Kinerja Upstream Supply Chain Management dan Kaitannya dengan Kinerja Perusahaan Pembeli (Buyer Perfomance) Pada Produk Buah Impor : studi kasus Di Hero Sarinah dan Lai Lai Market Buah, Kota Malang

Puspita Sari, Nawang Sapto Wulan (2009) Kinerja Upstream Supply Chain Management dan Kaitannya dengan Kinerja Perusahaan Pembeli (Buyer Perfomance) Pada Produk Buah Impor : studi kasus Di Hero Sarinah dan Lai Lai Market Buah, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan upstream supply chain management di supermarket yang menjual buah impor dapat dijadikan salah satu cara untuk menciptakan keunggulan kompetitif agar supermarket tersebut dapat tetap survive di tengah persaingan. Upstream supply chain management dapat meningkatkan kinerja perusahaan pemasok dan pembeli, mengurangi persediaan yang membuat biaya menjadi lebih efisien, dan meningkatkan produktivitas.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis hubungan antara tingkat pengaplikasian upstream supply chain management buah impor di Hero Sarinah dan Lai Lai Market Buah, Kota Malang dengan kinerja upstream supply chain management. (2) Menganalisis hubungan antara kinerja upstream supply chain management dengan kinerja persediaan produk buah impor di Hero Sarinah dan Lai Lai Market Buah, Kota Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang berkaitan dengan tingkat pengaplikasian upstream supply chain management dan data sekunder yaitu data yang berkaitan dengan kinerja upstream supply chain management dan kinerja persediaan pada Bulan Maret 2009 di Hero Sarinah dan Lai Lai market. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan rating scale dan menghitung persentase data yang diperoleh pada saat penelitian dari skor maksimalnya sehingga dapat dilakukan perbandingan tingkat pengaplikasian dan kinerja upstream supply chain management serta kinerja persediaan di Hero Sarinah dan Lai Lai Market Buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hero Sarinah sebagai perusahaan yang tingkat pengaplikasian upstream supply chain management-nya lebih tinggi memiliki kinerja upstream supply chain management yang lebih baik daripada Lai Lai Market. Tingkat pengaplikasian upstream supply chain management di Hero Sarinah adalah 74,68% (tinggi) dan di Lai Lai Market Buah adalah 56,18% (sedang). Sedangkan kinerja upstream supply chain management yang lebih baik di suatu perusahaan ditunjukkan oleh on time delivery perfomance yang lebih tinggi, kepuasan perusahaan pembeli terhadap produk dan layanan dari perusahaan pemasok yang lebih tinggi dan kerjasama antara perusahaan pemasok dan perusahaan pembeli yang lebih lama. Di Hero Sarinah, on time delivery performance-nya adalah 100%, kepuasan terhadap layanan dan produk dari pemasok adalah 100% dan lama kerjasamanya 10 tahun dengan adanya kontrak kerja. Sedangkan di Lai Lai Market Buah, on time delivery performance-nya adalah 81,21%, kepuasan terhadap layanan dan produk dari pemasok adalah 88,89% dan lama kerjasamanya 2 tahun tanpa kontrak kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2009/233/050902720
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Oct 2009 10:13
Last Modified: 12 Apr 2022 02:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128232
[thumbnail of 050902720.pdf]
Preview
Text
050902720.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item