Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Pasar Agroindustri Dodol Rumput Laut di Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan

Abror, Satria Fathan (2009) Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Pasar Agroindustri Dodol Rumput Laut di Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi pengolahan rumput laut menjadi produk agroindustri di wilayah Jawa Timur pada umumnya terletak di daerah pesisir pantai, salah satunya yang terdapat di wilayah kabupaten pasuruan. Di daerah ini pengembangan agroindustri rumput laut mulai dikembangkan para petani untuk meningkatkan pandapatan mereka, salah satunya melalui pengolahan rumput laut menjadi dodol rumput laut. Namun dengan pengolahan saja tidak cukup, pelaku pasar juga harus memperhatikan bentuk struktur pasar yang mereka jalani, sehingga diharapkan dengan usaha tersebut dapat memberikan kontribusi yang benar-benar menguntungkan bagi pengusaha. Dengan kondisi tersebutlah maka peneliti tertarik untuk menganalisis mengenai struktur, perilaku dan kinerja pasar agroindustri dodol rumput laut. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 9 perusahaan agroindustri dodol rumput laut di Kabupaten Pasuruan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif digunakan dalam penentuan struktur pasar meliputi tingkat diferensiasi produk, hambatan keluar masuk pasar dan tingkat pengetahuan pasar serta penetuan tingkah laku pasar yang meliputi kebijakan penetapan harga, sistem kelembagaan pasar dan fungsifungsi pemasaran. Analisis kuantitatif digunakan untuk penentuan derajat konsentrasi pasar yaitu pengukuran pangsa pasar. Untuk kinerja pasar digunakan analisis marjin pasar dan analisis keuntungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kaitan yang erat antara struktur, perilaku dan kinerja pasar agroindustri dodol rumput laut, hal ini dapat dilihat dari hubungan ketiga komponen tersebut dalam sistem dinamik. Struktur pasar mempengaruhi perilaku, dan keduanya mempengaruhi kinerja pasar, demikian pula dengan kinerja pasar yang mempengaruhi perilaku dan struktur pasar. Struktur pasar agroindustri dodol rumput laut di Kabupaten Pasuruan termasuk dalam pasar persaingan monopolistik. Struktur ini dicirikan dengan pangsa pasar antara 10-20 %. Diferensiasi produk telah dilakukan oleh masingmasing produsen dodol rumput laut baik dari segi kualitas, berat dan bentuk kemasan. Hambatan keluar masuk pasar cukup besar dan kompleks, yang terdiri dari modal investasi, biaya produksi dan peraturan pemerintah daerah. Informasi pasar mudah untuk didapatkan, namun tidak bersifat terbuka, berasal dari media cetak maupun media elektronik, agen, pengecer dan konsumen mengenai harga produk, lokasi yang berpotensi untuk dijadikan pasar serta lokasi bahan baku. Perilaku pasar yang ada tercermin pada kebijakan penetapan harga yang dilakukan oleh produsen dodol rumput laut. Dalam penetapan harga ini, produsen dodol rumput laut mempertimbangkan faktor biaya dan reaksi dari pesaing yang ada. Untuk itu produsen dodol rumput laut menetapkan kebijakan “ Mark Up Pricing Method “. Penetapan harga berdasarkan pesaing dapat dikategorikan dalam 3 bagian yaitu penetapan harga diatas pesaing, sama dengan pesaing atau lebih rendah dari pesaing untuk memperluas dan mempertahankan market share yang akan dicapai. Kinerja pasar produk dodol rumput laut digunakan untuk menggambarkan efisiensi pemasaran yang diukur dengan analisis marjin pemasaran. Dari perhitungan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa pemasaran agroindustri dodol rumput laut di Kabupaten Pasuruan belum efisien, karena distribusi marjin, distribusi share dan R/C antar lembaga pemasaran di tiap-tiap saluran pemasaran masih bervariasi dan belum terdistribusi secara adil. Dari saluran pemasaran yang ada di daerah penelitian maka terlihat pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran 1. Dari hasil penelitian disarankan bahwa agroindustri dodol rumput laut perlu memperhatikan struktur pasar di dalam penetapan harga. Agroindustri dodol rumput laut perlu meningkatkan kegiatan produksi dan pemasaran dengan menciptakan keunikan dari diversifikasi produk sehingga produsen dapat meningkatkan pendapatan dan menghindari terjadinya kejenuhan pasar. Untuk memperoleh kinerja yang efisien, hendaknya para pengusaha dodol rumput laut dapat menentukan saluran pemasaran yang tepat dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2009/150/050902089
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Sep 2009 11:30
Last Modified: 11 Apr 2022 03:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128143
[thumbnail of 050902089.pdf]
Preview
Text
050902089.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item