Uji Efikasi Fungisida Berbahan Aktif Mancozeb dan Metalaksil Untuk Mengendalikan Penyakit Hawar Daun (Phytophthora infestans) Pada Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill)

Maliki, Imam (2009) Uji Efikasi Fungisida Berbahan Aktif Mancozeb dan Metalaksil Untuk Mengendalikan Penyakit Hawar Daun (Phytophthora infestans) Pada Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas fungisida yang berbahan aktif mancozeb, metalaksil dan mancozeb+metalaksil terhadap jamur Phytophthora infestans penyebab penyakit hawar daun pada tanaman tomat dengan berbagai tingkat konsentrasi Penelitian laboratorium dilakukan di laboratorium fitopatologi Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya dimulai pada bulan Maret sampai bulan November 2007. Penelitian di laboratorium menggunakan jamur Phytopthora infestans . Metode penelitian yang dilakukan dengan teknik umpan beracun.Dengan 7 taraf konsentrasi dan 6 ulangan. Analisis data menggunakan RAL dan untuk mengetahui nilai LC50 dan LC90 dilakukan analisa Probit, sehingga diketahui nilai Nisbah Ko-Toksisitas (NK). Pengujian fungisida tunggal 1 (b.a metalaksil) di Laboratorium menunjukkan tidak terjadi proses penghambatan mulai pengamatan pertama sampai pengamatan terakhir dari semua obyek yang diamati menunjukkan pertumbuhan P. infestans yang signifikan. Nishimura et. al. (1999) menemukan bahawa ada beberapa strain Phytophthora infestans yang yang resisten terhadap fungisida berbahan aktif metalaksil. Pada percobaan menunjukkan fungisida tunggal 2 dengan konsentrasi perlakuan 1.5 gr/l efektif dalam menghambat pertumbuhan Phytophthora infestans pada media PDA mulai pengamatan pertama (2 HSI) sampai pengamatan terakhir (10 HSI). Perlakuan fungisida majemuk dengan konsentrasi 1.5 gr/l dan 1.25 gr/l menunjukkan efektifitas penghambatan mulai dari pengamatan pertama sampai pengamatan terakhir. Dari data penelitian nilai NK didapat angka lebih dari 1. Sehingga antara fungsida tunggal 2 dan fungisida majemuk dapat di simpulkan merupakan fungisida yang mempunyai sifat sinergis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2009/110/050901554
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Jun 2009 13:59
Last Modified: 11 Apr 2022 01:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/128103
[thumbnail of 050901554.pdf]
Preview
Text
050901554.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item