2000 telah memberikan perhatian yang serius terhadap pengembangan pertanian organik di Indonesia. Bahkan pada saat itu dicanangkan untuk mencapai Go Organik 2010. Dengan keadaan tersebut maka hal yang perlu dievaluasi yaitu, dalam peningkatan produksi pertanian yang selalu menggunakan bahan-bahan kimia dengan dosis tinggi, untuk disesuaikan secara bertahap menjadi sistem pertanian yang ramah lingkungan (pertanian organik). Pupuk organik pada saat ini telah banyak beredar di pasaran. Untuk memenuhi kebutuhan petani akan pupuk organik yang semakin meningkat, perusahaan pupuk organik juga menciptakan berbagai merek dengan kualitas yang semakin baik. Knapp (2000) menjelaskan bahwa dalam dunia industri, merek tidak hanya dikaitkan oleh produk tetapi juga dengan berbagai strategi yang dilakukan oleh perusahaan. Terkait dengan alih teknologi dan perluasan penggunaan pupuk organik, BUMN pupuk terbesar yaitu PT. Petrokimia Gresik (Petrogres) secara ekspansif mengembangkan pupuk organik (Petroganik) dengan merek “Super Petroganik”. Munculnya PT. Petrokimia Gresik (Petrogres) yang memproduksi merek “Super Petroganik” tersebut menjadikan petani sebagai konsumen semakin memiliki banyak pilihan akan merek pupuk organik yang akan mereka gunakan. Keberadaan merek yang di produksi oleh suatu perusahaan akan mempengaruhi bagaimana kepercayaan produsen akan suatu produk tersebut. Menurut Lau & Lee (1999), kepercayaan terhadap merek merupakan kesediaan atau kemauan konsumen dalam menghadapi resiko yang berhubungan dengan merek yang dibeli akan memberikan hasil yang positif atau menguntungkan. Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan diatas, maka hal inilah yang menjadikan alasan bagi peneliti mengangkat tema tentang kepercayaan merek (Brand Trust) dengan menganalisis Brand Trust pupuk organik merek “Super Petroganik” tersebut di mata petani. Oleh sebab itu maka dilakukan penelitian mengenai ”Analisis Kepercayaan Merek Petani (Farmer’s Brand Trust) Pada Pupuk Organik Merek “Super Petroganik””. Tujuan penelitian ini yaitu mengukur variabel serta menganalisis Brand Trust petani sebagai konsumen terhadap pupuk organik “Super Petroganik”, yang terdiri dari brand characteristic, company characteristic dan consumer-brand characteristic, serta mendeskripsikan evaluasi strategi pemasaran pupuk organik merek “Super Petroganik” Penelitian yang dilakukan mengambil lokasi di Dusun Ngudi, Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Penentuan lokasi tersebut dilakukan secara sengaja (purpossive). Penentuan jumlah sampel diperoleh dengan pendekatan Malhotra (1996), yaitu untuk menentukan ukuran sampel dari populasi, ditetapkan sesuai dengan variabel atau butir pertanyaan yang digunakan dalam penelitian. Menurutnya, jumlah sampel (responden) paling sedikit 4 atau 5 kali jumlah variabel yang digunakan dalam penelitian.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 3, antara lain brand characteristic, company characteristic dan consumer-brand characteristic, sehingga jumlah sampel minimalnya adalah sebanyak 15 responden dianggap sudah mewakili persyaratan. Dalam penelitian ini, responden yang diteliti adalah sejumlah 50 orang petani yang tergabung dalam kelompok tani “Amar Tani”. Variabel - variabel tersebut diukur dengan menggunakan skala pengukuran yaitu skala Likert dan kemudian dilakukan skoring. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan dalam menjawab rumusan masalah adalah dengan menggunakan teknik analisis rentang skala. Dimana teknik analisis rentang skala digunakan untuk mengetahui level of trust dari kepercayaan merek (brand trust) yaitu trust ataupun distrust. Sebelumnya, instrument penelitian tersebut dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk mengukur tingkat kesahihan dan keandalan instrumen. Dari hasil pengujian validitas dan reliabilitas, keseluruhan item variabel dinyatakan valid dan reliabel. Analisis Brand Trust didasarkan atas 3 variabel yaitu Brand Characteristic, dengan total rata-rata 4,13, Company Characteristic, dengan total rata-rata 3,67, dan Consumer-Brand Characteristic dengan total ratarata 4,35. Dari total rata-rata masing-masing variabel diatas, maka dapat diketahui keseluruhan rata-ratanya adalah sebesar 4,05. Dapat disimpulkan bahwa nilai total rata-rata tersebut adalah berada antara 3,4 – 4,20, dimana pada ketentuan rentang skala nilai tersebut termasuk dalam kriteria “Baik”, maka dapat diketahui pula Level of Trust pada Brand Trust petani terhadap pupuk organik merek “Super Petroganik” yaitu berada di level Trust (positif). Berdasarkan evaluasi strategi pemasaran pupuk organik merek “Super Petroganik” yang dapat dilihat dari segmentasi (segmentation), penentuan pasar sasaran (targetting), penempatan posisi produk (positioning) dan bauran pemasaran (4P) ini sudah baik. Saran yang diajukan sebaiknya PT. Petrokimia Gresik tetap mempertahankan apa yang telah dilakukan untuk produk maupun konsumennya selama ini, sehingga kepercayaan merek (Brand Trust) pada petani sebagai konsumen dari produknya tetap tercipta dengan baik dan dapat lebih melebarkan sayap promosi produknya serta distribusinya ke berbagai daerah yang lebih luas lagi, sehingga konsumen atau petani dapat dengan mudah memperoleh produk yang diinginkannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2011/134/051102853 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 15 Aug 2011 10:21 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 01:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128639 |
Preview |
Text
051102853.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |