Analisis Brand Image Pupuk Bio Organik Merek “Pomi” : Studi Kasus Di Dusun Junwatu, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Rahmi, Palupi Permata (2011) Analisis Brand Image Pupuk Bio Organik Merek “Pomi” : Studi Kasus Di Dusun Junwatu, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam kondisi persaingan usaha yang semakin ketat saat ini perusahaan perlu memanfaatkan sumber dayanya dengan optimal, termasuk berusaha menciptakan atau melakukan rekayasa yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen, misalnya melalui citra merek produknya. Pada saat ini, pelanggan atau konsumen tidak hanya melihat sesuatu produk dari harga dan kualitas, tetapi juga melihat dari brand image yang melekat pada produk yang dikonsumsi. Menurut Low dan Lamb Jr (2000) citra merek adalah persepsi tentang suatu merek sebagai refleksi asosiasi merek yang terbentuk dalam ingatan konsumen. Keunggulan persaingan yang didasarkan pada fungsi merek dapat menghasilkan citra merek yang positif serta menciptakan keunggulan kinerja dan profitabilitas perusahaan, laba jangka panjang dan potensi pertumbuhan (Del Rio et al, 2001). Untuk mencapai hasil tersebut, menurut Keller (1993) strategi yang efektif untuk menciptakan asosiasi merek yang kuat adalah dengan memadukan bauran komunikasi (promosi), yaitu dengan periklanan, promosi penjualan, publisitas, pemasaran langsung dan kemasan yang didesain secara khusus. Berdasarkan uraian diatas, maka penelitian ini difokuskan pada brand image pupuk Bio Organik merek “Pomi”, dengan menganalisis brand image atau citra merek pupuk Bio Organik merek “Pomi” tersebut di mata petani sehingga diperoleh hasil yang menunjukkan eksistensi merek yang digunakan untuk langkah strategis pemasaran bagi perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk dilaksanakan penelitian mengenai ”Analisis Brand Image Pupuk Bio Organik Merek ”Pomi” yang dilakukan di Dusun Junwatu, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Tujuan penelitian ini antara lain untuk menganalisis brand image petani terhadap pupuk Bio Organik merek “Pomi” berdasarkan variabel – variabel brand image yaitu strength, uniqueness and favourable, mendeskripsikan atribut-atribut dari brand image apa saja yang dipertimbangkan petani dalam membeli dan menggunakan pupuk Bio Organik merek `Pomi`, dan yang terahkir, untuk mendeskripsikan evaluasi strategi pemasaran yang telah dilakukan perusahaan tersebut. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) di Dusun Junwatu, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Jumlah sampel responden sebanyak 55 petani. Penentuan jumlah sampel diperoleh dengan pendekatan Malhotra, yaitu jumlah sampel yang diambil adalah 4 / 5 kali variabel yang digunakan dalam penelitian. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 11, yaitu. Adapun atribut dari variabel strength adalah Pengalaman, Harga, Kualitas, Rekomendasi perorangan, Iklan. Atribut untuk variabel uniqueness adalah variasi layanan, variasi Harga, diferensiasi penampilan fisik produk, dan atribut dari variabel favorable yaitu kemudahan merek untuk diucapkan, kemampuan merek untuk mudah diingat, kesesuaian kesan merek pada benak konsumen. Variabel yang diukur adalah strength uniqueness, favorable. Variabel tersebut diukur dengan menggunakan skala pengukuran yaitu skala Likert. Selanjutnya dilakukan Uji Mean (rata-rata). Sebelumnya, instrument penelitian tersebut dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk mengukur tingkat kesahihan dan keandalan instrumen. Dari hasil pengujian validitas dan reliabilitas, keseluruhan item baik variabel maupun atribut dinyatakan valid dan reliabel. Analisis brand image didasarkan atas 3 variabel yaitu Variabel strength, nilai rata-rata (mean) keseluruhan untuk variabel strength adalah 4,26. Variabel uniqueness, nilai ratarata (mean) keseluruhan untuk variabel uniqueness adalah 4,11. Variabel favorable, nilai rata-rata (mean) keseluruhan untuk variabel favorable adalah 4,25. Secara keseluruhan nilai rata-rata (mean) berdasarkan variabel brand image (strenght, uniqueness, dan favorable) pupuk Bio Organik merek “Pomi” adalah 4,21. Nilai rata-rata (mean) ini menunjukkan positifnya brand image, karena nilai rata-rata (mean) in lebih dari 3, maka dianggap brand image petani terhadap pupuk Bio Organik merek “Pomi” adalah positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2010/306/051100307
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2011 10:03
Last Modified: 18 Apr 2022 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128540
[thumbnail of 051100307.pdf] Text
051100307.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (31kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (13kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item