Analisa Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja SMP Usia 13-14 Tahun Yang Bertempat Tinggal Di Pondok Pesantren

Fajriatussholiha, NurilLaili (2017) Analisa Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja SMP Usia 13-14 Tahun Yang Bertempat Tinggal Di Pondok Pesantren. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perilaku bullying merupakan perilaku menyakiti yang dilakukan secara berulang dan terdapat ketidakseimbangan kekuatan. Perilaku bullying dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisa hubungan 3 faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada remaja SMP yang bertempat tinggal di pondok pesantren yaitu tingkat pengetahuan, kecerdasan emosi dan interaksi sosial. Desain penelitian menggunakan cross-sectional. Responden terdiri dari 170 siswa yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi. Instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menggunakan uji rank-spearmen didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang bermakna dengan nilai (p=0.029) dengan hubungan negatif (rs= -168). Hasil tersebut menjelaskan bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan, maka semakin rendah perilaku bullying yang terjadi. Hasil penelitian hubungan kecerdasan emosi dengan perilaku bullying menggunakan uji koefisien kontigensi lamda didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan bermakna dengan nilai p value 0.002 < 0.05 dengan koefisien korelasi (rs= 0,0185) dan hasil penelian interaksi sosial dengan perilaku bullying menggunakan koefisien kontigensi lamda di dapatkan hasil bahwa terdapat hubungan bermakna antara interaksi sosial dengan perilaku bullying dengan p value 0.02 < 0.05 dengan koefisien korelasi (rs= 0,136). Kesimpulan peneliltian perlu adanya kerja sama dengan institusi kesehatan untuk penyuluhan bullying serta perlu peamsangan poster tentang bullying di area pondok pesantren.

English Abstract

Bullying Behaviour is a repeated and or chronic, pattern of hurtful behaviour involving intent to maintain an imbalance of power which influenced by multifactors. The goal for this research is for analyzing the correlation between 3 factors and bullying behavior. The 3 factors that mentioned before are : knowledge level, emotional intelligence and social interaction. Design studies using cross- sectional. Respondents consisted of 170 people based on inclusion criteria. The instrument for taking data using questionnaire. The result was using spearmen test there is a significant relationship with the value (p=0.029) with a negative correlation (rs= -168). These results explain if the higher knowledge about bullying, the bullying behavior is low. The result of emotional intelligence and bullying behaviour using koefisien kontigensi lamda there is a significant relationship with the value 0.002 < 0.05 with koefisien correlation (rs= 0,0185). The result of social interaction and bullying behaviour using koefisien kontigensi lamda there in a significant relationship with the value 0.02<0.05 and koefisien correlation(rs= 0,136). The conclution was need to collaboration with public health for gave information about bullying and assembly the poster about bullying in area islamic boarding school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/121/051704037
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 May 2017 09:36
Last Modified: 29 May 2017 09:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126615
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item