Pengaruh Fotoperiode Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan, Produksi Biomassa, Klorofil-A Dan Kadar Protein Thalassiosira Sp.

Asrurianta, Eka Nur (2018) Pengaruh Fotoperiode Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan, Produksi Biomassa, Klorofil-A Dan Kadar Protein Thalassiosira Sp. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mikroalga merupakan organisme air mikroskopik yang bersifat fotoautropik uniseluler atau multiseluler dan membutuhkan nutrien anorganik untuk proses fotosintesis. Mikroalga adalah salah satu organisme akuatik yang penting dalam rantai makanan, dalam akuakultur mikroalga dimanfaatkan sebagai sumber protein dan pakan. Faktor yang paling berpengaruh pada pertumbuhan Thalassiosira sp. adalah lamanya penyinaran (fotoperide). Fotoperiode yang sesuai dengan media kultur Thalassiosira sp. dapat dihasilkan laju pertumbuhan, produksi biomassa, klorofil-a, dan kadar protein yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan fotoperiode yang berbeda terhadap pertumbuhan, produksi biomassa, klorofil-a dan kadar protein Thalassiosira sp. dan menentukan perlakuan fotoperiode terbaik untuk pertumbuhan, produksi biomassa, klorofil-a, dan kadar protein Thalassiosira sp. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Reproduksi Ikan (Divisi Reprodusi Ikan), Laboratorium Hidrobiologi (Divisi Lingkungan dan Bioteknologi Perairan), serta Laboratorium Reproduksi Ikan (Divisi Penyakit dan Kesehatan Ikan), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang pada bulan Januari sampai dengan April 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah perbedaan fotoperiode yakni (A) 06:18 (jam terang:gelap), (B) 12:12 (jam terang:gelap), (C) 18:06 (jam terang:gelap), (D) 24:00 (jam terang:gelap). Rancangan penelitian ini berguna untuk mendapatkan informasi yang relevan. Parameter utama yang diamati pada penelitian ini adalah laju pertumbuhan, produksi biomassa, klorofil-a dan kadar protein Thalassiosira sp. serta parameter penunjang seperti suhu, pH, oksigen terlarut dan pengaruh nitrat dan fosfat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fotoperiode terbaik untuk pertumbuhan Thalassiosira sp. yakni pada fotoperiode 24:00 (jam terang:gelap) dengan hasil kepadatan sebesar 509x104 sel/mL, laju pertumbuhan spesifik sebesar 0,562 /hari dan doubling time sebesar 1,234 hari, produksi biomassa sebesar 0,464 g/L, klorofil-a sebesar 1,554 μg/mL, dan kadar protein sebesar 20,11%. Hasil serapan nitrat dan fosfat tertinggi yaitu pada fotoperiode 24:00 (jam terang:gelap) sebesar 77,77% dan 63,83%. Pengukuran parameter kualitas air media diperoleh hasil pada kisaran optimal baik untuk suhu, pH, oksigen terlarut, nitrat, dan fosfat. Penelitian ini disimpulkan bahwa perlakuan fotoperiode yang berbeda dapat mempengaruhi pertumbuhan, produksi biomassa, klorofil-a dan kadar protein Thalassiosira sp. dan dapat disarankan bahwa untuk memperoleh pertumbuhan, produksi biomassa, klorofil-a dan kadar protein Thalassiosira sp. yang maksimum maka diperlukan perlakuan fotoperiode terang selama 24 jam

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/374/051805833
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.8 Algae / Algae culture / Microalgae--Cultures and culture media > 579.85 Bacillariophyceae (Diatoms)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:27
Last Modified: 19 Oct 2021 06:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12661
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_6.pdf]
Preview
Text
BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of MAJALAH_Inasa_Amalia_135070107121016.pdf]
Preview
Text
MAJALAH_Inasa_Amalia_135070107121016.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover+Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Cover+Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_7.pdf]
Preview
Text
BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak_Indonesia+Inggris.pdf]
Preview
Text
Abstrak_Indonesia+Inggris.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item