Analisis Atribut Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Produk Kopi Celup Uno Di Cv. Coffee Roema

Dhyastuti, Ary (2018) Analisis Atribut Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Produk Kopi Celup Uno Di Cv. Coffee Roema. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran dalam suatu industri merupakan salah satu aspek penting yang harus dilakukan guna mengenalkan produk yang dihasilkan kepada pasar. Upaya suatu perusahaan untuk menarik pasar dan mempertahankan pasar yang telah dimiliki, yaitu perusahaan harus meningkatkan sistem kerja dalam manajemen pemasarannya. Tujuan dari dari penelitian ini adalah (1) menganalisis atribut-atribut produk yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen kopi celup Uno, (2) menganalisis tingkat kepentingan atribut dalam kopi celup Uno, (3) merumuskan strategi pemasaran untuk pemasaran produk kopi celup Uno. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Responden yang digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan produk yaitu responden yang tersebar diwilayah Kabupaten Malang yaitu Kepanjen dan wilayah Kota Malang. Atribut – atribut produk yang di analisis dalam penelitian ini meliputi merk, desain, harga, kualitas, dan layanan produk. Hasil analisis tersebut mampu memenuhi kepuasan konsumen kopi celup Uno. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai customer satisfaction index sebesar 0.760163. Nilai tersebut termasuk dalam kategori puas yang masuk dalam range nilai 0.66 – 0.80. Sehingga konsumen sudah merasa terpenuhi harapannya dan kebutuhan yang diperlukan dalam mengkonsumsi produk kopi celup Uno. Analisis tingkat kepentingan atribut mendapatkan hasil yang dibagi dalam beberapa kuadran. Atribut yang harus lebih diperhatikan oleh perusahaan adalah atribut pada kuadran I, yaitu prioritas utama. Atribut tersebut meliputi adalah atribut pengenalan merk, pemilihan merk, informasi produk, kemampuan kemasan, dan warna kemasan. Atribut pengenalan merk memiliki nilai kepentingan yang harus lebih diperhatikan. Atribut tersebut mendapatkan perhatian yang tinggi dari konsumen, akan tetapi perusahaan belum melakukan sesuai harapan konsumen. Analisis QSPM merumuskan strategi utama yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan, yaitu strategi strength – opportunity. Strategi ini merupakan strategi yang mengandalkan kekuatan internal perusahaan. Strategi ini dilakukan untuk memaksimalkan peluang – peluang yang dimiliki perusahaan, akan tetapi perusahaan belum maksimal atau belum mampu memasuki peluang tersebut. Kepuasan konsumen terhadap produk kopi celup Uno yang termasuk dalam kriteria puas tersebut menunjukkan bahwa produk mampu jika dipasarkan lebih luas lagi. Hal tersebut dikarenakan produk sanggup memenuhi harapan akan kualitas produk kepada calon konsumen baru. Pemasaran produk yang masih harus dikembangkan juga sebaiknya tidak mengecewakan konsumen terhadap produk baru yang telah dicobanya. Sehingga produk mampu bersaing dalam pasar yang baru atau akan dimasuki. CV. Coffee Roema diharapkan untuk memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan sehingga selain memiliki kemampuan untuk bersaing diharapkan produk mampu memberikan jaminan kepuasan kepada konsumen. Upaya nyata i yang dapat dilakukan yaitu memberikan fasilitas atau media kepada konsumen untuk memberikan saran dan kritik terkait dengan produk sehingga proses perbaikan dapat dengan segera dilakukan. Berdarakan hasil penelitian, maka peneliti memberikan beberapa saran terhadap CV. Coffee Roema, yaitu: (1) memanfaatkan pengembangan teknologi informasi agar konsumen luas bisa lebih mudah mendapatkan informasi produk dan pengenalan tehadap produk. (2) Lebih menjalin hubungan baik dengan rekan kerja, yang dimaksudkan agar tetap memiliki koneksi dengan reseller atau pengecer sehingga nantinya akan mampu membuka hubungan dengan pihak baru dan juga meningkatkan kuantitas penjualan. (3) Pemberian reward, ditujukan dalam pemberian bonus atau potongan harga jika konsumen melakukan pembelian banyak, hal tersebut bisa sebagai bentuk rasa terimaksih karena telah menjadi partner kerja yang baik dalam memasarkan produk kopi celup Uno.

English Abstract

Marketing in an industry is one of the important aspects that must be done to introduce products produced to the market. The efforts of a company to attract the market and maintain the market that has been owned, namely the company must improve the work system in marketing management. The purpose of this research is (1) to analyze product attributes that have an influence on Uno coffee bags customer satisfaction, (2) analyze the level of importance of attributes in Uno coffee bags, (3) formulate a marketing strategy for marketing Uno coffee bags product. The sampling technique used in this study is accidental sampling. Respondents used to analyze the level of satisfaction and level of product importance are respondents who are scattered in the area of Malang Regency, namely Kepanjen and Malang City area. Analysis of product attributes in this study include brand, design, price, quality, and product service. The results of the analysis were able to meet the satisfaction of consumers Uno coffee bags. This is evidenced by the value of customer satisfaction index of 0.760163. This value is included the satisfaction category with range of 0.66 - 0.80. So that consumers feel that their expectations and needs are needed in consuming Uno coffee bags product. The level of importance analysis of the attributes gets the results divided into several quadrants. Attributes that must be considered more by the company are attributes in quadrant I, which is the main priority. These attributes include brand recognition attributes, brand selection, product information, packaging capabilities, and packaging colors. Brand recognition attributes have a value of interest that must be considered more. These attributes get high attention from consumers, but the company has not done according to consumer expectations. QSPM analysis formulates the main strategy that should be carried out by the company, namely strength – opportunity strategy. This strategy is relies on the company's internal strength. This strategy is carried out to maximize the opportunities that the company has, but the company has not been maximized or has not been able to enter the opportunity. Consumer satisfaction of Uno coffee bags product is included in the satisfied criteria indicates that the product is capable of being marketed more broadly. This is because the product is able to meet the expectations of product quality for new potential customers. Marketing of products that still have to be developed should also not disappoint consumers of the new products they have tried. So that the product is able to compete in the new market or will be entered. CV. Coffee Roema is expected to pay attention to the quality of the products offered so that in addition to having the ability to compete, the product is expected to provide satisfaction guarantee to consumers. The real effort that can be done is to provide facilities or media to consumers to provide suggestions and criticisms related to the product so that the repair process can be immediately carried out. iii Based on the results of the study, the researchers gave several suggestions on CV. Coffee Roema, namely: (1) utilizing information technology development so that broad consumers can more easily obtain product information and introduction to products. (2) Have a good relationships with colleagues, which are intended to remain connected with resellers or retailers so that later they will be able to open relationships with new partner and also increase sales quantities. (3) Giving rewards, aimed at giving bonuses or discounted prices if consumers make many purchases, it can be a form of gratitude for being a good partner in marketing of Uno coffee bags product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/604/051809835
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Produk, Analisis QSPM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Oct 2018 06:20
Last Modified: 20 Oct 2021 11:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12763
[thumbnail of ARY DHYASTUTI.pdf]
Preview
Text
ARY DHYASTUTI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item