Pemencaran Parasitoid Telur Trichogrammatoidea armigera Nagaraja (Hymenoptera: Trichogrammatidae) Pada Pertanaman Kedelai

Mukti, Mahendra Hari (2009) Pemencaran Parasitoid Telur Trichogrammatoidea armigera Nagaraja (Hymenoptera: Trichogrammatidae) Pada Pertanaman Kedelai. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman pangan dan palawija. Kebutuhan kedelai di dalam negeri setiap tahun cenderung terus meningkat, sedangkan persediaan produksi belum mampu mengimbangi permintaan tersebut. Pada tahun 2005, produksi kedelai dalam negeri yang baru mencapai 808 ribu ton hanya mampu memenuhi 38% kebutuhan, sedangkan sisanya harus diimpor. Salah satu permasalahan yang menyebabkan menurunya produksi dalam negeri adalah ganguan Helicoverpa armigera dan Etiella zinkenella sebagai hama utama pada pertanaman kedelai. Salah satu alternatif pengendalian yaitu menggunakan T. armigera sebagai agens biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pemencaran dan jangkauan jarak pemencaran serta untuk mengetahui pengaruh arah datangnya angin. Penelitian ini di laksanakan di Laboratorium Pengendalian Hayati dan Kebun Percobaan Balai Penelitian Tembakau dan Serat (BALITTAS) Karangploso, Malang. Pada bulan April 2008 sampai bulan September 2008. Penelitian tentang pola pemencaran T. armigera ditampilkan dengan menggunakan statistika Distribusi Negatif Binomial. Perlakuan untuk mengetahui pola pemencaran T. armigera berdasarkan jumlah populasi pelepasan yang berbeda (10.000, 20.000, dan 30.000 imago T. armigera ) . Penelitian tentang jangkauan pemencaran T. armigera menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan dan 5 kelompok. Perlakuan tersebut ialah jarak pemasangan perangkap berperekat yang berbeda yaitu pemasangan perangkap berperekat 1, 3, 5, 7, dan 9 meter dari titik pelepasan. Faktor lain yang diamati pada penelitian ini pengaruh arah datangnya angin (searah, berlawanan, atau menentang arah angin terhadap pemencaran T. armigera ). Jangkauan jarak pemencaran T. armigera dan pengaruh arah datangnya angin di analisis dengan Analisis Ragam. Apabila diperoleh data yang berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan taraf kepercayaan 95 %. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pola pemencaran parasitoid T. armigera , mengikuti Distribusi Negatif Binomial yang bersifat mengelompok. Jangkauan jarak pemencaran T. armigera pada tanaman kedelai adalah 9 meter dari titik pelepasan. Arah datangnya angin berpengaruh sama terhadap pemencaran parasitoid T. armigera .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2009/74/0509001017
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2009 14:09
Last Modified: 13 Apr 2022 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128374
[thumbnail of 050901017.pdf]
Preview
Text
050901017.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item