Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Susu Bubuk Berkalsium Tinggi Di Kota Malang

Ma`rufah, Ainun (2009) Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Susu Bubuk Berkalsium Tinggi Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kasus penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis dini di Indonesia ternyata lebih tinggi dari angka rata-rata dunia, karena dua dari lima orang Indonesia memiliki risiko terkena penyakit ini, sedangkan rata-rata dunia hanyalah satu dari tiga orang yang berisiko menderita kasus ini. Permasalahan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) bagaimana karakteristik konsumen susu berkalsium tinggi pada dua merek, (2) apa saja atribut susu berkalsium tinggi yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian, (3) bagaimana persepsi konsumen terhadap susu Anlene dan Calcimex berdasarkan atribut-atribut yang dipertimbangkan dalam membeli susu. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen susu berkalsium tinggi pada dua merek, (2) untuk mengetahui atribut-atribut apa saja yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli susu, (3) untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen terhadap susu Anlene dan Calcimex berdasarkan atribut-atribut yang dipertimbangkan dalam membeli susu. Manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) penulis dapat memperoleh tambahan pengetahuan akademis dan pengalaman praktis dalam upaya mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan perilaku konsumen dan dalam upaya mencari penyelesaian masalah pemasaran yang sedang dihadapi perusahaan susu, (2) penelitian ini dapat bermanfaat bagi perusahaan susu dan pemasar sebagai bahan pertimbangan dalam kegiatan operasional yang terkait dengan strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan dalam industri susu, (3) merupakan informasi tambahan, acuan referensi dan pertimbangan penelitian selanjutnya. Hipotesis penelitian ini adalah "diduga bahwa nilai perceived quality produk susu merek Anlene lebih tinggi dibandingkan dengan Calcimex". Penelitian ini hanya terbatas pada analisis persepsi konsumen susu bubuk berkalsium tinggi merek Anlene dan Calcimex. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja ( purposive ) yaitu di Ratu Supermarket dan Hero Supermarket Malang dengan pertimbangan bahwa konsumen pada kedua supermarket tersebut memiliki latar belakang sosial ekonomi berbeda. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari wawancara langsung dengan konsumen dan data sekunder yang diperoleh dari berbagai literatur sebagai penunjang. Responden ditentukan dengan metode accidental sampling . Total sampel yang diambil adalah sejumlah 75 sampel. Sedangkan untuk menganalisis persepsi konsumen menggunakan pengukuran perceived quality . Beberapa kesimpulan dari penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) karakteristik konsumen susu bubuk berkalsium tinggi pada dua merek yaitu Anlene dan Calcimex adalah sebagai berikut: (a) jenis kelamin : 32% laki-laki, 68% perempuan, (b) usia: 52% berusia ≥ 52 tahun, 20% berusia 41 – 51 tahun, 12% berusia 30 – 40 tahun, 16% berusia 19 – 29 tahun, (c) pendidikan: 20% berpendidikan SD, 28% berpendidikan SMP, 32% berpendidikan SMA, 12% berpendidikan diploma, 8% berpendidikan sarjana, (d) jenis pekerjaan: 12% mahasiswa, 12% pegawai negeri, 8% pegawai swasta, 8% wiraswasta, 60% ibu rumah tangga dan pensiunan, (e) p enghasilan: 12% berpenghasilan ≥ Rp. 500.000,00; 36% berpenghasilan 500.001 – 1.000.000; 28% berpenghasilan 1.000.001 – 1.500.000; 12% berpenghasilan 1.500.001 – 2.000.000; 12% berpenghasilan ≥ 2.000.000, (2) atribut yang harus ada pada produk susu bubuk berkalsium tinggi adalah komposisi, rasa, aroma, adanya jaminan halal, dan promosi, (3) ranking PQ pada kedua merek susu berkalsium adalah Anlene 1,08 dan Calcimex 0,92 sehingga secara kualitas, susu Anlene lebih unggul jika dibandingkan dengan susu Calcimex terbukti dengan PQ susu Anlene lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu Calcimex. Saran yang diberikan berdasarkan hasil analisis permasalahan, yaitu: (1) setiap perusahaan diharapkan lebih jeli dan kreatif dalam mendesain atribut produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen. (2) diperlukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk mengedukasi konsumen terutama kaum laki-laki agar memiliki kesadaran akan pentingnya mengkonsumsi susu berkalsium tinggi. (3) untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penggalian informasi lebih mendetail dan meneliti tentang susu bubuk atau cair dari hasil nabati.

English Abstract

The case of osteoporosis disease or early osteoporosis in Indonesia is higher than the world average, because two of five Indonesian are at risk of the disease, whereas the world average is only one out of three people have the risk of this case. This research problems can be formulated as follows: (1) What is the characteristics of high calcium milk consumers on both brand, (2) What are the attributes of high calcium milk that consumers considered in their purchase, (3) What is the consumer perception to Anlene and Calcimex milk based on the considered attributes in purchasing milk. The research objectives in this research were: (1) To identify the consumer characteristics of high calcium milk on two brands, (2) To understand which attributes consumer considered in purchasing milk, (3) To understand what is the perception of consumers to Anlene and Calcimex milk based on the attributes considered in purchasing milk. The benefits expected from this research were: (1) The writer can gain additional academic knowledge and practical experience in identifying problems related to consumer behavior and the effort given in addressing the marketing issues faced by milk companies, (2) This research can benefit milk companies and marketer as a consideration in operational activity related to marketing strategi in winning the milk industries competition. (3) It is an additional information, reference and also consideration for future research. The research Hypothesis was "it is expected that the perceived quality score of Anlene brand milk product is higher that Calcimex". This research was restricted only to consumer perception analysis of high calcium milk powder with the brand of Anlene and Calcimex. The research location was determined purposively, that is at Ratu Supermarket dan Hero Supermarket Malang with the consideration that the consumer from both supermarket have different social economic backgrounds. The data obtained in this research was from a direct interview with the consumer and also from secondary data obtained form many literature as a support. The respondent was determined with accidental sampling method. The total sample collect was 75 samples. Whereas the perceived quality measures was used to analyze the consumer perception. A few conclusion from this research can be suggested as follow: (1) the consumer characteristics of high calcium milk powder on two brands, that is Anlene and Calcimex are as follows: (a) sex : 32% male, 68% female, (b) age: 52% are ≥ 52 years old, 20% are 41 – 51 years old, 12% are 30 – 40 years old, 16% are 19 – 29 years old, (c) education: 20% have Elementary education, 28% have Junior Education, 32% have Senior Education, 12% have a diploma, 8% have bachelor degree, (d) occupation: 12% are undergraduate Students, 12% are civil servant, 8% are private employee, 8% are entrepreneur, 60% are housewife and retirements, (e) i ncome: 12% have income ≥ Rp. 500.000,00; 36% have income 500.001 – 1.000.000; 28% have income 1.000.001 – 1.500.000; 12% have income 1.500.001 – 2.000.000; 12% have income ≥ 2.000.000, (2) the attributes which is essential in high calcium milk powder products are Composition, taste, flavor, halal guarantee, and promotion, (3) PQ rank on both high calcium milk brand are Anlene 1,08 and Calcimex 0,92 this mean that from the quality perspective, Anlene milk is superior than Calcimex milk which is proven by the higher PQ of Anlene milk compared to Calcimex milk. The suggestion that are given based on the analysis result: (1) each company should design the product attributes that appropriate with consumer needs and taste. (2) it is necessary to cooperate with related side, in order that consumer especially male have awareness of the importance of high calcium milk consumtion. (3) for the next researcher, may find more detail and deeper information and also searching about milk powder or fluid milk that make from agriculture product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2009/232/050902719
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2009 08:14
Last Modified: 12 Apr 2022 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128231
[thumbnail of 050902719.pdf]
Preview
Text
050902719.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item