Pengaruh Permainan Edukatif Puzzle Terhadap Motorik Halus Pada Anak Prasekolah Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Persatuan Selorejo Kabupaten Malang

Ramania, RivalesaRizqi (2017) Pengaruh Permainan Edukatif Puzzle Terhadap Motorik Halus Pada Anak Prasekolah Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Persatuan Selorejo Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak usia dini merupakan masa yang sangat penting dalam periode pertumbuhan dan perkembangan anak, Salah satu yang dapat dilatih pada anak usia prasekolah yaitu keterampilan motorik halus. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan motorik halus anak yaitu dengan menggunakan metode permainan edukatif puzzle. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif puzzle terhadap motorik halus pada anak prasekolah usia 5-6 tahun di TK Dharma wanita persatuan selorejo kabupaten malang. Desain penelitian adalah Quasi Eksperimental dengan pendekatan pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas B yang berjumlah 26 siswa dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar modifikasi DDST II. Hasil yang didapatkan yaitu pada kelompok intervensi 13 responden memiliki kemampuan motorik halus tinggi sedangkan pada kelompok kontrol 10 responden memiliki kemampuan motorik halus sedang dan 3 responden memiliki kemampuan motorik halus tinggi. Analisis statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil perhitungan statistik menggunakan uji Wlicoxon didapatkan hasil 0,001 pada kelompok intervensi dan 0,023 pada kelompok kontrol, Terdapat pengaruh permainan edukatif puzzle dan kegiatan menggunting pola terhadap motorik halus. Diharapkan bagi para guru di tempat penelitian untuk memberikan permainan edukatif puzzle dan kegiatan menggunting pola kepada para siswa untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

English Abstract

Early childhood is a critical period in the growth and development of children, one that can be trained to preschoolers is fine motor skills, one of the activities that can be done to train the fine motor skills of children, using educational games puzzle. The purpose of this study was to determine the effect of educational games puzzle against the fine motor skills in preschool children aged 5-6 years in TK Dharma wanita persatuan Selorejo Malang. True Experimental research design approach to pre-test post-test control group design. The population in this study were all students of class B which amounted to 26 students with a sampling technique using total sampling. The instrument used in this study is the observation sheet DDST II. The results obtained are in the intervention group 13 respondents had a high fine motor skills while in the control group 10 respondents had a moderate fine motor skills and 3 respondents have fine motor skills high. On fine motor sector with statistical analysis is the Wilcoxon test and Mann Whitney test. The results of statistical calculations using Wlicoxon test showed 0.001 results in the intervention group and 0.023 in the control group, There was an influence of educational games of puzzle and the activity of cutting patterns against fine motor. Expected for the teachers in the study to provide educational puzzle game for students to improve fine motor skills of children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2017/114/051703758
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 17 May 2017 10:01
Last Modified: 17 May 2017 10:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126607
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item