Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Relationship Marketing Petani Buah-Sayur dalam Pembentukan Modal Sosial : studi kasus di Wilayah Kabupaten Kediri

Veraswati, Dian Oktavina (2009) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Relationship Marketing Petani Buah-Sayur dalam Pembentukan Modal Sosial : studi kasus di Wilayah Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan permintaan yang tinggi terhadap buah dan sayur, pedagang pengumpul di Pasar Grosir Buah dan Sayur Ngronggo dituntut untuk dapat memberikan jaminan kontinuitas pasokan buah dan sayur kepada pelanggan mereka. Pedagang pengumpul bekerjasama dengan petani produsen buah dan sayur untuk dapat meningkatkan produksinya agar lebih baik. Petani sebagai produsen sekaligus juga sebagai pemasok utama buah dan sayur kepada pedagang pengumpul di pasar Grosir Ngronggo, tidak memiliki cukup agunan dalam bentuk fisik yang diperlukan sebagai syarat dalam memperoleh pinjaman kredit kepada Koppas (Koperasi Pedagang Pasar). Agunan tersebut diperlukan Koppas untuk sarana mengurangi resiko tidak terkembalinya dana pinjaman. Pemecahan masalah agunan tersebut diantaranya, petani memiliki pengganti agunan fisik yaitu agunan non fisik. Agunan non fisik berkaitan erat dengan trust. Dimana trust tersebut dapat terbentuk apabila dalam hubungan pemasaran antara penjual dan pembeli dapat diwujudkan relationship dalam jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan hubungan antara petani buah dan sayur dengan pedagang pengumpul di wilayah Kabupaten Kediri, (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Relationship petani buah dan sayur dengan pedagang pengumpul di wilayah Kabupaten Kediri. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu di pasar Grosir Buah dan Sayur Ngronggo Kota Kediri dan di wilayah Kabupaten Kediri. Penentuan responden dari petani ditentukan dengan sebelumnya melakukan teknik Multistage sampling yang digunakan yaitu dengan tiga tahapan yaitu : penentuan kecamatan, penentuan desa dan kemudian penentuan petani reponden. Secara keseluruhan di dapat 41 responden yang menjadi sampel penelitian. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan bentuk atau pola hubungan antara petani buah dan sayur dengan pedagang pengumpul. Metode yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Relationship Marketing pada penelitian ini menggunakan analisis statistik nonparametik Chi-Square (χ2) dengan tabel kontingensi 2x2. Hasil Identifikasi Relationship Marketing (hubungan pemasaran) jangka panjang antara petani buah dan sayur dengan pedagang pengumpul di Kabupaten Kediri yang terlibat dalam kegiatan pemasaran diketahui bahwa: (1) Hubungan yang terbentuk adalah Pola Hubungan Aliansi. Hal ini ditunjukan oleh pola hubungan dari segi kegiatan pertukaran yang didasarkan pada 11 karakteristik yang sesuai dengan tempat penelitian dari 21 variabel yang ada. Kegiatan pertukaran tersebut diantaranya adalah komunikasi, trust, kesulitan untuk keluar memperlihatkan kondisi yang tinggi. Koneksitas memperlihatkan keeratan dengan jangka waktu hubungan termasuk panjang namun kemungkinan terjadi gangguan persediaan dari petani pemasok tetap ada, jumlah pemasok untuk satu pedagang sekitar 3-5 petani. Belum terdapat perpindahan teknologi yang dilakukan masingmasing pelaku (petani dan pedagang pengumpul). Kedua pelaku lebih fokus pada harga. Informasi pasar masih tertutup bagi petani. Tipe transaksi yang terjalin adalah sinergi strategis, (2) Dimensi Relationship Marketing petani buah dan sayur dengan pedagang pengumpul memiliki nilai kepuasan, trust dan power dependency yang masing-masing memperlihatkan kondisi yang tinggi. Dalam hal ini kepuasan yang tinggi mempengaruhi kepentingan trus yang tinggi pula, dimana trust menjadi sarana dalam mengurangi resiko dalam kegiatan pertukaran. Kepuasan dan trust yang tinggi memberikan power dependency (ketergantungan) yang tinggi antara petani dan pedagang pengumpul. Faktor-faktor yang mempengaruhi Relationship Marketing melalui analisis nonparametik Chi-Square memperlihatkan variabel yang memiliki hubungan adalah sarana pemasaran (X2). Sarana pemasaran transportasi yang digunakan dalam kegiatan distribusi berpengaruh terhadap dimensi kepuasaan dalam Relationship Marketing. Faktor-faktor lain yang tidak memiliki hubungan dengan dimensi Relationship Marketing diantaranya yaitu: lokasi antara produksi dengan pasar (X1), cara komunikasi (X3), mekanisme penentuan harga (X4), fasilitas kredit (X5), dan pengetahuan akan anggota rantai yang lain (X6). Saran yang mampu diberikan diantaranya: (1) Bagi petani / kelompok tani untuk selalu menghasilkan komoditi yang bernilai ekonomi tinggi sehingga dapat memperkuat posisi tawar petani dengan membentuk asosiasi kelembagaan agribisnis, (2) bagi pedagang dapat menjadi afalis (pengganti jaminan) bagi petani dalam memperoleh pinjaman modal kerja kepada lembaga keuangan/koperasi, (3) bagi Koppas Podho Rukun Makmur untuk dapat menyediakan fasilitas kredit yang mudah tanpa agunan kepada petani (4) bagi pemerintah dapat berperan sebagai fasilitator dan controller dalam kelembagaan agribisnis yang telah terbentuk dengan penetapan kebijakan tepat dan tidak memihak. Kelemahan penelitian ini adalah variabel independen dan pengukuran yang diteliti hanya dari sisi petani di wilayah Kabupaten Kediri sehingga hanya dapat menjelaskan Relationship Marketing jangka panjang antara petani dan pedagang pengumpul di Kabupaten Kediri dengan sangat terbatas. Peneliti lain yang ingin melakukan penelitian serupa dapat menggunakan variabel lain yang belum diteliti seperti: karakteristik rantai pasokan yang belum terdapat dalam penelitian seperti: panjang rantai, unit penjualan, dan pemasarannya tidak hanya dari sisi petani (downstream) namun juga pedagang (upstream).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2009/254/050902927
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2009 09:17
Last Modified: 12 Apr 2022 03:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128255
[thumbnail of 050902927.pdf]
Preview
Text
050902927.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item