Mekanisme Pemasaran Tomat (Lycopersicum esculentum, Mill) di Pasar Tradisional Blimbing Malang

Putra P W, Ariesaldy (2009) Mekanisme Pemasaran Tomat (Lycopersicum esculentum, Mill) di Pasar Tradisional Blimbing Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia sebagai negara agraris memegang peranan yang sangat penting terutama di sektor pertanian yang terdiri dari pertanian tanaman pangan, tanaman perkebunan dan tanaman hortlkultura. Sejalan dengan pertumbuhan penduduk, peningkatan pendapatan rumah tangga dan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang gizi dan kebutuhan sayur di masa mendatang diperkirakan akan terus mengalami peningkatan. Fenomena tersebut menunjukkan bahwa peluang pasar produk hortikultura akan semakin besar di masa mendatang. Aspek lain yang perlu dicermati dalam pembangunan hortikultura diantaranya yaitu pemasaran. Pemasaran merupakan salah satu subsistem yang memegang peranan penting dan tidak dapat dipisahkan dalam sistem agribisnis sebab nilai produksi yang diperoleh sangat ditentukan oleh adanya jaminan pasar dan harga jual produk. Pengembangan pemasaran tomat di Malang Jawa Timur, khusunya di pasar tradisional Blimbing terus diupayakan agar dapat memenuhi permintaan konsumen yang terus meningkat seiring dengan meningkatnya rata – rata konsumsi. Potensi tomat yang di budidayakan di Kabupaten Malang relative stabil sepanjang tahun untuk memenuhi kebutuhan pasar tradisional Blimbing. Meskipun dalam pengusahaannya masih menggunakan cara – cara tradisional, namun telah mampu mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat. Dalam praktek pendistribusiannya dari produsen ke konsumen akhir, menggunakan beberapa saluran pemasaran yang melibatkan beberapa lembaga pemasaran didalamnya. Berdasarkan uraian diatas Permasalahan – permasalahan dalam kegiatan pemasaran sayuran didaerah penelitian adalah : 1. Bagaimanakah mekanisme pemasaran tomat di pasar tradisional Blimbing? 2. Apakah saluran pemasaran tomat di pasar tradisional Blimbing telah mencapai efisiensi yang diharapkan ? Adapun Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah : 1. Untuk mendeskripsikan mekanisme pemasaran tomat di pasar tradisional Blimbing. 2. Untuk mengetahui tingkat efisiensi saluran pemasaran tomat di pasar tradisional Blimbing. Metode Penentuan Lokasi Penelitian yang dilaksanakan di pasar tradisional Blimbing, dilakukan dengan sengaja atau purposive. Penentuan responden dilakukan secara “Simple Random Sampling” yaitu prosedur pengambilan contoh secara acak sederhana. Sedangkan jenis data yang digunakan yaitu data Primer dan data Sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan Analisis margin pemasaran yang digunakan untuk menguji panjang pendeknya rantai pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat 3 saluran pemasaran tomat, yaitu : Saluran pemasaran I adalah petani – tengkulak – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen Saluran pemasaran II adalah petani – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen Saluran pemasaran III adalah petani – tengkulak – pedagang pengecer – konsumen Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran adalah fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas Nilai efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran I, II dan II masing-masing adalah sebesar 1,21; 1,27; 2,52. Ketiganya memiliki nilai lebih dari 1 sehingga dapat disimpulkan bahwa saluran pemasaran I, II dan III telah efisien. Keseluruhan sistem manajemen yang memiliki keterkaitan antar satu sama lain, mulai dari menabung, meminjam modal, kredit kebutuhan pokok, arisan, jimpitan dan persenan. Hal ini menjadi suatu rangkaian prosedur yang efektif fleksibel agar mampu bersaing dengan pasar modern dalam memasarkan sayuran tomat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2009/255/050902928
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2009 09:25
Last Modified: 12 Apr 2022 03:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128256
[thumbnail of 050902928.pdf]
Preview
Text
050902928.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item