Analisis strategi pengembangan produk olahan Kusuma Agrowisata Batu

Putro, Hendro Basundoro Nowowelasing Catur (2010) Analisis strategi pengembangan produk olahan Kusuma Agrowisata Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia memiliki sumberdaya hortikultura tropika yang berlimpah berupa keaneragaman genetik yang luas, keaneragaman sumberdaya lahan, iklim, dan cuaca yang dapat dijadikan suatu kekuatan untuk menghadapi persaingan yang makin ketat dalam agribisnis hortikultura di masa depan. Subsektor hortikultura memiliki potensi produksi dan potensi pasar yang tinggi. Hal ini didasari oleh meningkatnya permintaan masyarakat terhadap komoditas hortikultura di dalam negeri baik dalam hal kuantitas maupun kualitas. Peningkatan permintaan tersebut sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk, peningkatan pendapatan, dan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi yang berasal dari buah dan sayur, untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesegaran jasmani, serta meningkatkan daya tahan terhadap penyakit. Untuk pemilihan metode yang efektif dan efisien sehingga dapat menunjang perusahaan pertanian didalam usahanya untuk mencapai tujuannya, setiap perusahaan pertanian juga dituntut dapat melakukan suatu analisis lingkungan internal dan eksternal yang akan membantu perusahaan pertanian agar dapat menentukan dan mengambil keputusan strategik yang akan memberikan keunggulan bersaing kepada perusahaan pertanian tersebut. Teknik analisis data strategi pengembangan produk olahan Kusuma Agrowisata menggunakan analisis Matrik IFE sehingga akan dilakukan analisa terhadap setiap faktor lingkungan internal yang berpengaruh bagi perusahaan. Analisis Matrik Internal Eksternal dilakukan dengan membagi tingkatan skor matrik menjadi tiga yang diperoleh dari nilai IFE dan EFE sebelumnya. Analisis Matrik QSPM untuk menetapkan kemenarikan relatif dari strategi-strategi yang bervariasi yang telah dipilih, untuk menentukan strategi mana yang dianggap paling baik untuk diimplementasikan. Hasil penelitian bahwa analisis Matrik EFE dengan total skor tertimbang 3,10 yang diperoleh menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kondisi yang baik. Analisis Matrik IFE menunjukkan skor total sebesar 2,65 menunjukkan bahwa perusahaan pada kondisi sedang. Analisis Matrik Grand Strategy pada Kusuma Agrowisata berada pada kuadran I yang merupakan strategi intensif yakni pengembangan pasar dan pengembangan produk. Analisis Matrik Internal Eksternal menunjukkan posisi Kusuma Agrowisata pada sel II dengan strategi intensif. Strategi dapat digunakan pengembangan produk. Analisis Matrik QSPM dengan nilai tertinggi total attractive score 5,95 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa perusahaan hendaknya lebih memprioritaskan strategi Pengembangan Produk sebagai strategi utama perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2010/300/051100167
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 31 Jan 2011 09:47
Last Modified: 18 Apr 2022 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128534
[thumbnail of 051100167.pdf]
Preview
Text
051100167.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item