Rencana Aksi Pengembangan Industri Kreatif Sektor Desain Grafis dengan Aktor Komunitas ADGI Kota Malang

Muslimah, Hanifa (2018) Rencana Aksi Pengembangan Industri Kreatif Sektor Desain Grafis dengan Aktor Komunitas ADGI Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri kreatif desain grafis menjadi sektor teratas industri kreatif di Kota Malang, yang berkontribusi besar terhadap PDRB Kota Malang sebesar 11,6 %. Perkembangan industri kreatif desain grafis Kota Malang mendapat dukungan dari aktor quadruplehelix Kota Malang terutama dari aktor Komunitas, yaitu Komunitas ADGI Malang.Tujuan penelitian ini yaitu menyusun rencana aksi pengembangan desain grafis di Kota Malang dengan pelaksana Komunitas ADGI Malang. Rencana aksi desain grafis Kota Malang dilakukan dengan menilai lingkungan internal subsistem desain grafis dan lingkungan eksternal desain grafis Kota Malang dengan menggunakan analisis PESTEL, linkage system, analisis aktor dan analisis SWOT. Metode perencanaan yang digunakan yaitu Strategic Planning, karena dalam penyusunan rencana aksi terdapat pergeseran paradigma, adanya visi, misi dan strategi pengembangan yang diukur dengan Critical Success Factor untuk menghasilkan implikasi program desain grafis dengan menggunakan value preposition operational excellence. Hasil perencanaan strategis yang dilakukan, terdapat Visi Komunitas ADGI Malang Tahun 2018-2022 yaitu “Terwujudnya Komunitas ADGI Malang yang Berlandaskan Ide Kreatif melalui Efisiensi Karya Desain yang Bersinergi” didukung dengan 3 misi, 6 strategi pengembangan, 11 program, dan 24 rencana aksi desain grafis. Output dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai arahan oleh komunitas ADGI Malang untuk mengembangkan industri kreatif desain grafis di Kota Malang.

English Abstract

Graphic design creative industry is one of the top creative industry in Malang that gives big contribution to Gross Domestic Regional Product (GDRP), which is 11,6%. The growth of graphic design creative industry in Malang got support from quadruplehelix actor of Malang, especially from community actor that is ADGI Malang Community. The purpose of this research is to make an action plan of graphic design development in Malang with implementing ADGI Malang Community. The graphic design action plan in Malang conducted by doing internal assessment from the graphic design subsystem and external assessment of graphic design in Malang by using some analysis tools, such as PESTEL analysis, linkage system, actor analysis and SWOT analysis. The planning method that used in this research is strategic planning because in the preparation of the action plan there is a value shift of graphic design, also vision, mission and development strategy that is measured by critical success factor to produce the implications of graphic design program using value proposition operational excellence. The result of strategic planning is the Vision of ADGI Malang Community of 2018-2022 “The Realization of ADGI Malang Community Based on Creative Ideas through Synergy Work Efficiency” supported by 3 missions, 6 development strategies, 11 programs and 24 graphic design action plan. The output of this research is expected to serve as a direction by ADGI Malang Community to develop graphic design creative industry in Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/424/051805255
Uncontrolled Keywords: Industri kreatif desain grafis menjadi sektor teratas industri kreatif di Kota Malang, yang berkontribusi besar terhadap PDRB Kota Malang sebesar 11,6 %. Perkembangan industri kreatif desain grafis Kota Malang mendapat dukungan dari aktor quadruplehelix Kota Malang terutama dari aktor Komunitas, yaitu Komunitas ADGI Malang.Tujuan penelitian ini yaitu menyusun rencana aksi pengembangan desain grafis di Kota Malang dengan pelaksana Komunitas ADGI Malang. Rencana aksi desain grafis Kota Malang dilakukan dengan menilai lingkungan internal subsistem desain grafis dan lingkungan eksternal desain grafis Kota Malang dengan menggunakan analisis PESTEL, linkage system, analisis aktor dan analisis SWOT. Metode perencanaan yang digunakan yaitu Strategic Planning, karena dalam penyusunan rencana aksi terdapat pergeseran paradigma, adanya visi, misi dan strategi pengembangan yang diukur dengan Critical Success Factor untuk menghasilkan implikasi program desain grafis dengan menggunakan value preposition operational excellence. Hasil perencanaan strategis yang dilakukan, terdapat Visi Komunitas ADGI Malang Tahun 2018-2022 yaitu “Terwujudnya Komunitas ADGI Malang yang Berlandaskan Ide Kreatif melalui Efisiensi Karya Desain yang Bersinergi” didukung dengan 3 misi, 6 strategi pengembangan, 11 program, dan 24 rencana aksi desain grafis. Output dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai arahan oleh komunitas ADGI Malang untuk mengembangkan industri kreatif desain grafis di Kota Malang. Graphic-Design-Creative-Industry, Value-Shift, Operational-Exellence, Action-Plan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.406 Managing change > 658.406 3 Innovation by management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:34
Last Modified: 21 Oct 2021 06:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12642
[thumbnail of Hanifa Muslimah.pdf]
Preview
Text
Hanifa Muslimah.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item