Pengelompokan Daerah Rawan Iuu (Illegal, Unrepoted, And Unregulated) Fishing Dengan Menggunakan Analisis Cluster Hierarki (Studi Kasus Pada Wilayah Laut Provinsi Jawa Timur)

Maslikhah, Siti (2017) Pengelompokan Daerah Rawan Iuu (Illegal, Unrepoted, And Unregulated) Fishing Dengan Menggunakan Analisis Cluster Hierarki (Studi Kasus Pada Wilayah Laut Provinsi Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan IUU (Illegal, Unreported, and Unregulated) Fishing menyebar hingga ke wilayah laut Provinsi Jawa Timur. IUU Fishing di Provinsi Jawa Timur berupa ketidakpatuhan nelayan terhadap peraturan yang dibuat oleh pemerintah daerah. Untuk itu, diperlukan sarana/fasilitas yang berintegrasi sehingga mampu mengawasi wilayah laut Provinsi Jawa Timur sampai 12 mil. Oceano Flowtower perlu diimplementasikan di Laut Jawa Timur dengan terlebih dahulu mengidentifikasi daerah rawan IUU Fishing. Pengidentifikasian tersebut dilakukan dengan cara mengelompokkan kabupaten di Jawa Timur yang memiliki wilayah laut dengan menggunakan analisis cluster. Analisis cluster yang digunakan adalah analisis cluster hierarki dengan 4 indikator yaitu produksi perikanan tangkap, jumlah nelayan, pelanggaran administrasi, dan tindak pidana perikanan. Didapatkan hasil pengelompokan yaitu, cluster 1 beranggotakan Kabupaten Sumenep. Cluster 2 beranggotakan Kabupaten Lamongan dan Banyuwangi. Cluster 3 beranggotakan Kabupaten Tuban, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dan Pacitan. Cluster 1 memiliki jumlah nelayan, kasus pelanggaran administrasi, dan tindak pidana perikanan paling banyak. Cluster 1 memiliki karakteristik wilayah yang terdiri dari banyak pulau sehingga perlu menjadi prioritas pertama dalam pengawasan. Karakteristik dari cluster 2 yaitu memiliki produksi perikanan tangkap paling tinggi, menjadikan cluster 2 berada dalam urutan kedua prioritas pengawasan. Cluster 3 memiliki karakteristik paling aman dibandingkan dengan cluster yang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FMIPA/2017/209/051703845
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 31 May 2017 10:23
Last Modified: 20 Oct 2021 05:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127342
[thumbnail of 135090501111030_Siti_Maslikhah_(full_skripsi).pdf]
Preview
Text
135090501111030_Siti_Maslikhah_(full_skripsi).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item