Pengaruh Media Tanam Terhadap Pola Fluktuasi Populasi Thrips sp. (Thysanoptera: Thripidae), pada Tanaman Paprika Di Rumah kaca

Arisnawaty, Dina (2010) Pengaruh Media Tanam Terhadap Pola Fluktuasi Populasi Thrips sp. (Thysanoptera: Thripidae), pada Tanaman Paprika Di Rumah kaca. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian untuk mempelajari pengaruh penggunaan media tanam yaitu media campuran arang sekam dengan kompos, arang sekam dengan kokopit dan arang sekam terhadap pola fluktuasi populasi Thrips sp. pada tanaman paprika. Penelitian ini telah dilaksanakan mulai bulan Mei 2008 sampai Agustus 2008 di rumah kaca Agro Sayur dan Strawberry, PT. Kusuma Agrowisata Kota Batu. Penelitian menggunakan sistim hidroponik yang seluruh kebutuhan tanaman akan pupuk diberikan dalam bentuk larutan nutrisi. Penelitian dirancang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan. Variabel yang diamati adalah jumlah imago Thrips sp., jumlah nimfa Thrips sp., pertumbuhan tanaman yang meliputi jumlah daun dan tinggi tanaman, intensitas kerusakan yang diakibatkan oleh serangan Thrips sp., hasil produksi dan suhu harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan tiga macam media tanam yaitu campuran arang sekam dengan kompos, campuran arang sekam dengan kokopit dan arang sekam murni berpengaruh tidak nyata terhadap rata-rata populasi Thrips sp. pada stadia imago dan nimfa. Hal ini berkaitan dengan intensitas kerusakan tanaman paprika yang diakibatkan oleh Thrips sp. yang tidak berpengaruh nyata pada setiap perlakuan. Perlakuan menggunakan media yang berbeda juga berpengaruh tidak nyata terhadap pertumbuhan tanaman yang meliputi jumlah daun dan tinggi tanaman. Pertumbuhan tanaman paprika dan intensitas kerusakan yang diakibatkan oleh Thrips sp. yang berpengaruh tidak nyata ternyata juga tidak menimbulkan pengaruh juga terhadap hasil produksi yang meliputi bobot buah dan pengelompokkan kelas buah paprika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2010/235/051002929
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 632 Plant injuries, diseases, pests
Divisions: Fakultas Pertanian > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2011 11:30
Last Modified: 14 Apr 2022 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128469
[thumbnail of 051002929.pdf]
Preview
Text
051002929.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item