Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Jambu Kristal Di Ud. Bumiaji Sejahtera Kota Batu

Kurniawan, Ridwan Adi (2018) Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Jambu Kristal Di Ud. Bumiaji Sejahtera Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya kebutuhan dan kesadaran manusia pada era globalisasi saat ini terhadap pentingnya konsumsi buah menjadikan peluang bagi para petani untuk terus mengembangkan produksi buah-buahan di Indonesia. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah produksi terhadap permintaan buahbuahan. Data tahun 2013 sampai 2015 tercatat produksi buah-buahan di Indonesia mengalami peningkatan. Tahun 2013 produksi buah-buahan sebesar 18.288.279 ton, tahun 2014 sebesar 19.805.977 ton dan tahun 2015 meningkat sebesar 20.167.376 ton (Badan Statistik Pertanian, 2016). Salah satu komoditi buahbuahan yang diunggulkan adalah jambu biji. Perkembangan produksi jambu biji di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tahun 2013 produksi jambu biji sebesar 181.632 ton, tahun 2014 sebesar 187.406 ton, tahun 2015 sebesar 195.743 ton dan tahun 2016 sebesar 206.986 ton (Statistik Pertanian, 2016). Salah satu penyumbang produksi jambu biji di Indonesia adalah provinsi Jawa Timur. Jawa Timur merupakan penghasil produksi jambu biji terbesar kedua setelah Jawa Barat, catatan terakhir 2016 produksi jambu biji sebesar 30.528 ton, produksi tersebut mengalami peningkatan disetiap tahunnya, dimana tahun 2014 dan 2015 jambu produksi sebesar 26.590 ton dan 28.339 ton buah (Statistik Pertanian, 2016). UD. Bumiaji Sejahtera merupakan salah satu pelaku usaha budidaya jambu kristal di Kecamatan Bumiaji Kota Batu Provinsi Jawa Timur. Berbekal dari background keluarga yang mengajar di bidang pertanian kemudian mendirikan unit usaha yaitu UD. Bumiaji Sejahtera dengan melakukan budidaya jambu kristal bermula dari 20 bibit jambu. UD. Bumiaji Sejahtera menekuni usaha tersebut mulai dari membudidayakan jambu kristal hingga memasarkannya sampai saat ini. Setiap tahunnya permintaan jambu semakin bertambah, hal tersebut dapat dilihat dari meningkat jumlah produksi jambu biji setiap tahunnya. Seiring dengan meningkatnya produksi jambu kristal menunjukkan bahwa usaha budidaya jambu kritsal potensi untuk dijalankan. UD. Bumiaji Sejahtera dihadapkan berbagai persaingan usaha sejenis, karena mulai banyak usaha yang sejenis hadir dan bersaing merebut pasar. Adanya berbagai persaingan tersebut, dapat menjadi kendala bagi UD. Bumiaji Sejahtera untuk mencapai tujuan maupun perkembangan usaha yang dijalankan UD. Bumiaji Sejahtera. Untuk mengatasi permasalahan tersebut UD. Bumiaji Sejahtera memerlukan perencanaan dalam melakukan kegiatan pemasaran. Menerapkan pemasaran yang baik dibutuhkan strategi pemasaran yang baik pula dalam memasarkan jambu kristal ke konsumen sehingga dapat tercapai peningkatan volume penjualan dan meningkatnya pangsa pasar jambu kristal. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh UD. Bumiaji Sejahtera agar tetap bertahan dan berkembang pada usahanya yaitu melalui strategi pemasaran yang diterapkan atas dasar bauran v pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap volume penjualan jambu kristal di UD. Bumiaji Sejahtera, Menganalisis variabel bauran pemasaran yang memberikan pengaruh paling dominan dan signifikan terhadap volume penjualan jambu kristal di Bumiaji Sejahtera. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel product (X1), price (X2), place (X3), dan promotion (X4), secara bersama-sama mempengaruhi volume penjualan (Y), dimana variabel product (X1) adalah variabel yang memiliki koefisien beta yang paling besar, sehingga variabel Y lebih banyak dipengaruhi oleh variabel product (X1) dari pada variabel lainnya. Koefisien yang dimiliki oleh variabel product (X1) bertanda positif, hal ini berarti bahwa semakin banyak produk yang dihasilkan maka volume penjualan akan semakin meningkat dan sebaliknya semakin sedikit produk yang dihasilkan maka volume penjualan akan semakin menurun. Saran untuk UD. Bumiaji Sejahtera yaitu lebih memperhatikan kombinasi unsur bauran pemasaran 4P yang terdiri dari ketersediaan jambu kristal, dengan selalu mengontrol jumlah jambu kristal yang tersedia, mengingat variabel produk (product) adalah variabel paling dominan diantara variabel yang lain. Variabel yang kedua yaitu untuk tingkat harga (price), selalu mengontrol harga jambu kristal agar perbandingan dengan harga pesaing dan harga pasar tidak terpaut jauh, penetapan harga yang terlalu tinggi akan membuat konsumen beralih ke produsen lain, jumlah tempat yang digunakan pemasaran (distribution) dengan cara menambahkan jumlah tempat pemasarannya, dimana setiap bulan harusnya memiliki target dalam menentukan jumlah tempat pemasaran, untuk biaya promosi (promotion) dengan cara mengontrol biaya promosi agar tidak mencapai terlalu tinggi, namun tetep menjaga kegiatan promosi supaya lebih efektif, dan efisien, hal ini dikarenakan nantinya akan mempengaruhi harga produk.

English Abstract

The increasing need and human consciousness in the current era of globalization towards the important of fruit consumption the opportunity for farmers to continue to develop fruit production in Indonesia. This is indicated of the increasing amount of production on demand for fruits. Data from 2013 to 2015 recorded fruit production in Indonesia has increased. In 2013 the produce of fruits amounted to 18,288,279 tons, in 2014 of 19,805,977 tons and in 2015 increased by 20,167,376 tons (Agricultural Statistics Agency, 2016). One of the best fruits commodity is guava. The develop of guava production in Indonesia has increased every year. In 2013, the produce of guava is 181,632 tons, 2014 of 187,406 tons, 2015 by 195,743 tons and 2016 by 206,986 tons (Agricultural Statistics 2016). One of the contributors to the produce of guava in Indonesia is the province of East Java. East Java is the second largest cashew producer after West Java, the last record of 2016 guava production is 30,528 tons, the production has increased every year, where 2014 and 2015 production of 26,590 tons and 28,339 tons of fruit (Agricultural Statistics, 2016). UD. Bumiaji Sejahtera is one of the cultivators of cultivated cultivation in Bumiaji Sub-district, East Java Province. Armed with family background teaching in agriculture then established business unit that is UD. Bumiaji Sejahtera by cultivating the cashew crystals started from 20 seeds cashew. UD. Bumiaji Sejahtera pursue the business ranging from cultivating cashew to marketing it to date. Every year the demand for cashew is growing, it seen from the increasing number of guava production every year. Along with the increased production of cashew crystal indicates that the potential guava cultivation effort to run. UD. Bumiaji Sejahtera faced various similar business competition, because started many similar business present and compete for market. The exist of various rivalries, an obstacle for this effort to achieve UD goals. Bumiaji Sejahtera and business development conducted by Bumiaji Sejahtera. To overcome these problems UD. Bumiaji Sejahtera requires planning in doing marketing activities. To apply good marketing it takes a good marketing strategy also to market the crystal guava to the consumer so as to achieve increased sales volume and increased market share of crystal guava. A marketing strategy that UD can apply. Bumiaji Sejahtera in order to survive and grow in its business that is through marketing strategy applied on the basis of marketing mix. The purpose of this study is to analyze the effect of marketing mix variables to the sales volume of crystal guava in Bumiaji Sejahtera, Analyze marketing mix variables that give the most dominant and significant influence to the volume of crystal guava sales in Bumiaji Sejahtera. The results of this study indicate that product (X1), price (X2), place (X3), and promotion (X4) variables together influence sales volume (Y), where product variable (X1) is a variable that has a beta coefficient the largest, so that the Y vii variable is more influenced by the product variable (X1) than the other variables. The coefficient possessed of product variable (X1) is positive, this means that more and more product is produce then the sales volume will increase and vice versa the less product is produce then the sales volume will decrease. Suggestions for UD. Bumiaji Sejahtera is paying more attention to the combine of 4P marketing mix elements consisting of the obtain of guava crystals, by always controlling the amount of cashew guava available, considering the product variable is the most dominant variable among the other variables. The second variable is for price level, always control the price of crystal guava for comparison with competitor price and market price is not far adrift, too high pricing will make the consumer switch to other producers, the number of place used by the marketing (distribution) with how to add the number of marketing places, where every month should have a target in determining the number of marketing places, for promotion costs by controlling the promotion cost so as not to reach too high, will affect the price of the product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/696/051810172
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran, Pemasaran, Peningkatan Volume Penjualan, Jambu Kristal
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Oct 2018 08:00
Last Modified: 20 Oct 2021 09:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12855
[thumbnail of RIDWAN ADI KURNIAWAN.pdf] Text
RIDWAN ADI KURNIAWAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (15kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (6kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item