Studi Kelayakan Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) antara Masyarakat Pengelola Sumber Daya Hutan (MPSDH) dan Perum Perhutani : studi kasus di BKPH Sukun Kecamatan Pulung Kabupaten Po

Ni`matul Ulya, Husna (2009) Studi Kelayakan Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) antara Masyarakat Pengelola Sumber Daya Hutan (MPSDH) dan Perum Perhutani : studi kasus di BKPH Sukun Kecamatan Pulung Kabupaten Po. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai subsektor pertanian, kehutanan memberikan manfaat yang signifikan bagi kehidupan masyarakat. Banoewijoyo (1981) menjelaskan, bahwa kehutanan memberikan manfaat berupa hasil kayu dan non kayu terutama diperoleh dari hutan produksi dan hutan rakyat, sedangkan manfaat jasa diperoleh dari hutan lindung, hutan pelestarian alam serta areal di luar kawasan hutan yang berfungsi dalam perlindungan dan pelestarian alam. Pemanfaatan sumberdaya hutan untuk sektor strategis dan potensial diharapkan dapat mendorong percepatan peningkatan nilai tambah ekonomi wilayah yang diikuti peningkatan produksi pada sentra-sentra agrokompleks yang didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Dalam rangka mengatasi masalah-masalah mengenai hutan, telah ditempuh upaya pengelolaan lahan hutan dengan memperhatikan kepentingan masyarakat di sekitar hutan. Salah satu cara yang ditempuh antara lain dengan jalan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah sekitar hutan (desa hutan) dengan kegiatan program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM). Model pengelolaan hutan dengan melibatkan masyarakat hutan atau dikenal dengan agroforestry. Diharapkan dengan adanya model pengelolaan tersebut, akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan khususnya, serta meningkatkan perekonomian pada umumnya, sehingga muncul kesadaran dari masyarakat untuk secara aktif berperan dalam pengelolaan tersebut guna meningkatkan pendapatan serta menjaga kelestarian hutan. Tujuan dari pelaksanaan penelitian adalah: (1) Mendiskripsikan pelaksanaan program PHBM antara MPSDH Wonorejo dengan BKPH Sukun (Perum Perhutani KPH Madiun), (2) Menganalisis kelayakan finansial usaha perhutani dan mendiskripsikan seberapa besar kontribusi Pelaksanaan PHBM di BKPH Sukun KPH Madiun Selatan terhadap kesejahteraan anggota Masyarakat Pengelola Sumber Daya Hutan (MPSDH), (3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan masyarakat dalam pelaksanaan program PHBM oleh Perum Perhutani BKPH Sukun dengan Masyarakat Pengelola Sumber Daya Hutan (MPSDH). Kegunaan dari penelitian yang dilakukan antara lain : (1) Bermanfaat bagi peneliti untuk mengembangkan pengetahuan dan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama masa perkuliahan guna untuk menggali lebih banyak potensi, (2) Sebagai acuan bagi stakeholder yang dapat digunakan sebagai pelengkap penelitian sebelum dan sesudah untuk perbaikan, serta sebagai sarana informasi, (3) Bisa dijadikan acuan bagi Pemerintah Daerah terutama Perum Perhutani untuk membentuk suatu kebijakan pengelolaan hutan yang melibatkan masyarakat. Penelitian dilaksanakan di KPH Madiun Selatan tepatnya di BKPH Sukun Desa Sukun Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo dan MPSDH Wonorejo Desa Sidoharjo. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2009/113/050901557
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Jun 2009 14:49
Last Modified: 11 Apr 2022 01:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128106
[thumbnail of 050901557.pdf]
Preview
Text
050901557.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item