Maharani, Ariska (2017) Pengaruh Permainan Edukatif Puzzle Terhadaptingkat Berpikir Kreatif Pada Anak Prasekolah Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Persatuan Selorejo Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Permainan edukatif puzzle merupakan permainan yang dapat melatih kreativitas, keteraturan, dan daya konsentrasi dengan cara menyusun kepingan-kepingan atau bagian dari satu gambar tertentu. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa puzzle memiliki dampak terhadap perkembangan kognitif yaitu kemampuan berpikir kreatif anak sehingga meningkatkan kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif puzzle terhadap tingkat berpikir kreatif pada anak prasekolah usia 5-6 tahun dengan menggunakan desain Quasy Experimental Design dengan pendekatan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian sebanyak 26 responden yang dipilih sesuai kriteria inklusi dan eksklusi dengan tingkat berpikir kreatif cukup/sedang berdasarkan pretest. Penelitian ini membagi subjek menjadi dua kelompok yaitu kelompok perlakuan (n=13) dan kelompok kontrol (n=13). Metode pengumpulan data yang digunakan lembar observasi TTCT (Torrance Test of Creative Thinking). Analisis data pengaruh dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks dengan hasil yaitu kelompok perlakuan diperoleh (p = 0,002 < 0,05) dan kelompok kontrol diperoleh (p = 0,623 > 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh permainan edukatif puzzle terhadap tingkat berpikir kreatif anak. Data mengenai perbedaan antara skor posttest diperoleh dalam penelitian yang dianalisis menggunakan uji Mann Whitney diperoleh taraf signifikan sebesar (p = 0,000 < 0,05) untuk hasil posttest. Kesimpulan terdapat perbedaan hasil setelah dilakukan perlakuan pada kelompok puzzle secara garis besar dapat disimpulkan terdapat pengaruh permainan edukatif puzzle terhadap tingkat berpikir kreatif anak. Diharapkan bagi institusi keperawatan dapat mengedukasi terkait perencanaan kegiatan dalam aspek pembelajaran di sekolah dalam penggunaan permainan edukatif puzzle untuk membantu memaksimalkan perkembangan kemampuan berpikir kreatif anak.
English Abstract
Puzzle educative game is a game for training creativity, regularity, and power of concentration by arranging pieces or parts from particular image. Some previous research showed that using puzzle had an impact on cognitive development,which can stimulate children’s creative thinking abilities so it can increased their creativity. This study was conducted to know the impact of playing puzzle educative game for creative thinking level in preschool 5-6 years old. The method of this study was Quasy Experimental Design using pretest-posttest control group design. Subject of the study selected byinclusion and exclusion criteria, 26 respondents, had moderate creative thinking ability based on the pretest. Subjects were divided into two groups, the intervention group (n = 13) and control group (n = 13). Data collection method used wasTorrance Test of Creative Thinking observation sheet. Data analysis of this study using the Wilcoxon Signed Ranks, the result showed the intervention group was obtained (p = 0.002 < 0.05) and the control group was obtained (p = 0.623 > 0.05). This result indicate the significant correlation of puzzle educative games on children creative thinking level. Meanwhile, the difference between posttest results obtained in the study were analyzed using Mann Whitney test obtained a significance level of (p = 0.000 <0.05). Conclusion, there was a difference in outcome for intervention group and it shows correlation of puzzle educative games and children creative thinking level. It is expected that nursing institutions can educate teachers for planning activities of learning in schools by using puzzle educative games to maximize the development of childrens ability in creative thinking.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2017/113/051703671 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 10 May 2017 09:22 |
Last Modified: | 10 May 2017 09:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126606 |
Actions (login required)
View Item |