Analisis Efisiensi Pemasaran Durian (Durio Ziberthinus Murr.) di Desa Wonoagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang

Prasetyo, Eko (2010) Analisis Efisiensi Pemasaran Durian (Durio Ziberthinus Murr.) di Desa Wonoagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia sejak dahulu telah dikenal sebagai Negara agraris. Pembangunan di sector pertanian yang telah dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan, yang diiringi dengan upaya peningkatan ekspor sekaligus mengurangi impor hasil pertanian. Namun, dewasa ini sasaran pembangunan pertanian tidak saja dititikberatkan pada peningkatan produksi, namun mengarah pada peningkatan pendapatan masyarakat, peningkatan taraf hidup petani, perluasan lapangan kerja bahkan jika memungkinkan juga bertujuan untuk memperluas pasar produk pertanian baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satu peran penting sektor pertanian yaitu sebagai sumber devisa negara yang antara lain diperoleh dari hasil tanaman hortikultura. Buah-buahan menjadi pilihan utama karena selain dapat menciptakan lingkungan yang hijau dan juga dapat memberikan hasil tambahan pendapatan. Durian sangat digemari hampir oleh setiap orang, sehingga ada yang memberi nama Raja Buah (King of the Fruit). Penelitian mengenai efisiensi pemasaran durian (Durio zibethinus Murr.) di kecamatan Kasembon diperlukan guna mendapatkan masukan mengenai sistem pemasaran yang telah dilakukan petani dalam rangka meningkatkan harga produk pertaniannya yang sesuai dengan sistem produksi yang telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui lembaga pemasaran durian didaerah penelitian serta menganalisis bagian (share) harga yang diterima petani dan lembaga pemasaran pada tiap-tiap saluran pemasaran di daerah penelitian dan menganalisis efisiensi pemasaran durian di daerah penelitian ditinjau dengan menggunakan analisis marjin pemasaran, integrasi pasar serta analisis deskriptif indikator-indikator pemasaran yaitu struktur, tingkah laku dan penampilan pasar. Hipotesis yang diajukan untuk penelitian ini adalah Diduga panjangnya rantai pemasaran akan menyebabkan share yang diperoleh petani rendah. Diduga pemasaran durian didaerah penelitian belum efisien dilihat dari Analisa marjin pemasaran, Integrasi Pasar dan analisa deskriptif indikator pemasaran. Penelitian dilakukan di Desa Wonoagung, metode menentukan jumlah petani durian dengan menggunakan rumus slovin dan didapatkan 42 orang sampel petani dan untuk responden lembaga pemasaran didapatkan 20 orang dengan metode snow ball sampling. Analisis dilakukan dengan menggunakan Analisis Marjin Pemasaran, Integrasi Pasar Vertikal, Dan indikator Pemasaran. Hasil analisis menunjukan bahwa didaerah penelitian terdapat tiga saluran pemasaran durian di daerah penelitian yaitu (I) petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer- konsumen akhir (II) petani – pedagang pengecer – konsumen akhir (III) petani – konsumen akhir. Sedangkan pada Share harga, Share harga yang diterima petani pada saluran pemasaran I yaitu sebesar 19.87 % dan share harga yang diterima petani pada saluran pemasaran II sebesar 34.94 %. Jadi panjang pendeknya saluran akan mempengaruhi share yang akan diterima petani. Hasil analisis marjin pemasaran menunjukan bahwa pemasaran. Hasil analisis integrasi pasar menunjukan bahwa pemasaran didaerah penelitian sudah efisien dikarenakan berdasarkan perhitungan menunjukan bahwa petani lebih memiliki nilai tawar dibandingkan saluran pemasaran. Hasil analisis indikator-indikator pemasaran menunjukan bahwa sistem pemasaran durian di daerah penelitian pada umumnya sudah efisien. Jadi secara keseluruhan pemasaran durian di Desa Wonoagung sudah efisien Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah dalam melakukan kegiatan pemasaran di daerah penelitian adalah tidak melalui lembaga pemasaran yang terlalu panjang karena akan mengakibatkan biaya yang dikeluarkan masing-masing lembaga pemasaran semakin banyak. Kaitannya dengan efisiensi pemasaran durian, disarankan penampilan pasar bisa diefisienkan dengan cara pembagian distribusi marjin, share, dan keuntungan pada masingmasing saluran pemasaran yang rata/adil. Adanya perbaikan dalam aspek kelembagaan dan Dinas-Dinas yang terkait, dengan pembentukan asosiasi oleh para petani, agar petani dapat lebih aktif dan berinteraksi dengan para pelaku pasar agar dapat meningkatkan kemampuan tawar menawar dari para petani.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2010/18/051000282
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2010 11:59
Last Modified: 14 Apr 2022 01:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128415
[thumbnail of 051000282.pdf]
Preview
Text
051000282.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item